Perawatan Burung Anis Kembang dan Solusi Anis Kembang Macet Bunyi

0

Jika Anda berminat untuk membeli burung anis kembang, maka usahakan membeli yang berasal dari breeder, karena selain sudah jelas asal-usulnya.

Cara merawat burung anis kembang hasil tangkaran jauh lebih mudah dari pada anis kembang hasil tangkapan hutan. Burung hasil penangkaran juga dikenal lebih jinak serta lebih mudah untuk dilatih karena sedari awal sudah terbiasa dengan pemasteran.

Bhal tersebut erbeda dengan anis kembang hasil tangkapan hutan yang masih liar dan butuh proses penjinakan terlebih dahulu sebelum dimaster. Tapi tidak perlu khawatir, berbekal kesabaran dan ketelatenan dalam perawatan, Anda bisa menjadikan anis kembang hutan menjadi burung yang handal dalam berkicau.

Cara Merawat Burung Anis Kembang

Gambar anis kembang
Gambar anis kembang

Seperti yang telah kami singgung di atas, proses penjinakan merupakan kunci pertama yang harus kita lakukan dalam pemeliharaan anis kembang bakalan, keterangan serta langkah-langkah perawatan selanjutnya bisa disimak sebagai berikut.

Proses penjinakan

Ada baiknya untuk mengkerodong sangkar hingga tiga hari pertama agar anis kembang dapat lebih mengeksprolasi daerah kekuasaan barunya dengan tenang. Hindarkan meletakkan burung di tempat yang ramai atau menjadi akses hilir mudik bagi manusia atau binatang.

Selepas itu, kerodong dapat dibuka dan burung digantang pada tempat Anda biasa menggantang burung. Bagaimanapun, burung memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya agar jinak dan memiliki rasa nyaman sehingga cepat berbunyi.

Penting pula untuk memperhatikan keadaan kandang atau sangkar yang akan ditempati, terlebih jika yang digunakan adalah sangkar bekas burung lain. Beberapa burung tidak mau jika harus menempati sangkar bekas burung lain apalagi jika masih tersisa kotoran atau bulu-bulunya. Sebaiknya sangkar bekas tersebut dibersihkan dahulu sebelum digunakan.

Perawatan harian

Jika burung anis kembang yang anda rawat bisa dikatakn sudah jinak berikut contoh pola perawatan burung anis kembang yang bisa kamu jadikan contoh ataupun acuan.

Pemberian pakan

Perawatan harian dapat dilakukan dengan memberikan pakan yang bernutrisi serta ekstra fooding yang cukup. Para kicau mania biasanya akan membatasi pemberian voer karena berbagai nutrisi dan protein sudah didapat dari buah-buahan yang diberikan setiap hari.

Cara memandikan

Anis kembang adalah burung yang cukup senang bersolek, oleh karena itu memandikan burung ini secara rutin dapat memancing burung untuk lebih sering berbunyi. Berikan terapi mandi malam setidaknya 2 – 3 kali dalam satu minggu pada pukul 19.00 – 20.30. Mandi malam dapat menurunkan tensi stress burung terutama yang masih bakalan. Selepas mandi berikan ekstra food berupa cacing atau kroto sebanyak satu sendok teh sambil diangin-anginkan.

Pengembunan

Saat melakukan proses pengembunan, pastikan peneragannya cukup karena beberapa burung akan menjadi liar jika menemui situasi gelap di sekitarnya. Berikan pakan berupa cacing tanah sebanyak 1 ekor dan kroto sebanyak satu sendok teh. Selepas itu burung dapat menjalani perawatan harian seperti biasa.

Penggantangan

Burung anis kembang lebih menyukai tempat yang sejuk dan lembab, karena itu, sebaiknya Anda menggantang burung di tempat yang tidak terlalu panas seperti di bawah pohon rindang, atau yang berdekatan dengan kamar mandi.

Selain senang bersolek, burung anis kembang terkadang juga menampakkan sikap manja pada pemiliknya.

Sikap manja ini ditunjukkan dengan cara tidak mau berkicau lagi alias macet bunyi, guna menyelidiki kebenaran tersebut, mintalah tetangga Anda untuk mencoba menggoda sang burung. Apabila anis kembang menyahut, berarti ia memang sedang manja.

Namun apabila sang burung tetap tidak mau berkicau, sudah jelas bahwa burung Anda sedang mengalami macet bunyi.

Cara Menangani Anis Kembang Macet Bunyi

Anis kembang macet bunyi
Anis kembang macet bunyi

Lakukan trik berikut ini untuk mengembalikan peforma anis kembang yang macet bunyi

Tempatkan kembali anis kembang yang sedang mogok bunyi tersebut di ruangan yang tenang dan sejuk. Sebisa mungkin jauhkan dari burung betina atau burung lain yang gacor.

Berikan pakan dengan porsi lebih seperti 3 ekor jangkrik di pagi hari dan 4 ekor di sore hari. Lengkapi dengan pemberian aneka buah seperti apel, pisang, mangga, dan jeruk yang diletakkan pada satu cepuk.

Pemberian ekstra fooding seperti ini dapat meningkatkan nfsu makan serta menambah vitamin agar burung menjadi lebih tenang dan nyaman.

Berikan terapi mandi malam, lalu diangin-anginkan. Saat proses pengangin-anginan tersebut berikan 1 ekor cacing yang sudah dipotong-potong menjadi tiga. Setelah bulunya kering, sangkar dapat dikerodong kembali agar burung dapat beristirahat dengan baik.

Pengembunan juga baik dilakukan untuk memulihkan peforma sang burung, selepas pengembunan, burung dapat diangin-anginkan selama ½ jam. Keluarkan burung pada pukul 03.00 – 04.00 sambil diberikan 1 ekor cacing yang sudah dipotong-potong dan 1 sendok kroto.

Sering-seringlah menggoda anis kembang untuk memancing birahinya atau bisa juga dilakukan dengan memutar suara burung anis kembang betina dengan volume lebih kecil.

Lengkapi terapi diatas dengan pemberian suplemen yang tepat bagi burung untuk memulihkan kembali kondisinya seperti sedia kala.

Kesimpulan

Proses pendekatan dan adaptasi terhadap lingkungan baru merupakan langkah awal yang harus diambil untuk menaklukkan anis kembang bakalan.

Jika perawatan-perawatan tersebut telah Anda lakukan dengan baik, maka tidak lama burung anis kembang milik Anda akan gacor serta bersuara ngerol seperti yang diidamkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here