burungmaster.com

Persamaan serta Perbedaan Burung Murai Batu yang Lokal dan Impor

Burung Murai Batu adalah salah satu jenis burung hias yang memang sudah sejak lama dikenal dan juga diminati oleh sebagian para pecinta burung-burung hias. Burung Murai Batu ini sebenarnya habitat aslinya KEBANYAKAN adalah di provinsi Sumatera dan Kalimantan, namun kemudian penyebaran habitatnya meluas hingga ke wilayah sekitarnya, seperti pulau Kalimantan dan juga Jawa. Sedangkan beberapa jenis Murai Batu yang dikenal unggul biasanya memang yang berada di sekitaran wilayah Sumatera, seperti Murai Batu Lampung, Murai Batu Aceh, dan Murai Batu Nias. Untuk jenis burung Murai yang berada di Kalimantan adalah Murai Batu Banjar dan Murai Batu Palangka, murai batu borneo Sedangkan di Pulau Jawa burung jenis ini dikenal dengan nama Larwo.
Murai Batu Sumatra
Murai
sumber : timkicau.com
Selain dari ketiga wilayah penyebaran tadi ternyata Burung Murai Batu juga ada yang berhabitat di luar Indonesia atau impor. Adapun bentuk dan karakteristik dari burung Murai Batu lokal dan impor sedikit banyak memiliki perbedaan dan beberapa kesamaan. Berikut ini adalah beberapa kesamaan dan juga perbedaan dari Murai lokal dan juga impor.
Persamaan
Persamaan antara Murai Batu Lokal dan Impor terletak pada ciri umum yang dimilikinya yaitu corak warna bulu-bulu yang indah, kicauan dan suaranya yang merdu, serta tampilannya yang tampak gagah. Burung Murai Batu memang terkenal dengan ketiga keistimewaan tersebut.

Perbedaan
Sedangkan untuk perbedaan antara burung Murai Batu Impor dan Lokal terletak pada ciri khas bentuk tubuh serta suaranya(walaupun dari suara mungkin hanya orang-orang tertentu yang bisa membedakan). Dari bentuk tubuh misalnya bentuk tubuh Murai Malaysia cenderung lebih bongsor atau lebih besar daripada Murai Batu Medan sekalipun yang memang terkenal memiliki bentuk tubuh yang atletis. Selain itu panjang ekor Murai Batu impor dan lokal juga berbeda terutama dengan salah satu jenis Murai yang berasal dari wilayah Thailand. 
Murai dari Thailand ini ada yang memiliki panjang ekor bahkan tiga kali dari panjang Murai Batu Jawa atau Larwo. Meskipun dari segi bentuk tubuh Murai impor terlihat lebih unggul namun dari segi kicauannya Murai Batu Lokal menurut saya lebih baik Murai impor, sebenarnya burung mura tidak hanya ada di indonesia saja akan tetapi juga ada di negara tetangga, jenisnya pun cukup beranekaragam misalnya saja Black Shama Yang berasal dari cebu Filipin ini :

Murai Hitam Asal Vietnam
Black Shama
sumber : http://focusingonwildlife.com/
untuk burung murai dari luar negeri lainya silahkan baca di : 
https://www.burungmaster.com/2014/03/murai-batu-luar-negri.html
Persamaan serta Perbedaan Burung Murai Batu yang Lokal dan Impor | Burungmaster | 4.5