burungmaster.com

Manfaat Apel untuk Melindungi Kenari dan Paruh Bengkok dari Penyakit

Penyakit menjadi salah satu ancaman paling mengerikan bagi Kenari dan Paruh Bengkok. Jenis penyakit yang mengancam Kenari dan Paruh Bengkok tersebut sangat banyak ragamnya. Tetapi jika Anda memberi buah apel secara rutin sebagai pakan tambahan, Anda tak perlu terlalu khawatir terkait datangnya penyakit yang menyerang Kenari dan Paruh Bengkok. Sebab, apel memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang bisa mempertebal daya tahan tubuh.
Apel mengandung quercetin yang bermanfaat untuk meningkatkan antioksidan. Antioksidan yang meningkat, akan membuat kondisi burung menjadi lebih fit dan sehat serta lebih tahan jika wabah penyakit datang secara tiba-tiba. Pemberian apel sebagai pakan tambahan juga berdampak pada pencernaan burung yang sehat. Hal ini karena apel juga mengandung asam tartar yang berkhasiat membunuh bakteri dalam pencernaan burung.
Salah satu pakan tambahan terbaik untuk Kenari dan Paruh Bengkok adalah buah apel. Kandungan nutrisi seperti vitamin dan mineral dalam apel sangat bagus untuk menjaga kesehatan.
Selain kandungan tersebut, apel juga sangat kaya serat, sehingga berdampak baik jika diberikan pada burung yang mengalami kegemukan. Serat tersebut berguna sebagai pencegah rasa lapar serta dapat menggempur kolesterol dan lemak jahat. Jika Kenari atau Paruh Bengkok Anda mengalami obesitas, berilah pakan tambahan berbentuk buah apel ini. Selain bisa mengurangi kegemukan burung, apel akan menjadikan burung lebih sehat karena apel mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9 serta vitamin C.
Selain vitamin, kandungan mineral dari buah apel juga bagus. Kandungan mineral dari apel cukup tinggi, terutama zat besi, magnesium, seng dan kalsium. Tidak hanya vitamin dan kandungan mineral, dari buah apel juga terdapat zat tanin. Tanin memiliki fungsi sebagai pembersih saluran tenggorokan dari Kenari atau Paruh Bengkok. Dengan tenggorokan yang bersih dari lendir atau kotoran, burung Kenari dan Paruh Bengkok lebih nyaring dalam bersiul dan terhindar dari suara serak.
Dalam pemberian apel sebagai pakan tambahan, Anda cukup memotong apel tersebut kecil-kecil kira-kira menjadi empat bagian. Jangan lupa, biji-biji yang terdapat di buah apel dibuang terlebih dulu, sebab dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatan burung. Selain apel murni, pakan tambahan yang diberikan juga bisa berupa apel yang sudah difermentasi menjadi cuka. Khasiatnya sangat bagus untuk burung, baik berupa apel murni maupun yang telah difermentasi.
Manfaat Apel untuk Melindungi Kenari dan Paruh Bengkok dari Penyakit | Burungmaster | 4.5