Perbedaan Kenari Jantan dan Betina Lengkap dengan Gambar

Perbedaan Kenari Jantan dan Betina – salah satu ciri kenari jantan adalah memiliki bentuk kepala berbentuk datar / lebih pipih,  ciri kenari jantan yang lain adalah kurang lebih pada umur 5 bulan warna pada burung kenari jantan lebih kontras pada bagian dekat kepala. sedangkan untuk ciri kenari jantan pada usia 6 sampai 7 hari perhatikan dan amati mata pada burung kenari jika mata burung kenriari tersebut sejajar dengan paruhnya bisa dipastikan jika burung tersebut adalah kenari jantan.

Burung Kenari pada dasarnya dapat dibedakan antara jenis jantan dan betinanya melalui beberapa hal dan akan lebih mudah membedakannya ketika burung sudah dewasa, selain fisik bisa juga di bedakan dari tingkah laku burung kenari. Kenari adalah salah satu jenis burung yang paling banyak dipelihara karena dianggap memiliki keindahan suara dan keunikan fisik yang cukup menarik. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika permintaan akan jenis burung ini terbilang cukup tinggi.

Perbedaan Fisik Kenari Jantan dan Betina

 

Diantara berbagai perbedaan antara burung Kenari jantan dan betina, membedakannya berdasarkan ciri-ciri fisik dan tingkah laku adalah cara yang paling mudah untuk Anda lakukan. Apa sajakah perbedaan tersebut? Simaklah ulasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

Warna Bulu

Burung Kenari jantan memiliki warna bulu yang lebih terang dibandingkan dengan betinanya. Ciri fisik yang pertama ini pastinya cukup membantu Anda mengenali perbedaan antara jenis jantan dan betina terutama jika Anda masih awam terkait dengan burung Kenari.

kenari jantan dan betina

Postur dan Bentuk Kepala

Selain dilihat dari bulunya, Anda juga bisa mengetahui perbedaan keduanya dari postur burung tersebut. Burung Kenari yang memiliki jenis kelamin jantan memiliki postur tubuh yang cenderung lebih ramping dan terlihat lebih tegak. Hal ini sesuai dengan karakter pejantan yang tegas bukan? Oleh karena itu, Anda dapat langsung mengenalinya terutama saat burung Kenari sedang bertengger. Ciri-ciri fisik tersebut sangat berbeda dengan burung Kenari betina yang memiliki postur tubuh cenderung lebih besar dan tidak tegap saat bertengger. Kemudian Posisi mata juga bisa di jadikan tolak ukur, anda bisa melihat gambar di bawah ini untuk melihat perbedaannya.

posisi mata kenari

Anda juga dapat mengamati perbedaan antara burung Kenari jantan dan betina melalui bentuk kepalanya. Burung Kenari yang berjenis kelamin betina, pada umumnya memiliki bentuk kepala kecil namun terlihat bulat. Hal ini cukup berbeda dengan burung Kenari jantan yang bentuk kepalanya tidak terlalu kecil sehingga terlihat lebih proporsional. Itulah beberapa ciri-ciri fisik yang dimiliki oleh burung Kenari jantan dan betina yang dapat membantu Anda untuk membedakan kedua jenisnya. Jika Anda masih belum yakin, berikut ini Anda dapat mengamati perbedaan tingkah lakunya.

TIngkah Laku Kenari

Burung Kenari jantan biasanya memiliki tingkah laku yang cenderung lebih agresif. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan pejantan yang lebih sering mendekati betinanya. Tingkah laku ini sangat berlawanan dengan sang betina yang lebih sering menghabiskan waktu dengan membangun sarangnya. Selain itu, tingkah laku dari burung Kenari jantan yang dapat membantu Anda mengenalinya adalah pejantan sering melolohkan makanan kepada sang betina dengan menggunakan paruhnya. Berdasarkan tingkah laku ini pastinya Anda dapat membedakan dengan mudah kedua jenisnya bukan?

Kloaka / Anus Kenari

anus kenari jantan dan betina

jika masih belum bisa menemukan juga burung kenari jantan maka simak ciri ciri kenari jantan yang selanjutnya adalah jika di amati pada dubur / anusnya burung kenari jantan pada umumnya memiliki bentuk anus / dubur yang cenderung memenjang.

Sedangkan untuk kenari betina pada umumnya memiliki bentuk dubur / anus yang lebar dan tidak memanjang.  masih kuarang jelas dalam membedakan burung kenari jantan dan betina ?

Sedangkan untuk jenis betinanya, Kloaka yang dimiliki memiliki warna yang terlihat lebih merah. Perbedaan ini tentunya semakin membuat Anda yakin bukan manakah jenis jantan dan betinanya? Jadi mulai saat ini Anda dapat mengetahui perbedaan yang terdapat pada burung Kenari tanpa perlu bertanya dan merasa bingung lagi.

Kesimpulan

Dari pembahasan mengenai perbedaan antara kenari jantan dan betina di atas. Secara garis besar bisa anda lihat di tabel di bawah ini.

PembedaKenari JantanKenari Betina
WarnaTidak Bisa dijadikan tolak ukurTidak Bisa dijadikan tolak ukur
UkuranLebih panjangLebih Bulat
Kepalaposisi mata sejajar dengan paruhPosisi mata tidak sejajar dengan paruh
KloakaMemanjangMelebar

Gambar Kenari Jantan dan Betina

ni saya tambahkan gambar ciri ciri kenari jantan, yang saya peroleh dari googeling dan berbagi sumber :

kenari jantan betina
Seperti yang saya jelaskan di atas, salah satu ciri kenari jantan
adalah letak matan kenari jantan sejajar dengan paruhnya
kenari jantan
Untuk ciri kenari jantan terlihat bentuk anusnya lebih menonjol dan panjang jika di bandingkan dengan kenari betina
ilustrasi untuk memperjelas ciri ciri kenari jantan

Kenapa kita harus tau ciri kenari jantan ? satu karena kenari jantan pada umunya memiliki suara yang lebih bagus dengan betina, kemudainmanfaat lain mengetahui ciri kenari jantan adalah jika kitainggin ternak kenari. jika anda penasaran dengan suara burung kenari jantan silahkan klik link download suara burung kenari di bawah ini :

Perlu Anda ketahui bahwa berbagai perbedaan baik pada ciri-ciri fisik maupun tingkah laku yang terdapat pada burung Kenari jantan dan betina ini pada umumnya dimiliki oleh burung yang sudah menginjak usia 7 bulan dan siap memasuki masa kawin. Sedangkan untuk burung Kenari yang memiliki usia dibawahnya biasanya ciri-ciri yang dapat Anda amati cukup berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *