Manfaat Telur / egg food untuk burung Kicauan ?

Dalam kasus ini, ego food difungsikan untuk makanan tambahan burung tledekan biasa disebut extra fooding. Burung tledekan merupakan salah satu burung yang suka memakan serangga seperti kroto, kroto inilah yang nantinya bisa diganti dengan ego food sebagai pakan burung tledekan.

Pada dasarnya, pemberian ego food sangat baik guna memenuhi asupan gizi burung tledekan yang mungkin kurang di dapatkan dari pakan kesehariannya. Pemberian ego food juga sebagai upaya untuk menjaga kondisi burung tetap prima dan melindung burung terserang berbagai penyakit seperti virus dan jamur.

Penangkar burung di Eropa sering memberikan egg food untuk burung, hal ini dilakukan sebagai pengganti kroto. Di sini konteksnya penangkar burung bukanya ingin mengganti kroto dengan ego food. Tetapi ego food diberikan kepada burung tledekan ketika persediaan kroto menipis dan susah dicari.

Telur untuk burung kicauan
Telur untuk burung kicauan

Bagaimanapun, sejak dulu hingga sekarang kroto terbukti menjadi makanan tambahan yang paling efektif diberikan kepada burung jenis kicau apapun. Bahkan sebagian besar burung sudah sangat beradaptasi dengan pakan kroto. Pecinta burung kicau meyakini dengan memberikan kroto, burung semakin sehat dan cepat gacor.

Burung tledekan merupakan burung murni pemakan serangga. Maka jenis serangga jangkrik, ulat hongkong dan ulat bambu sebaiknya juga diberikan di dalam keadaan hidup guna memenuhi kebutuhan gizi burung tersebut.

Telur bubuk untuk burung
Telur bubuk untuk burung

Adapun ketika membuat resep ego food pun bahan pakan serangga tersebut tetap dimasukkan dan dicampurkan dengan menggunakan telur. Ramuan ini ternyata bisa membuat burung tledekan menjadi sehat aktif dan produktif. Sehingga boleh dilakukan untuk perawatan burung tledekan biasa atau di dalam penangkaran.

Putih Telur Untuk Burung Kicauan

Adapun cara membuat resep egg food untuk burung bisa dilakukan dengan menyiapkan telur rebus matang dan ditumbuk menjadi halus bersama serangga dan menjadi butiran lembut. Jika Anda tidak mau repot, gunakanlah serangga yang sudah dikeringkan atau tepung jangkrik instan yang banyak dijual di pasaran.

Namun jika adonan masih terlalu kasar, silahkan dilembabkan atau dilunakkan dengan menambahkan tahu atau susu. Nah, jika sudah halus menjadi serbuk makanan olahan dapat langsung diberikan kepada burung tledekan untuk pengganti kroto, khususnya ketika Anda kesulitan mendapatkan kroto di pasaran.

Egg food merupakan pakan olahan yang bahan dasarnya telur. Melihat kandungan gizi yang relatif seimbang dengan kroto, maka kemungkinan besar jenis burung lainnya yang memakan serangga pun juga bisa diberikan pakan egg food. Oleh karena itu, resep olahan egg food sangat bagi diterapkan sebagai pengganti ekstra fooding untuk burung tledekan. Ingat, jangan memberikannya sesering mungkin. Berikan ketika kroto susah ditemukan di pasaran. Demikian penjelasan mengenai egg food untuk pengganti pakan kroto burung tledekan dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here