Panduan Cara Sederhana Ternak Kroto Dengan Menggunakan Barang Bekas

Ternak Kroto saat ini merupakan salah satu usaha yang cukup meyakinkan bagi para penghobi burung kicauan, selain memiliki harga jual yang cukup tinggi, nyatanya kroto saat ini masih menjadi salah satu pakan tambahan yang masih banyak di cari oleh para kicaumania terutama yang sedang menangkarkan burung murai batu.

Pada kesempatan  kali ini Burungmaster akan berbagi tips untuk ternak kroto, seperti yang kita ketahui kroto merupakan salah satu favorit makanan burung kicauan diantaranya burung murai, kacer yang saat ini sedang populer. 

Selain itu kroto juga dinilai cukup efektif untuk menagani burung yang macet bunyi.

Dengan kandungan protein yang cukup tinggi telur semut ini juga di percaya bisa mengacorkan burung dalam waktu yang cukup singkat.

Salah satu hal terpenting sebelum ternak kroto adalah mencari bibit / sarang kroto yang akan di budidayakan. salah satu cara yang bisa anda coba adalah dengan mencari sarang kroto di pohon yang ada sarang semutnya. akan tetapi jika anda kesulitan anda bisa mencoba membeli satu koloni semut rangrang bersama telurnya secara online.

Panduan Sederhana Ternak Semut Rangrang

kemudain jika dah dapet tempatkan sarang semutnya dan semutnya ke dalam toples, Perlu di inggat  SARANG SEMUT YANG BEDA POHON JANGAN DICAMPUR.  jika anda sudah mendapatkan sarang semutnya maka sekarang ke tahap selanjutnya.

Yang Perlu di persiapkan

ada beberapa hal yang perlu anda persiapkan sebelum membudidayakan kroto :

Botol botol plastik / toples :

Botol / toples ini nantinya akan digunakan untuk sebagai tempat untuk sarang semut, tidak perlu menggunakan botol baru anda bisa mengunakan botol bekas seperti bekas botol minum ataupun bekas toples sosis.

Setelah anda mendapatkan botolnya langkah selanjutnya adalah buat lubang / pintu yang nantinya akan digunakan semut rangrang untuk keluar masuk sarangnya.

Daun Kering

Setelah botol tersedia kemudian masukan daun kering yang nantinya akan  digunakan untuk tempat telur semut / untuk agar semut nyaman (bisa dilihat di gambar contoh)

Kapas / Tisue

Kapas dan tisue memiliki peranan yang cukup penting, dengan mengunakan media ini anda bisa memberikan pakan kepada koloni semut rangrang tanpa harus khawatir semut akan mati karena kelaparan / terbunuh oleh makanannya sendiri.

Tempat / Lokasi Ternak

Sebisa mungkin sediakan tempat / lokasi yang jauh dari jangkauan anak-anak, hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang di luar kemauan kita.

Untuk tempat saya sarankan untuk membuat seperti rak menggunakan besi dan jaring kawat yang nantinya akan digunakan oleh semut rang-rang berkeliaran.

Insektisida

Karena mengunakan sistem rak maka di perlukan adanya pembatas antara koloni semut atas dan bawah.

Maka dari itu di perlukan insektisida  yang di semprotkan ke kapas yang nantinya di tempelkan di tiang-tiang penghubung antara koloni atas dan bawah.

Saya yakin setelah anda membaca yang di atas, pasti anda  sudah memiliki gambaran tentang cara dan tempat untuk ternak krotonya, tapi kurang lengkap apabila saya tidak menambahkan foto kandang untuk budidaya kroto, berikut beberapa gambar untuk memperjelas cara sedehana ternak kroto  :

media ternak kroto
media ternak kroto

 

ternak kroto pembatas wilayah semut
ternak kroto pembatas wilayah semut

Hal Penting dalam ternak Kroto

cara pemberian pakan : caranya cukup sederhana pertama larutkaan gula dalam air panas kemudian masukan kapas / tisu kedalam larutan air gula tadi, kemudian letakan tisu / kapas tadi kedalam tempat yang akan anda gunakan untuk pemberiaan pakan kroto ( seperti gambar di atas ).

Pembatas untuk Setiap koloni Semut : pembatas ini memiliki fungsi yang amat penting, dengan adanya pembatas maka para semut tidak akan lari kemana yang bisa mengakibatkan antara koloni satu dengan koloni lanya saling berkelahi.

Untuk pembatas nya sendiri anda bisa memberikan baygon kedalam kapas kemudain letakan di area-area yang bisa digunakan semut untuk berpindah tempat, jika tidak punya baygon anda juga bisa menggantinya menggunakan oli bekas.

Keyowrd : ternak kroto tanpa ratu, ternak kroto,  budidaya kroto rumahan, jual bibit kroto, cara panen kroto, cara membuat tempat ternak kroto, budidaya kroto dengan bambu, ratu kroto

One Reply to “Panduan Cara Sederhana Ternak Kroto Dengan Menggunakan Barang Bekas”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *