Ragam Jenis Murai Batu dari Luar Negeri

Burung Murai Batu Luar Negericukup beragam mulai dari murai malaysia, murai tahiland sampai murai batu yang berasal dari filipina. Pada umumnya jenis murai batu di indonesia dan negara tetanga memilliki ciri yang sama dari segi warna dan bentuk fisik akan tetapi ada juga beberapa jenis burung murai batu yang memiliki pola warna yang berbeda yang akan di ulas lengkap di burungmaster.com

Tidak di ragukan lagi indonesia sebagai negara yang sanggat besar dan luas memiliki beragam jenis flora maupun fauna, salah satunya adalah burung murai batu dan setahu saya indonesia memiliki tujuh jenis burung murai batu yang memiliki kelebhan-kelebihan masing-masing.

Salah satu yang menjadi  favorit saya adalah burung murai medan burng yang biasanya bisa di temukan di daerah sumatra utara ini memamng memiliki ciri khas yang berupa ekor yang panjangnya ga nangung-nangung selain itu burung murai medan juga memiliki bodi + suara yang sanggat mantap.

Selain itu ada burung murai asli dari tanah jawa yang sering di sebut Larwo burung murai dari tanah jawa ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih kecil di bandingkan dengan murai medan, gaya bertarungnya pun juga berbeda biasanya burung murai jawa / larwo ini saat berkicau akan menegakan jabul / bulu di kepalanya sehingga terlihat lebih besar.

Baca Juga : Kenali Burung Murai  Batu aceh

Untuk saat ini burung murai jawa bisa di katakan sangat sulit di temukan di habitat aslinya bahkan di pasar burung burung ini juga susah di temukan dan jika om / sodara-sodara yang membaca artikel ini dan memiliki burung murai jawa ini harap di tangkarkan  agar tidak punah, kembali lagi ke topik pembahasan mengenai Murai Batu Luar Negri, tidak hanya indonesia saja yang memiliki burung murai akan tetapi negara tetangga kita pun juga memiliki burung murainya sendiri.

Murai Batu Malaysia 

ilustrasi murai malaysia
ilustrasi murai malaysia

sesuai dengan namanya burung murai malaysia, burung ini tersebar di wilayah semenanjung malaysia, menurut info yang beredar di internet burung murai batu malaysia ini hampir sama dengan burung murai medan yang ada di indonesia yaitu memiliki tingkat kecerdasan maupun bentuk fisik yang hampir sama (kadang lebih kecil juga).

Akan tetapi burung murai malaysia biasanya memiliki ekor yang lebih panjang, burung murai malaysia bisa memiliki ekor mencapai 35 cm. Akan tetapi tidak semua murai malaysia memiliki panjang ekor lebih dari 30cm banyak juga murai malaysia yang panjang ekornya tidak sampai 20cm.

Murai Batu Tahiland

murai tahiland
ilustrasi muari tahiland sumber : wikipedia

Burung Murai Tahiland biasanya di temukan di daerah perbatasan antara tahiland dengan malaysia, secara fisik burung murai tahiland ini memiliki body yang lebih kecil jika di bandingkan dengan burung murai medan maupun burung murai malaysia akan tetapi burung ini juga memiliki ekor yang sama panjang akan tetapi tidak seperti murai medan / malaysia burung murai tahiland ini memiliki warna lebih kebiru-biruan.

Murai Batu dari Filipina

murai hitam  murai cebu dari filipina
murai hitam murai cebu dari filipina

hampir sama dengan di indonesia filipina juga memiliki banyak jenis burung murai salah satunya adalah burung murai luzon burung ini kalo di lihat dari depan hampir mirip dengan burung kacer kenapa ? di karenakan burung murai luzon ini tidak seperti burung murai pada umumnya yang dadanya berwarna hitam orange.

Baca juga : Ragam Murai batu Asal Indonesia

Akan tetapi burung murai luzon ini memiliki dada berwarna putih mirip dengan burung kacer, nah baru kalo dilihat dari atas / samping baru terlihat burung murainya, burung ini memiliki ciri khas berupa warna putih di kepalanya dan kalo menurut saya burung ini lebih cocok di jadikan murai hias karena ke elokan warnanya heheh. di filipina juga ada lagi keluarga burung murai diantaranya : Murai Cebu, Murai Niger dan murai luzon

gimana burung murai batu yang ada di luar negri bagus juga kan, tapi saya tetap bangga dengan murai yang ada di indonesia apalagi dengan burung murai medan , nah dari artikel di atas kita bisa mengetahui jika burung murai itu tidak hanya ada di indonesia akan tetapi burung murai juga banyak tersebar di luar negri di ataranya di malaysia ada, di tahiland ada bahkan filipinapun juga memiliki spesies burung murai yang banyak. jika anda masih penasaran anda bisa cari video-video di youtube saya yakin jika anda melihat video di youtube anda akan bisa lebih menikmati kelokan burung murai batu luar negeri
.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here