Manfaat Gabah Untuk Lovebird Kesayangan Anda

Manfaat Gabah Untuk Lovebird – Gabah memang merupakan bagian dari padi yang dijadikan beras sebagai konsumsi manusia. Tapi tahukan Anda bahwa gabah memiliki fungsi lain yang bisa bermanfaat bagi lovebird Anda. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui manfaat gabah untuk lovebird anda.

Pada umumnya lovebird menggunakan pakan milet putih sebagai asupan energi utamanya. Namun pemberian pakan milet putih saja tidaklah cukup untuk mendongkrak stamina dan daya tahan bagi burung tersebut. Lovebird masih memerlukan pakan ekstra agar terpenuhi seluruh kebutuhan vitamin dan mineralnya.

Gabah untuk Lovebird

Manfaat Gabah untuk Lovebird

Pemilik biasanya menggunakan tambahan pakan dengan memberikan sayur dan buah seperti bayam, wortel hingga buah apel. Metode pemberian pakan tambahan ini sendiri terbukti bisa meningkatkan stamina dari burung agar terhindar dari serangan berbagai penyakit. Kandungan vitamin yang terdapat pada apel juga bisa ampuh untuk membuat burung menjadi lebih segar dan semangat untuk terus berkekek.

Pakan Gabah dan Manfaatnya

Tidak seluruh gabah bisa digunakan sebagai pakan burung kesayangan Anda. Jenis gabah yang paling sering digunakan adalah gabah bangkok. Kandungan yang terdapat dalam gabah bangkok terbukti kaya akan mineral seperti zat besi, fosfor hingga natrium. Tidak hanya itu saja, gabah bangkok juga memiliki kadar vitamin A, B kompleks dan C yang tinggi. Dengan melihat kandungannya tersebut, bisa dikatakan manfaat gabah untuk lovebird yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Gabah bangkok sendiri memiliki dua jenis berbeda, yaitu gabah bangkok merah dan putih. Meskipun tidak terdapat perbedaan dalam kandungannya, tetapi ukuran biji dari gabah merah lebih besar dan biasa digunakan dalam peternakan burung perkutut. Sedangkan gabah bangkok putih dengan ukuran yang lebih kecil cocok untuk lovebird yang sering diperlombakan.

Baca Juga : Tips Singkat Untuk Mengkonsletkan Lovebird agar Ngekek Panjang

Cara untuk menggunakan gabah sebagai pakan lovebird yaitu, pilihlah terlebih dahulu gabah yang memiliki kualitas baik dengan cara merendam gabah tersebut pada wadah yang sudah diisi oleh air. Setelah itu biarkan gabah yang tenggelam dan buanglah gabah yang terapung, karena gabah yang terapung tersebut tidak memiliki isi. Setelah dicuci hingga bersih, jemurlah gabah pilihan hingga kering langsung dibawah sinar matahari. Setelah gabah kering, campurlah gabah sebanyak 20 butir dengan pakan utama milet putih.

Perkembangan Lovebird yang Telah Mengonsumsi Gabah

Setelah sekitar sebulan mengkonsumsi gabah secara rutin, maka Anda akan mulai bisa melihat manfaat gabah untuk lovebird tersebut. Salah satu efek yang akan terlihat adalah lovebird akan semakin rutin berkekek dan memiliki durasi ngekek yang lebih panjang. Selain itu burung Anda akan menjadi lebih aktif dan bersemangat. Stamina dari burung juga terlihat akan meningkat dan tidak akan mengendur meskipun telah mengikuti lomba dalam waktu yang cukup lama.

Tambahan Jamu Konslet

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal setelah rutin mengkonsumsi gabah, Anda masih bisa menambahkan pakannya dengan jamu konslet. Campurkan milet putih dengan jamu konslet secara rutin setiap tiga hari sekali. Dengan menambahkan jamu konslet maka lovebird akan mampu berkekek dengan waktu yang lebih panjang dan tidak putus-putus.

Hindari memberikan jamu konslet secara terus menerus, karena bisa memberikan efek birahi yang terlalu tinggi pada burung. Dengan birahi yang tinggi, burung justru tidak bisa berkekek panjang dan cenderung menjadi agresif sehingga akan susah untuk disetting.

Dari penjelasan tersebut, dapat dilihat manfaat gabah untuk lovebird bisa menghasilkan seekor lovebird dengan ngekek panjang disertai stamina baik. Gabah bisa dijadikan alternatif asupan bagi lovebird kesayangan Anda. Selain memberikan asupan yang baik, Anda juga harus merawat lovebird secara benar dan penuh kasih sayang.