Krokot, Tanaman Bermanfaat untuk Suara Burung Kenari

Pernahkah Anda mendengar nama tanaman Krokot? Mungkin Anda belum pernah mendengarnya karena beberapa daerah di Indonesia memiliki sebutan lain untuk tanaman ini. Seperti misalnya, penduduk Ternate menyebut tanaman ini dengan nama Jalu-jalu Tiki, berbeda dengan masyarakat Sunda dan Sumatera yang menyebutnya dengan nama tanaman Gelang. Pada awalnya, tanaman ini hanya dianggap sebagai tanaman liar yang tidak bermanfaat.

Namun, beberapa waktu belakangan ini banyak para pecinta burung Kenari yang memburu tanaman yang memiliki 40 hingga 100 jenis spesies ini. Hal ini disebabkan karena para pecinta burung Kenari tersebut percaya bahwa dengan memberikan tanaman Krokot sebagai salah satu menu makan burung kesayangannya dapat membuat suara burung Kenari menjadi lebih jernih. Manfaat lain dari pemberian tanaman Krokot untuk burung Kenari adalah suara burung dipercaya bisa lebih panjang sehingga memiliki potensi besar untuk menjadi juara saat mengikuti ajang perlombaan.

Manfaat krokot untuk kenari
Tanaman Krokot

Terdapat beberapa alternatif cara untuk memberikan tanaman Krokot sebagai menu makan burung Kenari. Yang pertama adalah memberikan tanaman Krokot secara langsung dengan cara menggantungkannya pada sela-sela kandang burung Kenari. Ini adalah cara termudah yang banyak dipilih oleh para pecinta burung Kenari .

Cara lain adalah dengan mengolah tanaman Krokot menjadi tepung. Terlebih dahulu Anda harus mencuci tanaman Krokot tersebut hingga bersih, selanjutnya jemur tanaman tersebut sampai benar-benar kering. Untuk hasil yang lebih baik, disarankan untuk menjemur tanaman tersebut di bawah sinar matahari langsung. Apabila sudah kering, haluskan dengan menggunakan blender.

Para pecinta burung Kenari percaya bahwa tanaman Krokot tersebut mengandung berbagai khasiat jika dikonsumsi secara rutin. Diantaranya, setiap 100 gram tanaman Krokot mengandung sekitar 225 sampai 300 mg asam linolenat dan untuk tanaman Krokot yang direbus memiliki kurang lebih 2.000 IU vitamin A, 90 mg kalsium, 560 mg kalium, asam amino dan yang paling penting adalah Omega-3. Bagaimana, terbilang cukup lengkap bukan kandungan khasiatnya? Jadi tidak mengherankan jika banyak pecinta burung Kenari yang menjadikan tanaman Krokot sebagai salah satu menu wajib yang harus rutin dimakan.

Download suara burung kenari gratis : Download

Satu hal yang harus Anda ingat bahwa tanaman Krokot ini memang memiliki khasiat bagi burung Kenari, namun bukan berarti Anda tidak memberikan asupan gizi lain tambahan. Karena burung Kenari tetap membutuhkan zat lain sebagai makanannya, diantaranya yaitu, sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian dan telur puyuh yang direbus. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan cara perawatan burung Kenari yang Anda miliki agar semakin maksimal performa yang dimilikinya. Itulah beberapa ulasan terkait tanaman Krokot yang bermanfaat untuk burung Kenari Anda. Jadi mulai sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk memberikan perawatan yang terbaik untuk burung kesayangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here