Perkutut Mutiara Si Cantik Dari Australia

0

Perkutut Mutiara (Geopelia Cuneata) dalam bahasa Inggris disebut dengan nama Diamond Dove merupakan burung endemic Benua Australia. Kedatangan bangsa Eropa di Australia pada abad awal 19 membuat burung ini popular di sejumlah negara Eropa. Berbeda dari jenis burung perkutut pada umumnya, burung ini memiliki corak yang menarik dan ukuran tubuh yang relative kecil bila dibandingkan dengan jenis burung perkutut pada umumnya.

Perkutut mutiara dikenal dengan kecantikan bulunya yang memiliki warna yang menarik. Warna pada bulu yang cantik dapat dikembangkan dengan melakukan penyilangan sehingga akan memunculkan warna dan corak yang baru. Saat ini, telah ada sekitar 27 jenis warna yang dihasilkan dari hasil penyilangan yang dilakukan oleh para penangkar burung jenis ini. Selain warna-warnanya yang menarik dan gampang disilangkan dengan perkutut jenis lain, burung ini juga disukai sebagai klangenan. Burung perkutut mutiara juga cocok dijadikan baby sitter bagi piyik-piyik perkutut lain atau burung derkuku.

Perkutut mutiara ( Geopelia Cuneata )berasal dari Australia. Memiliki tubuh lebih mungil daripada perkutut local atau Bangkok. Cara penangkaran dan perkembangbiakan burung ini termasuk mudah.

Perkutut Mutiara atau dikenal juga dengan Perkutut Australia merupakan jenis burung perkutut yang memiliki tubuh kecil. Perkutut jenis ini merupakan burung yang memiliki perawakan terkecil dari jenis burung perkutut yang ada. Panjang ukuran tubuh dewasa mencapai sekitar 19 cm hingga 20 cm saja dan berat badannya berkisar antara sekitar 23 gram hingga 32 gram. Adapun suara perkutut ini lembut, halus dan merdu, maka tidak heran burung ini banyak disukai oleh para penggemar burung.

Mengenal Lebih Dekat Bubut-Pacar Jambul

Agar burung perkutut Australia Anda sehat, sama seperti burung peliharaan lainnya, ia membutuhkan perawatan yang baik. Pakan yang disukai burung ini diantaranya campuran antara beras merah, gabah dan biji-bijian. Agar pencernaannya lebih sehat, sekali waktu burung ini juga bisa diberi pakan tulang sotong dan grit. Tidak lupa, Anda musti rajin mengganti setiap hari air putih bersih untuk minum burung tersebut. Kebersihan kandang juga harus selalu dijaga agar burung tak gampang kena penyakit.

Pada dasarnya, burung ini suka tempat yang teduh dan udara sejuk. Jadi, jika Anda ingin menjemurnya, lakukan secukupnya saja sekedar untuk menjaganya tetap sehat. Burung ini juga senang dimandikan, baik itu dengan semprot atau dengan cara dipegang. Proses memandikan burung juga termasuk salah satu cara agar burung cepat jinak kepada pemiliknya. Jika Anda ingin mengembangbiakkan burung perkutut Australia, pilihlah dari jenis indukan yang bagus dan sehat tanpa cacat.

Penangkaran atau pengembangbiakan perkutut mutiara ini belum terlalu banyak dilakukan orang, karena itu kadang burung ini juga susah dijumpai di pasar-pasar burung. Padahal burung ini termasuk jenis yang gampang cara penangkaran atau pengembangbiakannya. Proses penjodohan perkutut mutiara sama dengan jenis burung lainnya, yaitu dengan cara didekatkan selama beberapa hari sampai 2 minggu kemudian disatukan dalam sangkar breeding. Pada saat proses perkembangbiakan ini Anda bisa menambahkan makanan atau vitamin untuk kesehatan reproduksi dan kualitas anakan yang lebih sehat.

Jika proses kawin berhasil, burung akan bertelur 2 butir dan akan dierami selama dua mingguan. Baik jantan maupun betina sama-sama akan mengerami telur secara bergantian. Demikian juga jika telur sudah menetas. Kedua burung akan melolohi burung kecil mereka secara bergantian. Setelah berusia dua mingguan biasanya anak perkutut sudah bisa makan sendiri. Menarik bukan? Maka tak salah jika perkutut mutiara dijadikan induk asuh untuk bagi telur dan anakan burung lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here