Ragam Ciri Merpati Tinggian Berkualitas Yang Perlu Anda Perhatikan

0

Ciri Merpati Tinggian Berkualitas – Merpati tinggian adalah salah satu jenis burung merpati yang cukup banyak digunakan dalam berbagai perlombaan. Hal ini berkaitan dengan burung tersebut yang memiliki kemampuan untuk terbang serta mendarat dengan lebih tepat pada tempat yang telah disediakan.

Karena itulah burung ini pun seringkali menjadi juara perlombaan. Maka tidak perlu heran jika burung ini banyak dicari oleh para pecinta burung. Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan jenis burung tinggian yang berkualitas, maka sebaiknya Anda kenali dulu beberapa ciri yang dimilikinya berikut ini :

Ciri Merpati TInggian Berkualitas

Merpati tinggian berkualitas
Merpati tinggian berkualitas (sumber : http://burungmerpatilampung.blogspot.co.id)

Ukuran kepala dari burung merpati yang bagus umumnya nampak lebih besar, hal ini ditandai dengan batok kelapa dari bagian depannya yang juga nampak lebih tinggi dari bagian belakang atau sering pula disebut nonong. Jenis burung dengan bentuk kepala seperti ini dikenal dengan kemampuan turun yang lebih cepat serta bagus, bahkan jarak kemiringannya dapat mencapai 90 derajat.

Bentuk Paruh

Untuk bentuk paruh yang bagus umumnya tampil runcing, dan ukuran yang dimilikinya pun tidak terlalu besar serta tidak terlalu runcing pula.

Mata Merpati

mata merpati
Ragam mata merpati (sumber : http://infomerpati.blogspot.co.id)

Ciri selanjutnya juga dapat Anda lihat dari mata yang dimiliki burung tersebut yang mana terlihat kering, jernih, seperti mengandung kaca di bagian dalamnya. Selain itu pupil mata yang dimilikinya berwarna hitam pekat serta responsif akan cahaya

Leher

Sementara bentuk lehernya justru nampak panjang dan tegap serta memiliki bagian tulang yang kuat.
Untuk merpati yang bagus, ia memiliki bentuk badan menyerupai jantung pisang atau mirip dengan huruf V
Bagian bahu yang dimilikinya juga lentur namun tetap kuat, tebal serta seimbang antara bahu yang kanan serta kiri

Ekor

Jika bentuk ekornya rapat, maka kemampuan berhenti yang dimilikinya pun lebih bagus pada saat melakukan pengereman.

Kaki

Burung merpati ini juga dikenal dengan kakinya yang nampak bersisik dan panjang. Selain itu ketika dipegang, secara otomatis, kaki dari burung tersebut pun akan mendorong ke arah belakang dan sejajar dengan ekor yang dimilikinya.

Demikianlah kiranya beberapa penjelasan singkat dari ciri-ciri pada burung merpati tinggian  yang berkualitas tinggi dan banyak digunakan dalam perlombaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here