Murai Larwo Burung Murai dari tanah Jawa

Seperti yang telah diketahui bersama Burung Murai Batu adalah varian atau jenis burung yang banyak ditemukan di wilayah Sumatera, habitat aslinya berada di Sumatera Utara. Namun penyebarannya semakin meluas ke dua pulau lain di Indonesia seperti pulau Kalimantan dan juga pulau Jawa. Bahkan di beberapa negara tetangga seperti Filipina, Malaysia, dan juga Thailand jenis burung Murai ini juga masih dapat ditemukan. Penyebaran habitat ini tentu saja sedikit banyak mempengaruhi ciri khas dan karakteristik Murai Batu sendiri yang sesuai dengan wilayah ia berada. 
Dalam tulisan ini akan sedikit membahas tentang Burung Murai Batu yang berasal dari tanah Jawa. Burung Murai Batu Jawa biasa dikenal dan disebut sebagai Larwo. Sebutan Larwo ini ternyata merupakan singkatan dari Lare Dawo atau bulu yang panjang yang memang menjadi ciri khas jenis burung Murai Batu sendiri. Selain sebutannya yang berbeda burung Murai Batu Jawa ini juga memiliki karakteristik yang sedikit berbeda pula dengan jenis Murai Batu yang lainnya, berikut adalah beberapa diantaranya:
  1. Ukuran dan postur tubuhnya yang mungil. Burung Murai Batu Jawa memang memiliki bentuk tubuh yang jauh lebih kecil dari jenis Murai Batu yang lainnya. 
  2. Panjang ekornya juga tidak sepanjang Murai Batu Sumatera, panjang ekornya hanya berkisar antara 8 – 10 centimeter.
  3. Larwo memiliki garis batas bulu hitam pada bagian perutnya. 
  4. Untuk varian suara atau kicauannya Larwo lebih cenderung ngeban. 
  5. burung larowo ketika berkicau bisadikatakan memiliki gayanya sendiri yaang biasanya berkicau dengan berdiam di tempat sambil menundukkan kepalanya
  6. Karakteristik suara Murai Batu Jawa juga relatif sama dengan jenis Murai Batu yang lainnya. 
  7. Habitat aslinya terdapat di wilayah pulau Jawa dan sekitarnya. 

Murai Batu Jawa biasanya ditemukan di hutan-hutan di pulau Jawa, baik itu di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, ataupun Jawa Timur akan tetapi untuk saat ini burung murai jawa / larwo sudah sangat susah sekali di temukan, untuk penampakan silahkan lihat gambar dibawah ini

Murai Batu Jawa / Murai Larwo
Video Larwo / Murai Jawa Ketika sedang berkicau
-Video Menyusul-
Enam poin di atas adalah beberapa ciri khas dan karakteristik yang dimiliki oleh Burung Murai Batu Jawa. sepertihalnya burung murai medan dan murai ekor hitam keunikan burung Murai Batu Jawa ini sudah harus mulai diperhatikan kelangsungannya karena banyak terjadi pemburuan liar yang tidak memperhitungkan kemungkinan kepunahannya. Sehingga pengadaan penangkaran khusus bagi jenis Murai Batu Jawa ini perlu adanya untuk dapat menjaga keunikan Larwo agar tetap eksis.