Penyebab Burung Lovebird Lumpuh Secara Tiba-Tiba

Penyebab burung lovebird lumpuh secara tiba-tiba – Selamat datang kembali di burungmaster.com, situs terpercaya bagi Anda para penghobi burung. Masih tentang burung cinta alias lovebird, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai beberapa hal yang menyebabkan kelumpuhan burung secara mendadak.

Fenomena ini ditandai dengan kondisi burung yang tiba-tiba lemas, lemah di dasar sangkar seperti lumpuh. Mekipun jika diberi makan, sang burung tetap mau menyantapnya.

Penyebab Burung Lovebird Lumpuh

Gambar burung lovebird
Gambar burung lovebird

Apa yang biasa menjadi pemicunya? Salah satu yang paling utama adalah lovebird yang kekurangan asupan kalsium dan mineral.

Kurangnya jumlah mineral dalam tubuh lovebird akan membuat kondisi burung menjadi ngedrop. Sebab tanpa mineral yang cukup, tubuh tidak akan mampu menyerap atau mengolah vitamin dan sari makanan lainnya.

Disamping itu, sistem pencernaan serta metabolisme tubuh lovebird pun akan terganggu.

Lebih lanjut, lovebird akan mengalami anemia / kurangnya sel darah merah yang membuat burung tidak bertenaga dan akibatnya burung terlihat seperti lumpuh.

Penanganan Lovebird Lumpuh

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Obati terlebih dahulu anemia lovebird dengan memberikan asupan viatmin B12. Karena tidak ada obat B12 tunggal, maka dapat diganti dengan vitamin Bkomplex. Atau multivitamin lain yang terdapt kandungan B12 di dalamnya.
  • Berikan suplai makanan dengan gizi tinggi saat pengobatan tengah berlangsung
  • Selama lovebird masih mau makan, usahakan memberi asupan nutrisi yang baik dan cukup agar kondisi burung cepat pulih. Berikan multivitaminnya dengan cara mencampurkan pada makanan.
  • Hindari mencampurkan multivitamin pada air minum, karena asupan vitamin yang akan masuk hanya sedikit saja.
  • Usahakan dalam setiap pemberian pakan maupun obat kita tidak memegang burung. Kondisi burung yang masih drop akan membuatnya mudah tersentak (karena tidak punya labirin) dan mengakibatkan kematian.
  • Untuk memberi makan burung, pakailah injeksi / spet yang ujungnya diganti dengan selang kecil.
  • Teteskan sumber nutrisi atau pakan yang dikonsumsi burung tersebut di atas paruh agar ada asupan gizi maupun multivitamin yang masuk ke dalam mulut burung.
  • Hindari menekan dada ketika burung sedang sakit, karena akan berpotensi membuat burung tersedak dan mengakibatkan kematian yang tidak kita harapkan.

Mengobati burung yang sedang sakit atau terganggu kesehatannya memang butuh ketelatenan serta kesabaran.

Namun jika berhasil memulihkan kondisi burung, tentu hal tersebut menjadi kelegaan dan kesenangan tersendiri.

Lakukan pencegahan dengan memberikan pakan bergizi serta tambahan multivitamin agar kondisi burung selalu prima dan tidak mudah ngedrop.

Kenali penyebab burung lovebird lumpuh secara tiba-tiba agar kita dapat melakukan langkah pengobatan yang tepat.

Terima kasih telah berkunjung, jangan sungkan untuk memberikan kritik atau saran yang berguna bagi kemajuan situs ini. Silahkan baca artikel menarik lainnya seputar burung peliharaan atau download beragam suara masteran burung pada halaman yang telah tersedia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here