Mengidentifikasi Jenis Dan Ciri Jalak Kebo Jantan

Burung menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak disenangi oleh masyarakat salah satu alasannya adalah karena suara yang dihasilkan oleh burung bervariasi tergantung dari jenis burung tersebut. Seperti halnya dengan jalak kebo jantan yang memiliki ciri-ciri yang berbeda dari burung lainnya.

Ciri jalak kebo jantan akan dibahas dalam ulasan kali ini sebagai bahan informasi bagi para pemula atau bagi para pecinta burung yang menambah koleksi burung jalak kebo jantan. Ciri khas burung jalak nias jantan akan menjadi menarik dibahas karena saat ini burung tersebut sedang banyak dicari dan dikembangbiakan oleh para pecinta burung.

Gambar sekumpulan jalak kebo
Gambar sekumpulan jalak kebo

Keindahan suara pada burung memang menjadi salah satu alasan para peternak burung mengembangbiakkan burung jenis ini. Bagi para masyarakat yang memelihara burung ini akan berlomba-lomba untuk lebih giat dalam mengolah vokal burung jalak kebo jantan supaya memiliki kemampuan berkicau dengan teknik yang lebih bagus dari burung lainnya. Karena Ciri jalak kebo jantan salah satunya adalah memiliki suara nyaring dan istimewa yang banyak dicari orang untuk sekedar dimiliki atau dipelihara dengan proses pengembangan.

Ciri Burung jalak kebo yang utama adalah terdapat pada namanya. Tahukah anda mengapa burung jalak dinamakan jalak kebo? Hal tersebut dikarenakan makanan jalak ia cari ada pada punggung kerbau.

Burung jalak kebo
Burung jalak kebo

Dipunggung kerbau terdapat beberapa serangga kecil yang biasanya menyebabkan kerbau merasa gatal dan menyi1bakkan ekornya ke atas tubuhnya, hal tersebut menunjukkan bahwa badan kerbau sedang terserang serangga yang sering kita sebut sebagai kutu. Nah, burung jalak yang biasa hinggap di punggung kerbau itulah yang kemudian menyandang nama burung jalak kerbau atau dalam bahasa jawa kerbau dikenal dengan sebutan kebo.

Tips Mengetahui Ciri Jalak Kebo Jantan

Gambarjalak kebo jantan dan betina
Gambarjalak kebo jantan dan betina

Untuk mengetahui perbedaan jenis kelamin burung jalak kerbau jantan dan jalak kerbau betina bisa dilihat hanya dengan mengetahui ciri jalak kebo jantan saja, karena jika anda mengetahui salah satunya, untuk ciri burung jalak kerbau betina akan terdeteksi dengan sendirinya. Salah satu ciri tersebut adalah ukuran tubuh burung jalak kerbau yang kekar dan lebih besar dari jalak kebo betina.

Anda bisa membandingkan dengan satu burung jalak kerbau lainnya, jika ia memiliki tubuh besar dan cengkeraman yang kuat, kemungkinan besar bahwa burung tersebut berjenis kelamin jantan. Selain itu, gerakan yang ditunjukkan oleh burung jalak kerbau jantan lebih lincah dibandingkan dengan burung jalak kerbau betina.

Ciri jalak kebo jantan selanjutnya adalah bentuk kepala burung yang berbentuk bulat dan memiliki jambul yang cukup lebat. Paruh untuk burung jalak kerbau jantan berukuran lebih besar dibandingkan dengan paruh burung jalak kerbau betina, dan ciri lainnya bisa dilihat pada kloaka burung jalak kebo pada umumnya burung jalak kebo jantan memiliki kloaka yang lebih kecil dan menonjol, berbeda dengan burung jalak kebo betina yang biasanya memilki bentuk yang lebih besar dan tidak menonjol seperti jalak kebo jantan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here