Kisaran Harga Burung Kacer Ireng dan Poci Terbaru !

0

Kisaran Harga burung Kacer – memang terkadang tidak menentu karena permintaan terhadap burung kacer bisa naik sewaktu-waktu. Apalagi burung kacer ini telah difavoritkan dalam sejumlah perlombaan kicauan burung di beberapa daerah, oleh karena itu banyak penghobi burung mulai tertarik dengan burung yang satu ini. Burung kacer memang tidak semungil burung kenari, namun masih tetap indah untuk dipandang, warna bulunya juga tidak kalah cantik dari burung lainnya.

Untuk soal kicauan, sudah tidak bisa diragukan lagi bahwa burung kacer ini memang mempunyai kicauan yang unik dan merdu yang bisa menarik perhatian para penghobi burung dimana saja berada. Dalam hal perawatannya, burung kacer juga tidak terlalu sulit, jadi Anda tidak akan terlalu banyak mengeluarkan banyak biaya untuk perawatannya, selain itu harga belinya juga tidak terlalu tinggi meskipun saat ini burung kacer termasuk burung yang sedang difavoritkan.

Intro

Gambar burung kacer poci
Gambar burung kacer poci

Harga dari Burung Kacer memang termasuk lebih terjangkau daripada burung yang lain, oleh karena itu termasuk banyak yang memiliki dan memelihara burung kacer di Indonesia. Untuk dijadikan bisnis pun pasaran burung kacer ini termasuk menjanjikan, oleh karena itu banyak yang memelihara burung kacer dan mencoba mengembangbiakkannya agar memelihara burung ini tidak bisa hanya menjadi sekedar hobi tetapi juga bisa menghasilkan pendapatan yang menguntungkan. Apalagi jika burung kacer yang Anda jual berwarna cantik dan suaranya merdu.

Jika dilihat dari bentuk tubuhnya ini, burung kacer memiliki tubuh yang tangguh dan juga termasuk sebagai burung yang suka bertarung, oleh karena itulah banyak yang menyukai burung ini karena burung ini bentuk tubuhnya nampak gagah. Pada saat diikutkan dalam lomba kicauan burung pun seringnya burung ini kicauannya menuai banyak pujian, namun herannya harga pasaran dari burung ini sangat terjangkau sehingga siapapun bisa memiliki burung kacer ini dengan mudah karena Harga Burung Kacer yang bisa dijangkau oleh siapa saja. Jika Anda tertarik dengan burung kacer ini maka tentunya Anda perlu mengetahui tentang burung ini dengan baik sebelum membelinya.

Harga Jenis Burung Kacer

Burung Kacer Ireng dan poci
2 Jenis Kacer yang paling populer (sumber gambar : hobiburung.org)

Burung kacer ini secara global dikenal dengan nama Magpie Robin. Sejatinya burung kacer terdiri dari 2 jenis yang dikenal di Indonesia, yaitu kacer jawa dan kacer sumatra yang juga dikenal dengan kacer poci. Kedua jenis burung kacer ini tidak berbeda jauh, yang cukup membedakannya adalah warna dan juga harga jualnya dan Berikut informasi harga kacer ireng  dan kacer poci jantan, betina.

No Jenis Kacer Kisaran Harga
1 kacer ireng trotolan Rp 300.000
2 kacer Ireng dewasa Rp 650.000 – Rp 700.000
3 kacer poci trotolan Rp 250.000 – Rp 400.000
4 kacer poci Muda Hutan Rp 150.000 -Rp 350.000
5 Kacer Betina hutan Rp 250.000 – Rp 300.000
6 Kacer prestasi > Rp 1.000.000

bagi orang awam yang tidak mengerti tentang burung pasti susah untuk membedakan kedua jenis burung kacer ini karena yang paling membedakan dari kedua burung kacer ini adalah warna hitam dan putih yang terdapat pada bulunya. Kacer jawa biasanya lebih didominasi oleh warna hitam sedangkan kebalikannya kacer sumatra atau kacer poci warna putih pada bulunya lebih banyak daripada kacer jawa. Burung kacer ini bisa mengeluarkan suara yang keras, nyaring namun merdu. Burung ini juga peka terhadap suara-suara yang ada di sekitarnya dan sering berusaha untuk menirukan suara yang ada di sekitarnya.

Burung ini sangat enerjik, saat sedang berkicau ia akan berlompatan ke sana kemari sambil membuka ekornya, apalagi jika cuaca di sekitar lingkungannya sedang panas, maka burung kacer ini akan menjadi semakin riang.

Alasan Sebelum Membeli Kacer

Untuk Anda yang masih awam tentunya akan bingung ketika hendak memilih burung kacer pertama Anda bukan? Maka dari itu untuk mendapatkan burung kacer yang berkualitas dan sesuai dengan keinginan Anda, maka berikut ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih burung kacer.

Pilih Jantan atau Betina ?

Pertama, Anda harus tahu tujuan Anda dalam membeli burung kacer,Untuk membedakan antara kacer yang jantan dan betina tidaklah sulit, terutama jika burung kacer tersebut sudah dewasa. Pada kacer jantan maka akan terlihat bulu berwarna hitam di sekitar dada dan juga kepala yang warnanya mengkilat serta menarik mata.

Sedangkan pada burung kacer betina yang sudah dewasa, pada bagian dada biasanya berwarna abu-abu. Pada burung kacer yang masih kecil, akan terlihat warna bulu hitam di bagian dada sang jantan dan semburat warna bulu keabu-abuan pada betina, namun yang nampak biasanya hanya satu atau dua bulu saja.

Burung Bahan atau Sudah Jadi ?

jika Anda ingin memilih burung kacer berdasarka kualitas kicauannya, maka Anda bisa memilh burung kacer jantan dengan warna bulu hitam yang mengkilat. Kemudian, untuk mendapatkan yang berkualitas Anda juga bisa memilih dengan melihat dari bentuk paruhnya, hindari pemilihan burung kacer yang paruhnya membengkok, akan lebih baik memilih burung kacer yang paruhnya lurus, kemudian semakin dekat bagian lubang hidung dengan mata maka akan semakin berkualitaslah burung kacer yang Anda pilih.

Selanjutnya, cobalah pilih burung kacer dengan bentuk kepala yang sedikit kotak dengan mata yang tajam dan melotot, burung kacer yang demikian biasanya memiliki daya juang yang tinggi dan selalu bersemangat. Jika melihat dari bagian lehernya, jika nampaknya lehernya terlihat panjang dan juga berisi maka hal tersebut menandakan bahwa burung kacer tersebut memiliki suara yang keras dan lantang maka akan sangat baik jika dipilih.

Kacer Sehat Juga Penting

Perhatikan juga nafsu makan dan kelincahan gerak dari burung kacer itu, semakin lincah burung itu tentunya semakin sehatlah ia dan semakin baik pula kualitasnya. Postur badan yang sesuai antara bagian kepala, leher sampai kaki juga menandakan burung kacer berkualitas juara. Tentunya perlu Anda sadari bahwa semakin berkualitas burung kacer tersebut maka akan semakin mahal harganya dan Anda perlu menyiapkan dana yang cukup yang sesuai dengan Harga dari Burung Kacer yang Anda pilih tersebut.

Rangkuman Harga Kacer

Harga dari Burung Kacer yang paling murah adalah sekitar Rp 150.000 untuk burung kacer bakalan muda hutan sedangkan biasanya yang paling mahal hanya berkisar 1 jutaan rupiah saja. Jika Anda hendak membeli burung kacer yang masih anakan memang harganya biasanya hanya Rp 250.000 namun tentunya untuk siap dilombakan sedkit membutuhkan waktu dan perawatan yang baik agar burung kacer Anda menjadi berkualitas dan siap dilombakan.

Namun karena memang burung kacer ini memiliki sifat yang lincah maka dari itu akan sangat menyenangkan untuk merawat burung ini dari kecil. Untuk kacer jawa yang masih anakan biasanya dihargai seharga Rp 300.000 sampai Rp 500.000 sedangkan yang sudah dewasa dan siap lomba biasanya harganya sekitar Rp 900.000 hingga Rp 1.400.000.

Sedangkan untuk burung kacer sumatra atau kacer poci yang masih kecil harganya sekitar Rp 150.000 sampai Rp 170.000, sangat murah bukan? Untuk kacer poci yang sudah dewasa harganya sekitar Rp 500.000 sampai Rp 1.200.000. Kemudian jika Anda memiliki keinginan untuk berbisnis burung kacer maka Anda perlu burung kacer betina yang siap dibiakkan dalam waktu dekat untuk itu Anda cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 300.000 saja.

Melihat dari kualitasnya, tentunya ini terbilang cukup murah jika membicarakan soal Harga Burung Kacer. perlu di ketahui harga kacer di setiap tempat bisa berbeda contoh harga kacer di jakarta bisa saja berbeda dengan harga di solo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here