Cara Ternak Kenari yang Menguntungkan

Ternak Kenari – memang kegiatan hobi yang dapat menghasilkan uang. Anda hanya perlu rajin merawatnya dan memelihara binatang yang Anda sukai dengan baik untuk diternak. Sebagian besar orang berpikir bahwa peternakan yang menguntungkan adalah peternakan sapi, kambing, ayam, kerbau, dan hewan mamalia lainnya. Pernahkah Anda berpikir tentang beternak burung kenari ? Sekarang ini banyak jenis burung yang dapat membantu Anda menghasilkan uang, apalagi jika Anda memiliki jenis burung yang memiliki keunikan tersendiri, warna menarik, dan memiliki kicauan yang merdu. Burung yang memiliki kicauan yang baik dapat Anda manfaatkan untuk mengikuti kontes burung berkicau. Saat ini kontes tersebut menjadi kegiatan rutin per tahunnya untuk komunitas para pecinta burung.

Kenari merupakan salah satu burung yang dapat diternak. Kenari (Serinus canaria) termasuk dalam famili Fringillidae bersama dengan burung Finch. Burung Kenari bukan burung asli Indonesia. Burung Kenari pertama ditemukan pada abad ke-15, di Kepulauan Canary oleh Pelaut Perancis yang bernama Jean de Berthan Cout. Oleh karena itu, burung yang ditemukan oleh Jean de Berthan Cout tersebut diberi nama Kenari (dalam bahasa Indonesia) karena burung tersebut ditemukan di Kepulauan Canary.

Burung Kenari dikenal di Indonesia melalui penjajah Belanda. Pada saat itu, mereka para bangsawan Belanda membawanya dan memperkenalkan pada Indonesia. Burung tersebut dapat beradaptasi di Indonesia dengan baik, terbukti dengan bertambahnya jenis burung Kenari di Indonesia. Namun saat ini, burung Kenari termasuk jenis burung yang langka di Indonesia.

Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire
source : http://www.rojasbirds.com/

dan saat ini di indonesia, burung kenari yang sedang menjadi topik utama adalah burung kenari F1 Yorkshire yang merupakan burung kenari hasil perkawinan silang antara kenari lokal dengan burung kenari yorkshire yang memiliki bentuk tubuh yang atletis  seperti foto burung kenari yorkshire dibawah ini :

sehingga menghasilkan anakan kenari F1 Yorksire yang di harpakan anakan burung tersebut bisa memiliki kelebihan – kelebihan yang dimiliki oleh indukannya, untuk artikel lengkap mengenai burung kenari F1 yorkshire anda bisa membacanya di bawah ini :

Karakteristik umum burung Kenari

Burung penyanyi

Burung Kenari dikenal dengan suaranya yang merdu dalam berkicau. Inilah alasannya mengapa banyak orang yang mengagumi burung Kenari. Selain itu, kicauan burung Kenari sering dijadikan sebagai bahan penilaian dalam kontes burung berkicau. Sungguh tidak mudah untuk mendapatkan dan merawat burung Kenari yang merdu kicauannya. Penentu anakan burung Kenari yang memiliki kicauan merdu adalah faktor genetika dan pakannya. Inilah mengapa cara ternak Kenari tidak mudah, karena Kenari memerlukan pakan yang bergizi yang dapat mempertahankan kemerduan kicauannya jika anda senang dengan suara burung kenari anda bisa mendownloadnya di link di bawah ini :

Download Suara Burung Kenari

Burung petarung

Burung Kenari merupakan salah satu burung petarung. Mengapa demikian? Karena burung ini menggunakan kicauannya untuk membuktikan kejantanannya. Biasanya kicauan burung Kenari jantan dimanfaatkan untuk menarik perhatian burung Kenari betina. Semakin nyaring dan merdu kicauannya, semakin besar kejantanannya bagi burung Kenari betina. Selain itu, ketika burung Kenari mendengar kicauan dari burung lain, burung Kenari tersebut akan mengeluarkan kicauan yang lebih nyaring dari burung lain tersebut. Sehingga maksud dari burung petarung di sini bukanlah burung yang suka bertarung dengan kekuatan fisik. Oleh karena itu, kicauan merupakan senjata kejantanan burung Kenari.

Mudah beradaptasi

Burung Kenari dikenal sangat mudah untuk menyesuaikan diri  dengan lingkungan sekitarnya. Pada daerah asalnya yaitu di Benua Eropa, burung Kenari sudah terbiasa dengan kondisi empat musim. Sehingga, burung Kenari sangat mudah beradaptasi di lingkungan lain yang bermusim kurang dari empat. Oleh karena itu, burung ini sering menjadi barang untuk pengeksporan maupun pengimporan berbagai negara.

Mudah jinak

Burung Kenari memiliki karakter yang mudah dijinakkan. Mengapa demikian?  Seperti yang telah disampaikan, bahwa burung Kenari mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Burung Kenari juga sangat mudah jinak kepada manusia, apalagi jika burung Kenari bertemu dengan pemilik yang selalu merawatnya. Ketika burung Kenari bertemu dengan peternaknya, maka  burung Kenari tersebut dapat mengenali peternaknya tersebut dengan mengeluarkan kicaunya yang merdu.

Tidak mudah stres

Merupakan salah satu karakter burung Kenari yang diunggulkan. Burung Kenari tidak mudah stres ketika dilakukan pemindahan kandang atau sangkar terhadapnya. Burung ini akan tetap berkicau, berbeda dengan burung kicauan yang lain.  Ketika dilakukan pemindahan sangkar terhadap jenis burung selain Kenari, burung tersebut tidak mau berkicau karena mengalami kesulitan beradaptasi dengan lingkungan barunya. Dampak dari sulitnya beradaptasi yaitu mengalami stres. Oleh karena itu, burung Kenari sering menjadi primadona dalam kontes burung berkicau. Bagi burung Kenar, lingkungan yang baru bukanlah penghalang untuk berkicau.

Birahi yang mudah naik

Burung Kenari memiliki birahi (kesiapan melakukan hubungan seksualitas) yang mudah naik. Terutama pada burung Kenari jantan. Ketika sepasang burung Kenari berada dalam satu sangkar, hanya memerlukan adaptasi yang tidak cukup lama sepasang burung Kenari tersebut akan melakukan hubungan seksualitas. Hal ini sangat menguntungkan bagi peternak untuk mengembangbiakan burung Kenari. Namun dalam melakukan perkawinan burung Kenari, Anda perlu memperhatikan faktor genetikanya supaya dapat menghasilkan anakan yang berkualitas tinggi

Setelah Anda mengetahui karakter dasar dari burung Kenari, mungkin Anda tertarik untuk beternak burung Kenari. Bagaimana cara ternak Kenari dengan baik? Berikut ini cara ternak Kenari dengan baik:

 Cara Ternak Burung Kenari

Siapkan kandang untuk ternak kenari

Kandang untuk ternak burung kenari sebenarnya tidak terlalu ribet dalam pemilihanya, ukuran kandang untuk ternak burung kenari pun sebenarnya tidak terlalu besr contoh :

Kandang Ternak Kenari

Kandang Ternak Kenari


Kandang Ternak Kenari singel

Kandang Ternak Kenari singel

Memilih indukan

ntuk bisa ternak kenari salah satu hal terpenting dalam ternak kenari adalah memilih indukan agar bisa menghasilkan anakan yang berkualitas Anda perlu melakukan pemilihan indukan. Usia indukan Kenari jantan yang siap kawin kurang lebih 8 bulan sedangkan untuk indukan Kenari betina kurang lebih 6 bulan. Untuk membedakan Kenari jantan dan Kenari betina adalah sebagai berikut:

  • Pembuluh vena bagian antara perut dan dubur pada Kenari jantan akan mudah tampak. Dan pada betina tidak tampak. Biasanya dapat dilihat ketika burung Kenari belum ditumbuhi bulu.
  • Kenari jantan memiliki pusat kaki yang panjang dan kakinya sulit untuk bergabung. Sedangkan betina sebaliknya.
  • Warna bulu yang tegas pada Kenari jantan dapat mencapai panjang tulang belakangnya sedangkan pada Kenari betina warna tersebut tidak sepanjang tulang belakangnya.
  • Bentuk kepala Kenari jantan lebih pipih dan datar sedangka Kenari betina memilki bentuk kepala yang bulat.
  • Letak mata Kenari jantan sejajar dengan garis paruhnya, sedangkan pada betina biasanya di atas garis paruh.
  • Dubur pada Kenari jantan menonjol, sedangkan pada betina agak rata, unmtuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini :

sebenarnya cara untuk membedakan burung kenari jantan dan betina sudah saya tulis di blog ini, dan untuk lebih jelasnya lagi dalalm membedakan jenis burung kenari jantan dan betina anda bisa membacanya di artikel :

Baca juga : Ciri Kenari Jantan dan Betina

Menjodohkan Kenari

Pada proses penjodohan Kenari, Anda harus mengetahui tanda-tanda Kenari siap dikawinkan, seperti berikut ini:

  1. Ketika Kenari jantan melihat Kenari betina, maka biasanya burung kenari jantan akan mengeluarkan kicauan yang sangat nyaring dengan menghantam badannya ke sangkar dan bagian dubur terlihat lebih menonjol dan merah.
  2. Ketika Kenari mendengar kicauan dari Kenari jantan, maka Kenari betina akan mengepakan sayapnya dan duburnya memerah.

Mengawinkan Kenari

salah satu faktor terpenting dalam ternak kenari adalah perkawinan, dalam melakukan perkawinan Kenari, dilakukan 2 periode perharinya selama 3 hari. Periode pertama yaitu pada pagi hari sedangkan periode kedua pada sore hari. Perkawinan dilakukan dengan meletakkan sepasang jenis Kenari dalam satu sangkar. Dalam proses perkawinan, Anda juga perlu menyediakan tempat pengeraman telur dalam kandang atau sangkar tersebut.

Pengeraman telur

Burung Kenari akan melakukan pengeraman telur selama 12 hari hingga 14 hari tergantung dengan suhu atau cuaca. Biasanya untuk meperlancar proses pengeraman, Anda perlu menyediakan lampu 5 watt dalam sangkar tersebut.

Selain cara untuk ternak kenari di atas, Anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang atau sangkar, pakan yang bergizi untuk Kenari, dan peletakan sangkar yang baik dan benar untuk Kenari.