burungmaster.com

Temukan Beragam Informasi
Seputar Burung Kicauan Disini

Mengobati Burung Batuk dan Mencret dengan Obat Sakit Kepala ?

Mengobati Burung Batuk dan Mencret dengan Obat Sakit Kepala ? salam super bagi para kicau mania, burung sakit memang menjadi salah tantangan bagi para kicau mania, gejala yang muncul ketika burung sakit salah satunya adalah burung mulai terlihat tidak seaktif biasanya pada umumnya burung yang sakit akan mengembangkan bulunya baik pagi siang atau sore. salah satu penyebab burung menjadi sakit adalah yang pertama adalah faktor kebersihan kandang, Faktor cuaca (bisa saja karena kehujanan / kepanasan) dan juga bisa terjadi karena perawatan yang asal asalan.

Burung Serak / Batuk – Batuk, mungkin bagi para kicaumania salah satu masalah yang cukup sering di hadapi adalah serak pada burung, kemudian yang kedua adalah berak kapur / mencert tidak seperti burung kicauan yang sehat yang di tandai dengan kotoran yang padat dan terlihat kering (bagi yang sudah makan voer) burung biasanya memiliki kotoran yang berbeda yakni biasanya kotoranya akan terlihat berwarna putih encer, yang ketiga adalah burung terlihat menngembangkan bulunya ketika burung yang sakit mengembangkan bulunya biasanya burung tersebut juga terlihat tidak seaktif biasanya.dan yang terahir adalah ketika burung habis kehujanan ya mungkin mirip dengan manusia sehabis kehujanan burung bisa jadi jatuh sakit / meriang yang mengakibatkan burung tidak bergairah lagi.


Cara Pengobatan Burung sudah peranah di terapkan oleh salah satu kicaumania di forum kicaumania, cara pengobatan burung yang sakit menggunakan obat sakit kepala untuk manusia ini saya peroleh dari post di forum kicau mania yang di tulis oleh om oyeb abdillah, beliau share tentang pengalamannya ketika burung MB momonganya batuk – batuk, obat yang di gunakan oleh om oyeb adalah Parame* atau bisa juga Bodre*. sedangkan untuk burung yang macet bunyi bisa anda baca tips nya disni.

nah bagimana cara memberikan obat tersebut pada burung ? cara nya adalah simak tulisan di bawah ini :

  • Berikan Setengah tablet obat sakit kepala di atas kemudian masukan kedalam tempat minumnya kemudian aduk hingga buihnya hilang, sedangkan untuk burung yang berukuran kecil seperti pleci, prenjak atau burung kecil lainnya di sarankan untuk memberikan seperempat saja,
  • Setiap hari ganti dengan yang baru dan lakukan cara ini selama tiga hari berturt turt atau bisa juga di berirkan sampai momongan anda sembuh. 

Sebagai catatan cara ini dianjurkan apabila obat / semua jenis antibiotik untuk burung tidak bisa menyembuhkan burung yang sakit untuk menjaga kesehatan burung mungkin anda perlu mencoba menggunakan vitasol.

Mengobati Burung Batuk dan Mencret dengan Obat Sakit Kepala ? | Burungmaster | 4.5