Mengetahui Ciri-Ciri Lovebird Siap Dilombakan

Ciri-ciri Lovebird siap dilombakan – Memelihara lovebird sejak anakan memang memerlukan banyak kesabaran. Apabila anakan lovebird sudah mulai beranjak dewasa, artinya lovebird sudah mulai bisa untuk ikut dilombakan. Namun ada beberapa ciri-ciri lovebird siap dilombakan yang harus diperhatikan. Simak artikel berikut ini untuk mengetahuinya.

Tahap awal untuk mengetahui ciri-ciri lovebird siap dilombakan adalah belajar untuk mengenal karakter dari lovebird yang dimiliki. Perhatikan gelagatnya, apakah lovebird sudah memiliki birahi yang stabil dan tidak gusar. Lovebird dengan birahi yang stabil akan tenang pada kandang dan tidak akan terlihat gelisah saat berada di dekat lovebird lainnya. Jangan paksakan untuk mengikuti pertandingan apabila lovebird Anda menunjukkan gejala birahi yang berlebihan. Selain lovebird akan menjadi malas ngekek, lovebird cenderung tidak fokus dengan masterannya.

Cara meredam lovebird yang mengalami birahi tinggi adalah memberikanya pasangan. Saat bersama pasangan, otomatis birahinya bisa tersalurkan dan akan membuatnya kembali fokus dan tenang. Selain itu dengan memberikan pasangan juga bisa menghindari lovebird menggigiti kuku dan bulu dikarenakan rasa bosan yang tinggi. Hindari juga untuk memberikan berbagai ramuan jamu konslet secara berlebihan karena akan semakin memacu birahi lovebird.

Lovebird Mulai Ngekek dengan Durasi Lama

Ciri Lovebird Siap lomba

sumber (Steve Wilson | Flickr)

Meskipun tidak sedikit lovebird yang mulai rajin mengekek sejak usia tiga bulan, tetapi janganlah Anda memaksakan untuk mengikuti kontes tarik suara. Mulailah terlebih dahulu dengan mengikuti latihan bersama untuk melihat perkembangan suara ngekek lovebird yang Anda miliki. Dengan rajin ikut latihan bersama juga bisa membuat Anda mengerti tentang kemampuan lovebird lainnya.

Jika lovebird sudah berusia diatas enam bulan, bisa terlihat perkembangannya yaitu burung mulai rajin untuk ngekek. Salah satu ciri-ciri lovebird siap dilombakan yang baik adalah mudah untuk ngekek ataupun terpancing saat ada burung lain yang berbunyi. Jika lovebird sudah terdengar sering ngekek, biasakan untuk mulai rajin memasternya.

Pilihlah masteran dengan kekek yang panjang dan tidak putus agar lovebird terpacu, serta ingin mencoba sendiri kemampuan suaranya. Selain itu juga masteran yang baik bisa melatih stamina dari lovebird agar memiliki nafas yang panjang dan tidak terputus-putus.

Keberanian dan Mental

Siapkan juga mental dari lovebird dengan membiasakannya untuk berada pada tempat yang ramai. Dengan belajar meningkatkan mental, lovebird akan terbiasa apabila dikelilingi oleh burung lainnya. Pembentukan mental lovebird sejak dini juga akan membuat lovebird tampil percaya diri, ketika dihadapkan dengan lovebird yang sejenis. Lovebird dengan mental baik juga tidak akan terdiam ketika mendengar suara burung lainnya, dan justru akan langsung membalasnya dengan suara kekek juga.

Cara lain untuk meningkatkan mental lovebird yaitu dengan melatihnya untuk mengambil pakan di tangan Anda. Dengan cara ini, lovebird bisa menjadi berani untuk berinteraksi dengan pemilik dan membentuk rasa percaya dirinya. Apabila lovebird tidak mau mengambil pakan dari tangan, tidak perlu Anda paksa. Terus ulangi selama beberapa waktu hingga mereka terbiasa dalam kondisi tangan pemilik berada dalam sangkarnya. Cara ini juga terbukti ampuh untuk meningkatkan hubungan antara Anda dengan lovebird. Ini justru berakibat baik pada meningkatnya performa lovebird saat diperlombakan.

Kunci utama dari ciri-ciri lovebird betina / jantan siap dilombakan adalah keyakinan Anda sendiri dalam merawatnya. Hubungan yang baik antara pemilik dengan lovebird justru akan membuat seluruh proses merawat menjadi semakin mudah, selain itu juga membuat lovebird semakin cepat siap untuk mengikuti lomba. Selamat mencoba!