Poin Penting Penilaian Lomba Burung Lovebird

Penilaian Pada Lomba Burung Lovebird – ada beberapa poin penting yang di jadikan patokan dalam penilaian lomba burung lovebird yang akan di bahas lengkap di artikel ini.

Saya sarankan Anda memperhatikan beberapa hal yang biasa menjadi penilaian panitia perlombaannya. Secara umum, syarat penilaian biasanya dilihat dari hal berikut:

Irama dan Lagu

Gambar lovebird ngekek panjang
Lovebird terkenal sebagai burung yang ngekek, banyak dijadikan burung master. Untuk memancing suara ngekeknya, dapat dilakukan beberapa cara yang unik. (sumber IG : sandri_goestanto)

Saat melatih suara lovebird, pastikan kalau suaranya memiliki irama sebab ini masuk ke dalam penilaian. Irama yang bergelombang, atau berintonasi naik-turun-pelan-keras yag terus diulang adalah irama yang sebaiknya bisa dilakukan lovebird Anda.

Download Suara Lovebird Juara Ngekek 5 Menit Tanpa Putus

Nah kalau untuk lagu, yang dinilai biasanya murni dari suara ngekek nya. Atau bisa juga ditambahkan dengan suara isian lain tapi masih mempunyai suara ngekekan khas lovebirdnya.

Speed atau kerapatan lagu

Gambar burung lovebird
Gambar burung lovebird

Saya sarankan saat melatih lovebird, Anda juga harus melatih tingkat kerapatan lagu pada lovebirdnya. Idealnya untuk lagu tingkat kerapatannya sedang saja. Kalau terlalu rapat malah terdengarnya burung seperti sedang terburu-buru. Sementara kalau terlalu senggang juga tidak bagus karena malah akan terdengar patah-patah.

Volume

gambar burung lovebird
gambar burung lovebird

Dari segi volume juga sebaiknya Anda jangan menyepelekan kalau ingin menang. Perhatikan tebal tipisnya suara burung lovebirdnya. Biasanya kalau yang bersuara tipis dianggap kurang ideal. Tidak jarang juga ada saja lovebird yang biasa ngekek panjang tapi setelah didengarkan dari jarak dekat suaranya sangat lirih.

TIngkah Lovebird

Lovebird Ngekek
Lovebird Ngekek

Tingkah lovebird saat di arena lomba juga merupakan aspek penting yang tidak boleh di lupakan oleh kicaumania. TIngkah lovebird yang bagus adalah jika burung hanya aktif di tangkringan sambil negkek. sedangkan tingkah lovebird yang dinilai kurang bagus apabila LB sering berterbangan kesana kemari sambil ngeruji / hinggap di jeruji kandang.

Masih ada penilaian lainnya, namun yang lebih ditekankan dari segi suara adalah 5 penilaian di atas. Jadi kalau ingin menang, saya sarankan usahakan burung lovebird Anda bisa memenuhi 5 hal di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here