Ragam Burung Murai Batu Ekor Hitam

Burung Murai Blacktail sudah banyak dikenal sejak lama oleh kalangan para pecinta burung hias, hanya saja jenis Murai ekor putih lebih terkenal daripada Murai jenis ekor hitam. Murai ekor putih ini lebih dikenal daripada Murai Blacktail karena lebih sering memenangkan kontes-kontes atau perlombaan burung hias. Namun beberapa waktu terakhir ini Burung Murai Batu Ekor Hitam atau Blacktail ini juga sudah cukup menjadi perhatian para pecinta burung hias. 
Dengan mulai banyaknya yang tertarik dengan jenis burung yang satu ini Anda juga mungkin perlu mengetahui apa saja ragam dan jenis dari burung murai batu blacktail atau ekor hitam ini. Jenis burung murai batu ekor hitam ini sebenarnya berasal dari wilayah Sumatera, lebih tepatnya di daerah Sumatera utara. Namun seiring dengan berjalannya waktu, penyebaran habitat burung murai batu ekor hitam meluas hingga daerah sekitar Sumatera Utara, suara yang dimilikoinya pun bisa dikatanan cukup merdu dan enak di dengar, jika anda berminat mendengarkan suara burung murai anda bisa mengunduhnya disini 
Pembagian jenis dan ragam burung murai batu blacktail atau ekor hitam banyak dikategorikan berdasarkan wilayahnya:
Murai Batu Nias: berhabitat di wilayah Nias dan sekitarnya, panjang ekornya sekitar 20 hingga 26 cm dengan warna hitam yang elegan, nemtuk tubuh pada umumnya walaupun lumayan kecil dan ekor yang lumayan pendek juga burung murai nias ini juga memiliki banyak penggemar, dan merupakan salah satu burung murai batu yang paling laris dan memiliki harga jual yang menarik pula.
Murai Batu Nias
Murai Batu Nias
sumber gambar : kicaumania.or.id
Murai Batu Sinabang: berhabitat di pulau Semeuleu, ukuran panjang ekornya termasuk yang paling pendek dibandingkan dengan jenis burung murai batu ekor hitam yang lain yaitu 18 – 23 cm, dan juga memiliki warna hitam mulus di ekornya walapun mungkin ada beberapa yang memeiliki warna agak putih walaupun tidak terlalu jelas.
 Murai Batu Sinabang
Murai Batu Sinabang
Murai Batu Lasia: berhabitat di wilayah sekitar Pulau Lasia, Aceh. Sedangkan panjang ekornya dapat mencapai hingga 25 centimeter, dibagian ekornya terdapat sedikit noktah putih di ujung ekor
Murai Batu Lasia
Murai Batu Lasia
Murai Batu Pagai / Mentawai : berhabitat di sekitar kepulauan Mentawai, panjang ekornya sama dengan panjang ekor yang dimiliki oleh jenis Murai Batu Nias namun warnanya hitam dengan tanpa balak. 
Gambar / Foto Belum Tersedia
Murai Batu Sabang: sesuai dengan namanya habitat jenis burung Murai blacktail yang satu ini berada di wilayah Sabang dan juga sekitarnya, ia memiliki ekor yang cukup panjang dan sebenarnya cukup mirip dengan murai lampuyang akan tetapi memiliki ekor yang lebih panjang. 
Murai batu sabang
Murai Batu Sabang
sumber : omkicau.com
Murai Batu Lampuyang: Jenis burung Murai blacktail atau ekor hitam yang satu ini berhabitat di wilayah Lampuyang Aceh, keistimewaannya terdapat pada warna-warni tubuhnya yang berupa 6 balak berwarna putih, dan juga tiga pasang bulu berwarna hitam, serta warna orange tubuhnya. 
Murai batu lampuyang
Murai Lampuyang
sumber : omkicau
untuk informasi lebih lengkap mengenai gambar / foto murai ekor hitam bisa di lihat di url di bawah ini :
https://www.burungmaster.com/2014/10/murai-ekor-hitam-black-tail.html
Beberapa ragam dan juga jenis burung Murai Batu Blacktail ekor hitam di atas semoga sedikit banyak dapat menambah wawasan Anda tentang jenis burung kicauan yang satu ini.