burungmaster.com

Mengenal Burung Murai Batu Asal Sumatra

Sumatera adalah salah satu habitat asli dari Burung Murai Batu, lebih tepatnya di wilayah Sumatera Utara. Meskipun begitu habitat Murai Batu kini sudah menyebar luas hingga ke pulau Jawa dan juga Kalimantan dan bahkan hingga ke wilayah luar Indonesia. Dengan adanya perbedaan wilayah ini tentunya juga menimbulkan perbedaan karakteristik Murai Batu dari ketiga pulau tersebut. Perbedaan tersebut terutama dari segi bentuk dan juga kicauannya. Seperti burung Murai Batu Jawa misalnya memiliki ekor yang terbilang pendek dengan ukuran tubuh yang kecil. Sedangkan untuk burung Murai Batu Sumatera memang terkenal lebih unggul daripada jenis Murai yang berasal dari kedua wilayah lainnya.
Di wilayah Sumatera sendiri terdapat berbagai varian jenis Burung Murai Batu, seperti Murai Batu Lampung, Murai Batu Nias, Murai Batu Aceh, Murai Batu Sinabang, Murai Batu Sabang, Murai Batu Lasia, dan juga Murai Batu Pagai. Masing-masing varian tersebut memiliki keistimewaan dan cirinya sendiri-sendiri. Berikut adalah beberapa keistimewaan serta karakteristik dari sebagian varian Murai di atas:
Murai Batu Asal Sumatra

  • Murai Batu Nias

Murai Batu Nias memiliki karakteristik dan keistimewaan pada kecerdasannya dalam menerima dan menyerap input suara masteran yang diberikan kepadanya. Dari bentuk tubuhnya, ekornya yang memiliki warna hitam polos menjadi ciri khasnya. 

  • Murai Batu Aceh

Jenis Murai Batu yang berasal dari wilayah Aceh dan sekitarnya ini memiliki karakteristik yang unggul dalam penampakannya. Penampilan Murai Batu Aceh memang cantik dengan ekor yang tipis, bulu yang halus, serta bagian ekornya yang panjang yang hanya terdiri dari 2 helai bulu saja. Penampilannya bahkan mampu membuat Murai Batu Aceh ini dibandrol dengan harga yang cukup tinggi.

  • Murai Batu Medan

Jika Anda gemar mengikuti kontes, jenis Murai Batu Medan mungkin akan cocok untuk Anda pasalnya varian Murai Batu yang satu ini memiliki keunggulan dari mental petarungnya yang baik sehingga bisa diandalkan saat mengikuti kontes-kontes atau perlombaan. Selain itu Murai Batu Medan ini juga memiliki variasi suara kicauan yang beragam dan bentuk atau postur tubuh yang gagah dengan panjang ekor mencapai 30 cm, untuk informasi lebih lengkap silahkan baca di : Burung Murai Batu Medan

Jenis Murai Batu yang terakhir ini memiliki keunggulan dan keunikan saat ia sedang berkicau dan juga saat sedang makan. Saat ia berkicau Murai Batu Lampung ini akan menaikkan bulu yang ada di atas kepalanya, saat makan ia akan menaik turunkan kepalanya seolah-olah sedang mengangguk. 
burung murai batu asal sumatra memiliki beberapa perbedaan walaupun ada juga murai yang memiliki warna atau bentuk tubuh yang sama, walaupun demikian KTP yang dimiliki burung meiliki pengaruh terhadap harga yang dimiliki misalnya saja murai dengan KTP  ataupun label murai medan bisanya memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan burung murai Lainnya. untuk melihat perbedaan burung murai asal Sumatra saya sarankan untuk membaca artikel di bawah ini :

Burung Murai Asal Sumatra

Mengenal Burung Murai Batu Asal Sumatra | Burungmaster | 4.5