burungmaster.com

Melatih Cengkeraman Burung Kenari Dengan Menggunakan Ayunan

Memiliki burung Kenari yang aktif adalah idaman setiap pemiliknya. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak pemilik burung bersuara indah ini berusaha untuk melatih burung kesayangannya agar menjadi aktif sesuai harapan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan dan salah satu cara yang biasa dipilih adalah dengan melatihnya menggunakan ayunan yang didesain secara khusus untuk melatih kekuatan cengkeraman burung tersebut. Biasanya burung Kenari yang masih muda lebih mudah untuk dilatih karena belum memiliki kebiasaan tertentu dalam hal mencengkeram.

Berdasarkan hal ini, tidak mengherankan jika banyak pemilik burung yang sedari awal sudah mulai melatih kebiasaan mencengkeram Kenari tersebut. Pada dasarnya, Anda dapat dengan mudah menemukan ayunan untuk jenis burung lain, namun khusus untuk burung Kenari Anda disarankan untuk membuat sendiri karena tidak banyak yang memproduksi ayunan yang sesuai dengan postur burung Kenari. Bagaimanakah cara membuat ayunan tersebut? Pastinya Anda ingin mengetahuinya, bukan? Untuk itu langsung saja simak ulasan berikut ini.

Sebelum membuat ayunan burung ini, terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan semua perlengkapan yang dibutuhkannya. Diantaranya yaitu, kawat yang memiliki ketebalan cukup bisa kawat jemuran atau kawat jenis lain, papan, batang kayu dan tang. Untuk kawat Anda perlu menyiapkannya dengan panjang yang kira-kira cukup untuk keseluruhan kerangka ayunan tersebut. Batang kayu yang diperlukan juga menyesuaikan dengan kerangka ayunan tersebut. Apabila semua perlengkapan yang dibutuhkan telah siap, maka langkah selanjutnya adalah mulai membuat pola kerangka menggunakan papan. Buatlah persegi lima atau bentuk semacam bangunan Pentagon dengan panjang sisi yang sesuai untuk burung Kenari.

Desain Ayunan Untuk Burung Kenari
Desain Ayunan Untuk Burung Kenari
image source : omkicau.com

Langkah selanjutnya adalah bentuklah kawat yang sudah disiapkan dengan bentuk yang sesuai dengan pola kerangka pada papan tersebut. Untuk mempermudahnya, Anda bisa menggunakan tang untuk membuat lengkungan yang sesuai. Jika kawat sudah berbentuk segi lima, maka Anda perlu menambahkan pijakan untuk burung pada sisi dasarnya. Gunakanlah batang kayu yang sudah dipersiapkan sebagai pijakan tersebut. Alangkah lebih baiknya jika batang kayu yang Anda gunakan terlebih dahulu sudah dihaluskan agar nantinya nyaman digunakan untuk burung Kenari berpijak. Langkah yang terakhir adalah membuat pengait yang dapat digunakan untuk menggantung ayunan tersebut. Lazimnya pengait ayunan tersebut memiliki bentuk yang serupa huruf S. Itulah beberapa langkah untuk membuat ayunan burung Kenari. Bagaimana cukup mudah, bukan? Jadi mulai saat ini Anda tidak perlu membelinya.

Ayunan tersebut bisa dipasang di dalam kandang burung atau bisa juga digantungkan pada tiang terbuka di halaman rumah. Untuk proses latihan yang lebih maksimal penempatan di halaman terbuka menjadi pilihan yang tepat. Selain berguna untuk melatih kekuatan cengkeraman burung Kenari, ayunan tersebut juga bermanfaat sebagai media pelepas stres burung.

Melatih Cengkeraman Burung Kenari Dengan Menggunakan Ayunan | Burungmaster | 4.5