burungmaster.com

Mengetahui Penyebab Lovebird Menggigit Kuku dan Cara Mengatasinya

Penyebab Lovebird Menggigit Kuku dan Cara Mengatasinya – Perilaku seekor lovebird yang terkadang meresahkan para pecinta burung yaitu ketika mereka sedang menggigit kuku. Memang menggigit kuku adalah hal yang lumrah dilakukan oleh para lovebird ini. Namun Anda juga harus perhatikan dengan baik lovebird Anda jika mengalami gejala seperti itu. Menggigit kuku bisa menyebabkan luka pada lovebird. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui penyebab lovebird menggigit kuku dan cara mengatasinya.

Lovebird Mengalami Rasa Bosan dan Jenuh

Lovebird Menggigit Jari

Tidak hanya manusia, burung lovebird juga bisa mengalami rasa bosan dan kejenuhan. Meskipun dengan menggigiti kuku bisa menghilangkan rasa bosan, namun kebiasaan yang berlebihan akan berakibat fatal dan bisa melukai kakinya sendiri. Bahkan terkadang apabila rasa jenuh dan kebosanannya sudah semakin meninggi, lovebird bisa menggigiti kuku sambil berbaring dan bergulingan pada dasar sangkarnya.

Biasanya lovebird akan mengalami rasa jenuh dan kebosanan karena tidak memiliki pasangan atau teman untuk bercengkrama. Sudah sewajarnya apabila Anda segera memasangkan lovebird saat sudah memasuki usia enam bulan. Dengan memberikan pasangan untuk lovebird, Anda juga bisa menghindarinya dari kebiasaan buruk dan masalah lain seperti mulai mencabuti bulu serta menggesek tangkringan.

Baca Juga : Cara Ternak Kenari Yang Menguntungkan

Alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa bosan burung adalah mengajaknya bermain dengan memasukkan tangan pada sangkar. Cara lainnya juga bisa dengan memasukkan berbagai mainan ke dalam sangkarnya agar lovebird bisa memainkannya dan mengurangi rasa jenuhnya. Perhatikanlah kebersihan dari mainan yang berada dalam sangkar, keluarkan dan bersihkanlah apabila mulai terlihat kotor untuk mencegah lovebird terserang penyakit.

Kaki Yang Luka dan Mengalami Infeksi

Berikutnya yang menjadi penyebab lovebird menggigit kuku dan cara mengatasinya adalah dengan memperhatikan kondisi kaki dari burung lovebird. Burung akan menggigiti kaki yang gatal karena terinfeksi oleh jamur ataupun parasit. Dengan menggigiti kakinya, burung akan merasa lebih nyaman sekaligus bisa menghilangkan rasa gatalnya tersebut. Namun perlu diperhatikan apabila burung terlalu sering menggigiti kakinya yang terinfeksi, maka akan dapat menimbulkan luka.

Untuk mencegah agar burung tidak lagi menggigiti kakinya, obatilah dengan menggunakan salep khusus burung. Usapkan salep pada bagian yang terinfeksi, dan tutuplah dengan menggunakan perban ataupun kain agar tidak kembali digigit oleh burung. Periksa luka secara rutin dan bersihkanlah untuk mencegah infeksi yang berkepanjangan.

Birahi yang Tinggi

Burung yang mengalami birahi tinggi disebabkan karena tidak memiliki pasangan. Gejala awal burung lovebird mengalami birahi yang tinggi bisa terlihat dari gelagatnya yang gelisah dan sering naik turun di dalam kandang. Apabila birahi tinggi tidak cepat diatasi, maka efek sampingnya bisa cukup berbahaya. Lovebird bisa menggesek tangkringan, malas berkekek hingga menggigiti kukunya sendiri. Hal itu merupakan beberapa penyebab lovebird menggigit kuku dan cara mengatasinya bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Baca Juga : Download Suara Lovebird Betina Ngekek Panjang

Metode paling ampuh untuk mengatasi birahi burung yang terlalu tinggi adalah dengan memberikannya pasangan. Namun setelah memberinya pasangan, perhatikanlah gelagat dari burung lovebird. Apabila burung terlihat mulai berhenti menggigiti kuku dan menjadi lebih tenang, maka jangan pisahkan pasangannya dari kandang. Namun jika lovebird menjadi terlalu malas untuk ngekek, segera pisahkan beberapa waktu.

Hindari untuk memberikan rangsangan seperti jamu konslet selama burung masih menggigiti kukunya. Dengan memberikan jamu, burung bisa menjadi lebih agresif dan akan sulit untuk memberhentikan kebiasaannya dalam menggigiti kuku.

Memang kebiasaan menggigit kuku yang dilakukan oleh Lovebird memiliki penyebab dan efek yang berbeda-beda. Oleh karena itu Anda harus memahami dan mengenal betul penyebab lovebird menggigit kuku dan cara mengatasinya jika hal ini terjadi pada lovebird Anda. Selamat mencoba

Mengetahui Penyebab Lovebird Menggigit Kuku dan Cara Mengatasinya | Burungmaster | 4.5