Teknik Atau Cara Menjodohkan Burung Kenari

Untuk menghasilkan keturunan kenari yang bagus dan berkualitas baik, anda perlu menjodohkan burung kenari jantan dan betina yang sama-sama memiliki kualitas bagus juga. Dalam hal ini, dalam menjodohkan burungkenari tidak bisa sembarangan dilakukan, karena jika mereka memang tidak berjodoh , ditakutkan mereka akan bertarung di dalam sangkar, bukan kawin tetapi malah saling menyakiti.

Oleh karena itu, sangat penting bagi anda yang memiliki peliharaan atau yang ingin budidaya kenari untuk mengetahui trik menjodohkan burung kenari supaya prosesnya berjalan dengan mulus dan menghasilkan keturunan yang unggul.

Mengetahui Metode Perjodohan Kenari

Menjodohkan burung kenari
Menjodohkan burung kenari

Sebelum anda menjodohkan kenari dan memasukkannya dalam satu kandang atau satu sangkar, anda harus mengetahui ciri-ciri kenari yang sudah siap kawin. Salah satu ciri yang bisa anda perhatikan adalah untuk burung kenari betina akan terlihat gelisah saat mendengar burung kenari jantan berkicau, dan biasanya akan mengepakkan sayap sambil mencicit.

Selain itu, burung kenari betina juga sudah menyiapkan sarang untuk bertelur dengan mengumpulkan daun-daun kering atau benang yang ada disekelilingnya. Oleh karena itu, menjodohkan kenari akan lebih cepat dilakukan setelah anda mengetahui bahwa sang betina sudah dalam keadaan birahi, dan jangan lupa membedakan burung kenari jantan dan betina

untuk menjodohkan kenari juga perlu memperhatikan kegiatan atau hal-hal yang dilakukan burung kenari jantan sudah menunjukkan kesiapan dalam perjodohan apa belum, salah satu cirinya adalah rajin berkicau yang tak biasanya dilakukan oleh burung jantan.

Kemudian ketika burung jantan didekatkan pada sangkar burung betina, maka rasa tertariknya akan lebih tinggal dibandingkan dengan biasanya dan seperti pada burung kicauan lainnya biasanya burung jantan yang berahi apa bila di dekatkan dengan kenari betina akan berkicau dengan mengebu-gebu

*mungkin tidak berlaku untuk burung kenari yang masih bakalan / belum jinak

Setelah anda melihat tanda tanda tersebut, langkah untuk menjodohkan kedua burung tersebut berarti semakin dekat. Cara menjodohkan kenari yang pertama bisa anda lakukan adalah dengan mendekatkan kedua sarang burung berlainan jenis tersebut.

Bila mereka saling meloloh, itu bisa dipastikan bahwa perjodohan berhasil dilakukan. Untuk langkah selanjutnya, anda bisa memasukkan burung kenari jantan ke dalam sangkar burung betina supaya mereka bisa segera melangsungkan perkawinan.

agar bisa menjodohkan kenari yang satu ini harus anda waspadai, karena jika tidak berjodoh bisa terjadi pertarungan kedua burung tersebut. Oleh karena itu, anda perlu mengecek keberlangsungan proses perjodohan tersebut hingga mereka tidak menunjukkan sifat atau kejadian pertarungan tersebut.

Gambar sepasang burung kenari
Gambar sepasang burung kenari

Ketika perjodohan berhasil, maka mereka akan segera melakukan perkawinan tanpa adanya proses pertengkaran terlebih dahulu, dan biarkan burung kenari jantan untuk tetap berada di sangkar betina hingga sang betina berhasil menetaskan telur hasil perkawinan mereka.

Namun ketika proses perjodohan tidak berlangsung mulus, anda bisa mengulangi proses perjodohan tersebut dari cara awal tadi yaitu dengan mendekatkan kedua sangkar burung berlainan jenis. Demikianlah pemaparan dari kami mengenai bagaimana cara menjodohkan burung kenari untuk menghasilkan keturunan unggul.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here