Pemberian Pakan Kenari Anakan Supaya Tumbuh Cepat

Burung kenari merupakan sejenis burung yang populer sebagai burung kicauan untuk dipelihara. Selain itu, cara perawatan burung kenari juga tidaklah sulit untuk dilakukan khususnya bagi para pemula. Adapun kunci sukses paling utama dalam perawatan burung kenari yaitu pemberian pakan kenari yang tepat, khususnya untuk kenari anakan.
Sesudah 12 sampai 14 hari, sang induk kenari pun akan mengerami telurnya. Kemudian anakan kenari pun muncul ketika terkelupas cangkang telurnya, dengan kondisi yang tanpa bulu serta masih belum dapat melakukan apapun. Jika Anda merawat piyik kenari dengan tepat, khususnya lewat pemberian pakan tepat dan berkualitas maka anakan kenari pun lebih cepat tumbuh.
Jenis Pakan Kenari Anakan Agar Tumbuh Cepat

Ada beberapa macam pakan kenari yang biasanya diberikan untuk merawat burung kenari dalam kandang, diantaranya sayuran dan buah-buahan, pakan biji-bijian, pakan tambahan hingga mineral dan vitamin. Untuk penjelasan pemberian pakan yang tepat, berikut ini ulasannya:
Kumpulan Anakan Burung Kenari
Pemberian Biji-Bijian 

Jenis biji-bijian untuk pakan burung biasanya diberikan campuran dari biji-bijian di toko pakan burung berbentuk kemasan, Anda bisa memilih merek yang biasa digunakan. Ada 2 cara pemberian biji-bijian untuk pakan burung ini diantaranya:

    • Pemberian bijian berkecambah, pakan biji-bijian berkecambah umumnya mempunyai kandungan mineral dan vitamin lebih tinggi dibandingkan biji-bijian normal atau kering.
    • Pemberian bijian rebus, caranya rebus biji-bijian pakan burung hingga 20 menit kemudian dinginkan pada lemari es. Pemberian pakan biji-bijian ini dapat diberikan 1 sdt di pagi serta sore hari dengan waktu 3-4 minggu
Sayuran dan Buah-Buahan 

Pemberian EF pada burung termasuk hal yang cukup penting terutama pada anakan kenari agar tumbuh cepat. Anda bisa memberikan EF berupa buah apel pada pagi hari untuk menu sarapan indukannya yang nantinya dilolohkan pada anakan kenari. Sementara sayuran paling umum diberikan biasanya parutan wortel dan sayuran hijau seperti sawi

Manfaat Krokot untuk Kenari


Pemberian Pakan Tambahan
Selain sayuran dan buah-buahan, Anda juga harus memberikan EF atau pakan tambahan berupa egg food dan telur rebus. Adapun telur rebus yang digunakan sebaiknya menggunakan telur puyuh atau bisa juga dengan telur ayam yang direbus hingga 20 menit. Kemudian potong dua, lalu gantungkan pada sangkar ternaknya. Biasanya egg food berupa campuran dari telur rebus, minyak zaitun sedikit dan sepotong roti

Pemberian Vitamin
Jangan lupa pula untuk memberikan mineral dan vitamin yang diperlukan agar menjaga kondisi tubuh sang induk, khususnya ketika meloloh dan merawat anakan kenari. Indukan kenari yang sehat pastinya bisa merawat anakan kenari dengan baik. Di samping itu, kondisi para anakan kenari pun semakin terjaga maka pertumbuhan kenari pun lebih cepat.

Sesudah anakan berusia dewasa lalu siap dipindahkan pada sangkar hariannya, maka induk kenari pun sudah siap dan dapat berproduksi lagi. Sejak saat itulah, Anda dapat mempersiapkan kandang kedua yang digunakan untuk produksi anakan burung yang berikutnya!


sumber gambar dan referensi : 
https://d52birdfarm.files.wordpress.com/2012/08/img_04181.jpg
http://omkicau.com/2016/01/12/memberikan-pakan-tepat-agar-piyik-kenari-tumbuh-lebih-cepat/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *