burungmaster.com

Manfaat Jagung Muda untuk Lovebird dan Kenari

Lovebird dan burung Kenari merupakan jenis burung yang sering diikutsertakan dalam kontes burung. Keduanya memang jenis burung yang banyak disukai para pecinta burung. Burung-burung tersebut harus diberi perawatan yang intensif supaya tetap gacor dan performanya optimal ketika lomba berlangsung. Perlakuan yang tepat akan memberikan efek baik bagi perkembangan burung. Tak terkecuali soal pemberian makanan yang tepat dan pas sesuai dengan komposisi yang seharusnya. Komposisi makanan pada burung harus pas, tidak boleh berlebihan ataupun kekurangan. Kelihatannya soal makanan terdengar sepele tapi penting.

Persilangan Lovebrid dan Parkit

Bagi pecinta burung, mungkin tidak asing lagi burung-burung tersebut kadang diberi makan jagung. Namun bagi Anda sebagai penonton, tentu tidak tahu alasan mengapa burung terkadang diberi makan jagung. Ya, tidak jarang burung diberi makan jagung untuk perkembangannya. Jagung diberikan kepada burung supaya untuk mengurangi birahinya sehingga stabil. Pemberian jagung ini pun ada waktunya, jangan setiap hari. Berikan jagung pada satu hari sebelum burung dilombakan untuk membuatnya stabil sebelum diturunkan saat lomba. Misalnya, Anda akan mengikutsertakan burung kenari atau lovebird Anda lomba pada hari Minggu, maka berilah jagung pada hari Sabtu.
Manfaat Jagung Muda untuk Lovebird dan Kenari
Pemberian jagung ini pun tidak boleh sembarangan. Seringkali ditemukan, banyak orang memberikan jagung secara asal-asalan, yang penting jagung, entah bagaimana wujudnya, tua atau muda. Jagung yang baik untuk burung adalah jagung yang muda dan manis karena kandungan gula di dalamnya lah yang dapat mengurangi birahi burung. Selain itu, jagung mudah lebih mudah dilumat oleh burung serta rasanya yang manis membuatnya terasa lebih enak. Jagung tua, apalagi yang kering akan sulit dicerna dan kandungan gulanya sudah berkurang.
Sekarang Anda paham bukan, alasan dibalik pemberian jagung pada kenari dan lovebird. Perlu Anda ingat, pemberian biji-bijian pada kenari dan lovebird harus sesuai takaran. Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah biji-bijian tersebut harus bersih, tidak boleh kotor. Sebab apabila pakan biji-bijiannya kotor akan membuat burung nakal saat digantang. Jadi, member makan biji-bijian pada burung kenari dan lovebird tidak boleh sembarangan ya, ada aturan tersendiri.
sumber gambar dan referensi :
http://mediabnr.com/2016/03/07/pengaruh-jagung-muda-manis-pada-kenari-dan-love-bird
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e1/Sweet_Corns.jpg
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/69/Agapornis_-pet_lovebird_-8a.jpg
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/9c/Male_gloster_consort_panache_vert.jpg
Manfaat Jagung Muda untuk Lovebird dan Kenari | Burungmaster | 4.5