burungmaster.com

Temukan Beragam Informasi
Seputar Burung Kicauan Disini

Tangkal Kenari dari Penyakit dengan Cabai Merah

Siapa sangka jika cabai merah sangat baik sebagai pakan tambahan untuk burung kicauan seperti kenari. Cabai merah memang memiliki rasa pedas dan membuat keringat meleleh, tapi bila diberikan pada kenari dan paruh bengkok sebagai pakan tambahan, ternyata cabai merah akan menjaga kenari dari berbagai serangan bakteri. Bahkan untuk kenari yang mengalami obesitas, cabai merah dipercaya mampu menurunkan kelebihan badan tersebut.
Menurut penelitian, cabai merah sangat baik disajikan pada kenari karena kandungan vitamin C melimpah yang terkandung dalam cabai merah. Kandungan vitamin C tersebut, bahkan lebih tinggi dibandingkan buah jambu dan jeruk. Sehingga, pemberian cabai merah dalam porsi sedang atau secukupnya, bisa menjadikan kenari tampil prima karena terhindar dari penyakit. Untuk soal rasa, tidak usah khawatir kenari dan paruh bengkok milik kita kepedesan, sebab kenari tidak memiliki reseptor rasa seperti manusia, sehingga ketika diberi cabai merah kenari tidak akan merasa kepanasan.
Cabai merah sangat bagus untuk diberikan pada kenari dan paruh bengkok. Cabai merah mengandung vitamin yang berkhasiat menangkal kenari dari berbagai serangan bakteri dan penyakit.
Selain kandungan vitamin C, ternyata cabai merah juga mengandung karoten sebagaimana wortel. Karoten akan membantu menjaga bahkan mencerahkan pigmen bulu-bulu burung kenari. Sedangkan kandungan capsaicin dari cabai merah dapat memberi efek hangat pada kenari ketika cuaca sedang dingin. Jika kondisi sedang dingin atau penghujan, berilah kenari dan paruh bengkok dengan pakan tambahan cabai ini. Cabai merah akan menjaga kehangatan tubuh kenari milik Anda.
Jika porsi pemberian cabai merah sebagai pakan tambahan dalam jumlah yang pas, efek yang ditimbulkan cabai merah akan membuat kenari tampil sehat dan prima. Tetapi jangan berlebihan, sebab dikhawatirkan akan memberi dampak buruk pada tubuh dan pencernaan kenari. Berilah cabai merah secukupnya saja, dengan diselingi pakan tambahan lain berupa gambas, apel, daun sawi atau mentimun. Pemberian pakan tambahan yang bervariasi sangat bagus tidak hanya pada kesehatan kenari dan paruh bengkok saja, tetapi juga berdampak pada kicauan, kegesitan bahkan kecantikan bulu-bulunya.
Dalam pemberian pakan cabai merah ini, Anda bisa langsung memberikan cabai merah secara utuh. Tapi, Anda juga bisa menyajikannya dengan cara mengupas dan membuang biji-bijinya. Kenari hanya makan kulitnya saja. Meskipun demikian, pemberian pakan cabai merah sangat bagus untuk kesehatan kenari. Selain memproteksi terhadap penyakit, dengan adanya kandungan karoten dari cabai merah, bulu-bulu kenari milik Anda akan selalu memiliki warna yang cerah.
https://omkicau.com/2014/09/30/tujuh-pakan-tambahan-favorit-untuk-burung-kenari-dan-paruh-bengkok/5/
Tangkal Kenari dari Penyakit dengan Cabai Merah | Burungmaster | 4.5