burungmaster.com

Temukan Beragam Informasi
Seputar Burung Kicauan Disini

Penyakit Tetelo Pada Burung dan Cara Pengobatannya

Penyakit tetelo adalah penyakit yang akrab dengan unggas seperti ayam. Ayam yang terjangkiti pun biasanya adalah ayam yang berada di peternakan ayam potong maupun ayam petelur. Meskipun demikian, tetelo juga dapat menjangkiti burung yang Anda rawat. Ciri khas penyakit tetelo ini adalah kepala memutar, leher terpelintir, dan kaki lemas atau sempoyongan. Pada kepala memutar juga terkadang berupa kepala yang lemas hingga jatuh ke samping.
Sampai saat ini, belum ada yang bisa memastikan penyebab penyakit ini. Namun demikian, beberapa pecinta burung dan unggas membagikan pengalaman sehingga dapat menjadikan referensi agar penyakit tetelo tidak menjangkiti burung yang kita rawat. Menurut pengalaman, bisa jadi, penyakit ini terjadi karena virus atau bakteri yang menyerang organ keseimbangan pada burung sehingga sempoyongan dan berputar. 
Penyakit tetelo pada burung ditandai dengan leher terpelintir, kaki sempoyongan. Penyakit ini belum memiliki obat yang pas, karena itu perawatan yang baik dan sehat bisa dilakukan.
Sumber gambar : www.suarakicauburung.com
Dengan melihat kenyataan itu, kita harus senantiasa menjaga kebersihan kandang dan pakan yang kita berikan. Beberapa jenis virus dan bakteri akan mati karena sinar matahari, oleh karena itu, perlu dilakukan penjemuran secara rutin baik burung, kandang, juga kandang umbaran yang kita miliki. Selalu berikan makanan sehat dan minuman yang matang sehingga kontaminasi bakteri bisa diminimalisir.
Selain virus dan bakteri, kontaminasi jamur juga bisa menjadi penyebab berbagai penyakit pada burung. Untuk itu kita harus menjaga agar lingkungan agar tidak lembab, sehingga jamur tidak bisa tumbuh. Selain itu, sirkulasi udara yang baik akan membuat kandang menjadi lebih kering dan burung akan menjadi lebih sehat. 
Selain karena jamur, virus, dan bakteri penyakit tetelo juga dimungkinkan karena burung yang kita rawat mengalami kurang nutrisi. Nutrisi yang dibutuhkan merupakan kebutuhan dasar agar burung dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Maka dari itu, pemberian gizi yang berimbang sangat diperlukan. Gizi yang berimbang bisa didapatkan dengan memberikan variasi makanan yang tepat dan seimbang dengan porsi yang mencukupi.  
Pemenuhan kebutuhan makanan bukan hanya untuk membuat burung menjadi gendut atau banyak makan. Namun lebih kepada mencukupi kebutuhan gizi sehingga burung bisa lebih prima dan dapat beraksi dengan baik. Kebutuhan burung juga meliputi kebutuhan akan vitamin dan mineral yang terdapat pada makanan tambahan. Tidak disarankan untuk memberikan dopping kepada burung karena burung akan merasa terus prima dan tidak sadar kalau dia lapar sehingga asupan gizi yang dibutuhkan tidak terpenuhi dengan baik.
Penyakit Tetelo Pada Burung dan Cara Pengobatannya
Super N (kiri) dan Anti saraf (Kanan) untuk pengobatan tetelo pada burung

Update Oktober 2016 untuk Pengobatan Tetelo pada burung, waktu kemarin sedang brwosing di laptop dan waktu itu tidang sengaja membuka facebook dan ada yang tanya mengenai pengobatan burung yang terkena tetelo sontak saja saya selaku orang yang belum tau ikut mengamati tangapan tangapan mastah yang ada di grup tersebut dan sekiatar jam 6 sore saya buka fb lagi dan ada komentar yang cukup menarik perhatian saya yakni tentang pengobatan burung yang terkena tatelo yang intinya kurang lebih untuk mengobati penyakit tatelo tersebut anda bisa memberikan Super N Putih sebanyak 5 tetes  dan kemudian setelah 15 menit diberi anti saraf sebanyak 4 tetes kemudian krodong dan tinggal berdoa semoga burung kesayangan anda bisa sembuh

Penyakit Tetelo Pada Burung dan Cara Pengobatannya | Burungmaster | 4.5