Beragam Cara Menaikkan Birahi Lovebird agar rajin ngekek ? Baca caranya disini

Beragam cara menaikkan birahi lovebird –  Kendala yang sering dijumpai oleh para peternak lovebird (utamanya pemula) adalah bagaimana cara untuk menaikkan burahi lovebird.

Tentu saja hal ini cukup meresahkan, karena faktor birahi sangat menentukan dalam keberhasihan petrnakan. Namun jangan khawatir, karena kami telah memiliki solusi untuk permasalahan ini.

Baiklah, langsung saja berikut adalah beragam cara menaikkan birahi lovebird yang bisa Anda coba praktekkan.

Memberi Pakan Tambahan (Extra Fooding)

Extra fooding (Ef) hendaknya diberikan dengan pemahaman akan masing-masing karakter lovebird milik Anda.

Karena tidak semua lovebird mempunyai Ef kegemaran yang sama. Jadi Ef yang kita berikan nantinya dapat sesuai dan tepat sasaran, sehingga tidak mubajir.

Berikut adalah daftar Ef yang bisa Anda berikan pada lovebird. Tidak semua pakan dalam daftar ini harus diberikan, namun sekali lagi harus melihat serta memahami Ef apa yang disukai oleh lovebird di rumah.

  • Jagung
  • Tauge
  • Kangkung
  • Sawi hijau
  • Biji fumayin
  • Wortel
  • Apel
  • Tebu
  • Kwaci

Pemberian Ef ini dapat dilakukan setiap hari secara rutin, dan jika lovebird menyukai lebih dari satu Ef, pemberian bisa diseling.

Memandikan burung

Memandikan burung lovebird
Memandikan burung lovebird

Memandikan burung adalah perawatan harian wajib yang harus kita kerjakan untuk menaikkan birahi lovebird.

Lakukan proses pemandian pada malam hari sekitar jam 9 – jam 10 malam, baiknya pemandian ini dilakukan di dalam ruangan.

Setelah memandikan, dan kondisi burung hampir kering (bagian dada sudah kering, sedangkan bulu sayapnya masih belum kering benar), Anda dapat mengkrodong burung hingga pagi.

Teknik Menjemur burung

Menjemur burung lovebird
Menjemur burung lovebird

Penjemuran burung juga tidak boleh dilupakan dalam proses menaikkan birahi lovebird ini. Jemurlah burung pada pagi hari, hingga burung terlihat membuka paruhnya.

Jika tidak memungkinkan untuk menjemur di pagi hari (baik karena waktu atau pun faktor hujan), maka lakukan penjemuran pada sore harinya. Selepas itu burung dapat diangin-anginkan sebentar untuk kemudian di full kerodong.

Lanjutkan langkah dengan memandikan burung di malam hari.

Taruh di kandang kapsul

Teknik lain yang wajib dicoba untul menaikkan birahi lovebird adalah dengan meletakkannya pada kandang kapsul.

Yang terpenting dalam hal ini adalah menghindarkan lovebird saling melihat, baik itu saat mandi atau pun jemur.

Jika Anda tidak memiliki tempat yang cukup luas, solusinya dapat dilakukan dengan cara memberi sekat atau setengah kerodong pada kandang kapsul.

Dengan melakukan keempat terapi tersebut secara rutin, maka Anda akan melihat lovebird meningkat birahinya paling cepat 10 hari dan paling lambat 1 – 2 bulan (hal ini tergantung pada usia lovebird).

Pada saat birahinya sedang kenceng, segera pertemukan dengan lawan jenis yang sama-sam sedang tinggi birahinya. Cirinya yaitu burung saling gelisah jika mendengar suara lawan jenisnya.

Rendeng sebentar saja, kira-kira 3 – 5 menit, lalu masukkan ke dalam kandang. Maka kedua lovebird tersebut akan langsung sisir-sisiran bahkan kawin.

Proses selanjutnya adalah memasukkan ke dalam kandang ternak, dan menunggu hasil perkawinan ini.

Metode ini memang bertolak belakang dengan metode penjodohan lovebird pada umumnya, sebab yang kita mainkan disini bukanlah jodoh-jodohan, namun faktor birahi sang burung.

Nyatanya sudah banyak yang mencoba dan mengakui bahwa metode ini benar-benar tokcer dan memudahkan dalam proses pengawinan.

Karena jika kita sudah pandai dalam menilai birahi sang burung, maka kita bisa pula memainkan poligami saat kekurangan pejantan.

Itu saja yang dapat kami bagikan mengenai beragam cara menaikkan birahi lovebird, semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat. Kunjungi pula laman facebook kami untuk mendapatkan sejumlah tips seputar burung kicauan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here