Penjelasan Lengkap Seputar Lovebird Biola

Penjelasan lengkap seputar Lovebird biola – Menurut sejarahnya, kehadiran lovebird biola di Indonesia dimulai sekitar tahun 2010. Ketika itu seorang pembeli mengaku telah membeli burung tersebut di pasar hewan lokal Hongkong.

Namun sayangnya, keberadaan penjual lovebird biola di Hongkong tersebut tidak dapat ditelusuri kembali. Beruntung beberapa tahun kemudian, ditemukan jejak keberadaan lovebird biola di Indonesia dan juga Italia.

Setelah dilakukan tes kawin, ternyata lovebird biola ini bersifat resesif dan sex-linked (terkait kelamin), yang dapat diartikan bahwa biola hanya mempunyai mutasi gen euwing dan biola lutino saja. Hal itulah yang menyebabkan lovebird biola pada awalnya dipandang sebelah mata oleh para kicau mania di Indonesia.

Berkat keuletan breeder Indonesia, akhirnya muncul lovebird biole dengan aneka varian mutasi semisal biola biru dan biola parblue yang harga jualnya bernilai fantastis.

Oleh karena sifat mutasi biola yang sex-linked, maka kini biola berwarna standart alias hijau pun banyak dicari untuk dikawinkan dengan burung non-biola. Jika beruntung, maka breeder akan mendapat anakan split biola x non biola.

Kendati memiliki banyak varian, namun secara umum lovebird biola memiliki ciri-ciri spesifik yang sangat gampang dikenali, seperti bulu kepala yang berwarna orange hingga merah, diikuti dengan warna tubuh hijau kekuningan atau berdasarkan variannya.

Nah, berikut adalah beberapa lovebird biola hasil persilangan yang dapat kita jumpai di Indonesia, antara lain:

  • Lovebird biola green
  • Lovebird biola biru
  • Lovebird biola parblue
  • Lovebird biola euwing
  • Lovebird biola lutino
  • Lovebird biola merah
  • Lovebird biola fallow
  • Lovebird biola fischeri

Baiklah, langsung saja kita masuk dalam penjelasan lengkap lovebird biola beserta dengan gambar penampakannya.

Aneka Varian Lovebird Beserta Penjelasannya

1. Lovebird biola green

sumber: tumblr.com

Lovebird biola green adalah jenis lovebird standart yang memiliki ciri bulu di bagian kepala berwarna merah terang sedangkan bulu pada tubuhnya berwarna hijau dengan motif batik.

Lovebird jenis inilah yang dijuluki dengan sebutan lovebird green opaline. Harga jualnya mencapai rekor tertinggi lovebird yakni bisa mencapai hingga 28 juta rupiah.

2. Lovebird biola biru

sumber: facebook.com

Lovebird biola biru atau yang biasa disebut pula dengan lovebird biru opaline ini memiliki ciri special yang membedakannya dengan love bird biola yang lain.

Warna bulu kepalanya begitu khas yaitu putih bersih sable head atau kepala elang, sedangkan warna bulu tubuh dan sayapnya didominasi gradasi warna biru yang memikat.

3. Lovebird biola parblue

sumber: snap361.com

Lovebird parblue ini adalah lovebird biola yang cukup langkah di Indonesia, bukan saja karena jarang ditemui, namun biola parblue memang cukup sulit untuk diternakkan.

Proses persilangannya dikenal rumit dengan kemungkinan keberhasilan yang rendah. Namun jika Anda ingin mencoba mendapatkan anakan dari lovebird parblue ini, maka lakukanlah penyilangan antara anakan lovebird biola blue dengan lovebird biola parblue pastel betina.

4. Lovebird biola euwing

sumber: youtube.com

Apabila Anda menjumpai lovebird dengan bentuk anatomi bagian sayap belakangnya yang seperti hufruf V, maka dapat dipastikan bahwa lovebird tersebut adalah lovebird biola euwing.

5. Lovebird biola lutino

sumber: birdsplanet.com

Ciri khas dari lovebird lutino ini adalah warna bulu di kepala hingga lehernya yang didominasi oleh warna merah mengarah ke oranye cerah, sama halnya dengan lovebird blue, biola lutino juga memiliki bentuk kepala sable.

Warna tubuh serta sayapnya kuning bersih dengan ujung sayap bercorak putih, sedangkan ujung ekornya merupakan gradasi dari warna kuning dan oranye.

6. Lovebird biola merah

sumber: bolee.com

Satu lagi lovebird biola yang menawan hati dengan varian warna bulunya yang unik. Biola merah dikenal dengan ciri hamper seluruh bagian tubuhnya berwarna merah.

Oleh sebab itulah, biola jenis ini cukup langkah utamanya di Indonesia. Adapun info mengenai cara penyilangannya juga masih minim.

7. Lovebird biola fallow

sumber: youtube.com

Lovebird biola fallow sekilas mirip dengan lovebird merah. Namun yang membedakan keduanya adalah dominasi warna merah pada kepala biola fallow akan melebar ke arah dada.

Dilanjutkan dengan warna kuning pada tubuhnya yang bersanding dengan semburat warna hijau samar.

8. Lovebird biola fischeri

sumber: youtube.com

Lovebird biola fischeri ini sebenarnya masih termasuk dalam golongan lovebird biola green standart.

Yang membedakan keduanya adalah batas warna merah di kepala lovebird biola fischeri lebih tegas dan bentukknya seperti kepala elang (sable head).

Itulah 8 jenis lovebird biola yang terkenal di Indonesia, namun apabila Anda selidiki lebih lanjut, maka hasil mutasi dari lovebird biola dan opaline sangatlah banyak. Berikut ini adalah daftarnya.

Hasil Mutasi Lovebird Biola atau Opaline

sumber: pinterest.com
  1. Lovebird Green Ino Opaline
  2. Lovebird Green Opaline
  3. Lovebird Green Euwing SF Edge Opaline
  4. Lovebird Green Euewing SF Opaline
  5. Lovebird Green Dominant Edge Opaline
  6. Lovebird Euwing SF Dark Turquise Opaline
  7. Lovebird Stay Turquoise Opaline
  8. Lovebird Edge Euwing Violet Turquise Opaline
  9. Lovebird Turquise Opaline Euwing
  10. Lovebird Turquise Violet Opaline
  11. Lovebird Turquise Opaline
  12. Lovebird Turquise Violet DF Opaline
  13. Lovebird Turquise Dark Violet (SF) Opaline
  14. Lovebird Turquise Dark Opaline
  15. Lovebird Euwing SF Violet Opaline
  16. Lovebird Euwing DF Violet Oplaine
  17. Lovebird Euwing DD Violet Oplaine
  18. Lovebird Euwing DD Blue Ovaline
  19. Lovebird Euwing D Blue Ovaline
  20. Lovebird DD Blue Opaline
  21. Lovebird Blue Opaline
  22. Lovebird Slaty Blue Opaline
  23. Lovebird SF Violet D Blue Oplaline
  24. Lovebird D Blue Opaline
  25. Lovebird Blue Violet Opaline

Ket. muatasi:

  • Turquoise = Parblue
  • DD Blue = Mauve
  • Edge = Spangle
  • Ino Green = Lutino
  • Ino Blue = Albino
  • Ino Torquoise = Creamino

Mutasi atau hasil kawin silang lovebird memang banyak dan menghasilkan varian baru yang berbeda-beda. Kendati demikian, warna bulu dari jenis-jenis lovebird tersebut hampir sama.

Oleh sebab itulah dibutuhkan kejelian serta pengetahuan yang mendalam bagi para breeder maupun pecinta lovebird.

Karena pengetahuan serta pengalaman tersebutlah sangat berpengaruh untuk menentukan keberhasilan penangkaran lovebird biola itu sendiri.

Cara Menghasilkan Anakan Lovebird Biola

Penjelasan lengkap seputar lovebird biola tentu dirasa kurang apabila tidak membahas tentang cara mengahsilkan anakan dari burung eksotis nan mahal ini.

Maka penjelasan mengenai teknik penangkaran lovebird biola adalah sebagai berikut:

Untuk mendapatkan anakan lovebird biola, pastikan Anda memiliki indukan lovebird biola dengan jenis kelamin pejantan. Sedangkan untuk betinanya dapat diambilkan dari jenis lovebird laninnya yang kemingkinan menghasilkan lovebird biola.

Apabila Anda telah berhasil menangkarkan lovebird biola ini, maka keuntungan besar telah menunggu Anda. Bagaimana tidak, harga lovebird biola di pasaran hingga kini masih melambung tinggi.

Berikut adalah daftar singkat dari harga beberapa lovebird yang berhasil kami himpun. Harga ini tentu saja tidak dapat menjadi patokan, karena harganya dapat berubah sesuai dengan permintaan pasar.

  • Lovebird biola green > Rp. 28 jt
  • Lovebird biola blue > Rp. 15 jt
  • Lovebird biola parblue > Rp. 13 jt
  • Lovebird biola euwing > Rp. 15 jt
  • Lovebird biola lutino > Rp. 11,5 jt
  • Lovebird biola merah > Rp. 12 jt
  • Lovebird biola fallow > Rp. 15 jt
  • Lovebird biola fischeri > Rp. 28 jt

Hingga kini harga lovebird biola memang masih bikin geleng-geleng kepala, namun melalui penjelasan lengkap seputar lovebird biola yang kami sampaikan ini, diharapkan mapu menjadi bahan pertimbangan bagi Anda yang ingin mengoleksi burung cantik ini.

Terima kasih atas kunjungan Anda, silahkan sampaikan kritik, saran, atau pertanyaan pada kotak komentar yang telah kami sediakan.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here