Poin Penting dalam Memelihara Celepuk

0

Burung Hantu Celepuk, merupakan salah satu burung hantu dengan ukuran mini, dikutip dari wikipedia celepuk ternyata memilki nama yang berbeda-beda di setiap daerah misalnya saja dari bahasa sunda burung ini di sebut dengan bueuk.

Kemudian kalo bahasa jawa di sebut burung kuwek, akan tetapi kalo nama indonesianya sering di sebut dengan burung celepuk, burung celepuk sendiri merupakan burung hantu dengan ukuran mungil yang termasuk dal suku strigidae.

Gambar anakan bung celepuk
Gambar anakan bung celepuk (Sumber :  YensenTan (TantoYensen) )

untuk makanannya sendiri burung celepuk untuk peliharaan biasanya burung ini di beri makan jangkrik, katak kecil maupun daging ya taulah burung celepuk kan masih termasuk dalam jenis burung hantu wajal lah kalo burung celepuk juga doyan makan daging, akan tetapi kalo di berimakan jangkrik burung ini tetep mau kok, walaupun mungkin untuk burung celepuk yang masih anakan hari kita suapin agar mau makan (belum ngerti caranya makan mungkin ya).

Gambar burung celepuk
Nama : Celepuk (Javan Scoop Owl )
Ciri-ciri : memilki bentuk tubuh yang mungil dan berwarna agak kecoklatan
Pemeliharaan : Cukup Mduah Di pelihara (sumber gambar : kharis27.wordpress.com)

Jika kalian ingin memelihara burung celepuk mungkin ada beberpaa hal yang perlu anda pehatikan di antaranya :

  1. walapun burung celepuk mungkin burung karnivora akan tetapi burung celepuk ternyata juga doyan makan jangkrik, maupun ulat, ikan juga mau.
  2. jika sudah besar burung celepuk juga bisa terbang untuk mengantisipasi hal ini akan lebih baik jika anda menyiapkan kandang maupun rantai untuk mengikat kakinya, biar tidak terbang
  3. pemberian pakan bisa anda berikan 2 kali dalam sehari, sore maupun pagi,
  4. burung hantu merupakan burung yang aktif di malam hari, jadi jangan heran kalo di malam hari mungkin burung celepuk lebih banyak beraktifitas.

selain hal diatas hal yang tidak boleh di lupakan dalam memelihara celepuk adalah jangan lupa menjaga kebersihan kandangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here