Pemerintah melalui PERATURAN MENTERI LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 TENTANG JENIS TUMBUHAN DAN SATWA YANG DILINDUNG, ada sekitar 971 tumbuhan dan satwa yang dilindungi, beberapa di antaranya merupakan burung kicauan yang sering di pelihara dan dilombakan oleh kicaumania, diantaranya :

  1. Burung Murai Batu / Kucica hutan / Kittacincla malabarica
  2. Pleci jawa / Kacamata jawa / Zosterops flavus
  3. Pleci wallacea / kacamata wallacea / Heleia wallacei
  4. kacamata sangihe / Zosterops nehrkorni
  5. Jalak suren / Gracupica jalla
  6. Burung cucak ijo / Chloropsis sonnerati / cica daun besar /
  7. Cucak ijo sumatra / cica daun sumatera / Chloropsis venusta
  8. Cucak ijo mini / cica daun kecil / Chloropsis cyanopogon
  9. Burung celepuk jawa, biak, raja, sangihe, enggano, rinjani, dan lain lain
  10. Cucak rowo / Pycnonotus zeylanicus

Untuk informasi lebih lengkap mengenai daftar tumbuhan dan hewan yang dilindungi silahkan langsung lihat di halaman ini.

Gambar burung dilindungi
Gambar burung dilindungi

JIka dilihat wajar saja jika murai batu, pleci dan cucak ijo dimasukankedalam burung yang dilindungi. Hal ini tentu bukan tanpa alasan dalam beberapa tahun terahir popularitas burung pleci dan murai batu memang bisa dikatakan meningkat cukup tajam.

Gambar pleci wallaceii
Gambar pleci wallaceii

Burung pleci yang dulunya dilihat sebelah mata kini dianggap sebagai salah satu burung lomba yang memiliki kicauan yang bagus. Hal ini bisa dilihat jika dahulunya burung pleci bakalan di jual mulai dari Rp 2.000 – Rp 10.000 saat ini harga pleci bakalan sudah tembus lebih dari Rp 50.000, cuku tinggi bukan kenaikannya ?

Dengan harga bakalan dan permintaan pasar yang cukup tinggi tidak heran jika awalnya burung pleci bisa hidup bebas di alam kini mulai ditangkap dan di jual di pasaran. Penangkapan burung pleci ini juga tidak tangung-tangung hal ini bisa dilihat dari semakin berkurangnya jumlah burung pleci yang hidup di alam bebas.

Gambar murai batu
Gambar murai batu

Sedangkan untuk burung murai batu yang sudah lebih dulu tenar memang dulu kebanyakan merupakan burung tangkapan hutan. Akan tetapi Saat ini sudah banyak upaya dilakukan agar burung murai batu tetap lestari.

Jika anda perhatikan saat ini sudah cukup anyak orang yang menangkarkan burung murai batu di karenakan harga jualnya yang cukup mengirukan.  Selain itu saat ini beberapa lomba burung kelas murai batu juga mewajibkan burung murai yang dilombakan haruslah murai hasil penangkaran dan bukan hasil tangkapan hutan.

Gambar cucak ijo
Gambar cucak ijo

Sedangkan untuk burung cucak ijo saat ini saya rasa kebanyakan masih merupakan burung tangkapan hutan. Masih sedikit yang sukses menangkarkan burung ini, hal ini di karenakan menangkar burung cucak ijo bisa dikatan lebih sulit jika di bandingkan dengan menangkarkan kenari maupun burung lovebird.

Kesimpulan

Tentu sebagai kicaumania saya dan tim burungmaster juga merasa prihatin di karenakan populasi burung kicauan di alam bebas terus menurun. sudah selayaknya kita sebagai kicaumania juga harus berpartisipasi untuk menjaga agar burung-burung tersebut tidak punah. Maka dari itu tim burungmaster mengajak kicaumania semua untuk mulai belajar membudidayakan burung kicauan dan menjaga lingkungan sekitar.

6 KOMENTAR

  1. Akan lebih baik kalo ga cuma burung” itu yang dilindungi, akan lebih baik di buat upaya pencegahan agar burung lain juga tidak “habis” dulu baru kemudian dilindungi contoh kacer, anis merah, prenjak dan sirtu

  2. sip mantap jiwa, kalo burung dilindungi gini kan ntar penangkapan burung hutan akan berkurang, terus pada pindah semua ke burung hasil penangkaran secara tidak langsung pada penangkar burung juga di untungkan dengan hal ini

  3. solusinya bagaiamana om kalu saya sudah terlanjur memelihara burung murai batu ? takutnya tiba-tiba burung di datengin petugas dan kemudian di sita, kan sayang saya belinya juga lumayan mahal

  4. Burung prenjak dan sirtu akan lebih baik kalo ikut dilindungi, di tempat asal saya dulu kedua burung itu banyak banget tapi sekarang udah di tangkap sama pemikat burung.
    parah lah pokoknya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here