burungmaster.com

Mengenali Karakter Lovebird Josan Saat Dilombakan

Josan merupakan istilah yang sering di pake oleh kicaumania untuk menyebut burung lovbier yang memiliki warna IJo Standar. Mengenali karakter binatang peliharaan merupakan salah satu hal yang paling penting dalam tahap awal untuk menjalin ikatan yang erat dengan hewan peliharaan Anda. Dengan mengenali karakternya, bisa diketahui apabila binatang peliharaan Anda mengalami suatu jenis penyakit, sedang lapar, haus atau sejenisnya. Salah satu hewan peliharaan yang memiliki karakter beragam adalah lovebird josan. Seiring dengan bertambahnya umur, lovebird josan bisa menunjukkan perkembangan karakter yang berbeda-beda dan tidak sedikit juga yang mampu membuat peternak menjadi kerepotan. Dengan belajar untuk mengenali karakter lovebird josan, maka Anda bisa menyelesaikan masalah yang dialami oleh lovebird josan. Mari simak artikel berikut untuk memahaminya lebih lanjut.

Terlihat Agresif Pada Lovebird Lain

Lovebird josan

Lovebird josan

Karakter unik lainnya yang dimiliki oleh lovebird josan adalah sering kali burung ini terlihat agresif apabila terdapat burung lain di dekatnya. Anda tidak perlu takut dengan hal itu, karena agresif merupakan sebuah tanda bahwa lovebird tersebut memiliki ketertarikan pada burung yang berada di dekatnya. Perlu Anda perhatikan bahwa burung yang agresif bisa memiliki dua dampak yang berbeda yaitu lovebird bisa mengekek panjang untuk memanggil lawan jenisnya atau menjadi tidak ngekek karena sibuk memperhatikan burung yang disukainya.

Baca Juga : Suara Kacer Betina Untuk Pancingan Kacer Jantan

Metode paling ampuh untuk mengatasi karakter lovebird yang terlihat agresif adalah dengan mempelajari dampak yang ditimbulkannya. Jika lovebird tidak mau ngekek, maka Anda perlu menjauhkan terlebih dahulu lovebird josan dari lingkungan yang ramai. Apabila sudah terlihat tenang kembali, barulah Anda mencarikan pasangan untuk menurunkan birahi dari lovebird josan.

Salah satu cara lain yang bisa menurunkan tingkat agresif dari burung dengan melakukan adaptasi lingkungan. Hal ini bertujuan agar lovebird yang agresif menjadi terbiasa dan tidak menjadi agresif di kemudian hari.

Gelisah Saat Berada dalam Tangkringan

Lovebird josan betina ataupun josan jantan merupakan salah satu burung yang sering dilombakan selain lovebird josan ada juga warna lain yang sering ikut dalam perlombaan seperti lovebird pasjo, lovebird josan dakosan kadang juga ada lovebird pasjo blorok yang . Tetapi terkadang ada kendala yang sering terlihat, seperti burung yang gelisah saat berada di dalam sangkarnya. Kondisi ini biasanya terkait dengan lingkungan lovebird josan itu sendiri. Apabila lovebird dipelihara dalam lingkungan yang tenang, lalu mendadak dibawa ke dalam area perlombaan yang ramai biasanya akan menyebabkan kegelisahan pada lovebird tersebut. Hal ini bisa mengakibatkan lovebird josan tidak mampu mengikuti perlombaan dengan baik dan mampu berakibat fatal dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, lovebird josan juga akan menjadi penakut dan bisa menjadi sakit karena mengalami stress.

Ada beberapa cara untuk mengatasi karakter lovebird josan yang gelisah saat hendak diperlombakan. Pertama, biasakan untuk memindahkan burung ke tempat dan daerah ramai secara bertahap sebelum mendekati waktu lomba agar burung tersebut menjadi terbiasa. Kedua, biasakan untuk melakukan trek dengan mengelilingi area perlombaan sambil dimandikan dan dijemur, agar burung merasa terbiasa dan tidak menjadi gelisah.

Tidak Mau Ngekek

Salah satu karakter lovebird josan yang paling ditakuti oleh banyak orang adalah tidak mau berkekek. Kondisi ini memiliki banyak variabel penentu, salah satunya adalah mental yang tidak siap atau disebut juga sebagai gembos. Burung yang memiliki karakter seperti ini akan cenderung menjadi diam apabila berada di antara keramaian lovebird lainnya. Salah satu penyebab utama dari burung yang tidak mau ngekek karena sedang mengalami birahi yang  berlebihan.

Baca Juga : Tips Mengatasi Kegemukan pada Lovebird

Solusi untuk menangani lovebird josan yang tidak mau berkekek yaitu dengan melakukan setting secara rutin dan memandikannya pada malam hari untuk membuatnya segar. Pisahkan juga lovebird yang tidak mau ngekek dari lovebird muda, karena biasanya lovebird muda juga cenderung pendiam dan tidak memberikan efek yang positif. Berikanlah asupan gizi seperti asinan dan kayu lunak untuk menstimulasi lovebird agar kembali mengeluarkan kekek.

Dengan mempelajari dan mengenali karakter lovebird josan dengan baik, diharapkan Anda akan mampu mengatasi berbagai masalah yang timbul saat hendak mengikuti perlombaan. Selain itu lovebird josan juga akan mampu menghasilkan perfoma terbaiknya.

Mengenali Karakter Lovebird Josan Saat Dilombakan | Burungmaster | 4.5