Tingkatkan Intensitas Kicauan Kenari Dengan Suntik Testosteron

Manfaat Testosteron untuk Burung – Menurut beberapa penelitian di mancanegara, yang menyatakan dimana hormon testosteron mempunyai manfaat begitu banyak untuk sejenis burung kicauan, seperti memicu perkembangan fisik, mendongkrak birahi, meningkatkan kualitas suara kicauan, memberikan ketenangan hati dan memberikan tambahan energi.

Selain itu, beberapa peneliti yang ada di Universitas Johns Hopkin yang berlangsung di Amerika Serikat telah melakukan penelitian yang unik dalam menguatkan manfaat akan testosteron terhadap burung kicauan.

Manfaat Injeksi Testosteron Untuk Burung Kicauan

Injeksi testosteron di sini tanpa melewati pembuluh darah seperti halnya metode penelitian yang dilakukan sebelumnya. Namun hormon tersebut disuntikkan secara langsung pada otak burung. Adapun objek yang dipakai yaitu sekelompok burung kenari jantan.

Sebenarnya hipotesis mengenai penyuntikan testosteron pada otak burung tergolong masuk akal. Hal ini dikarenakan timbulnya rangsangan tertentu, misalnya tubuh burung mengaktifkan hipotalamus agar menghasilkan hormon GnRH atau gonadotropin releasing hormone.

Testeron pada burung
Testeron pada burung

Sesudah dilepaskan pada aliran darah, pembuluh dara pun membawa hormon GnRH tadi menuju kelenjar pituitari. Pada kelenjar inilah, hormon tersebut akhirnya mengaktifkan kemampuan pada kelenjar pituitari dalam memproduksi gonadotropin yang dinamakan juga sebagai LH (luteinizing hormone) dan FSH (follicle stimulating hormone), lalu memasukkannya pada aliran darah. Sesudah ada di aliran darah, maka LH dan FSH tadi melakukan perjalanan menuju testis pada burung jantan.

Pada testis inilah, kedua hormon mengaktifkan semua sel-sel yang ada dalam testis disebut juga leydig berperan untuk melakukan sintesis kolesterol yang menjadi bahan dasar dari pembentukan testosteron. Lalu testosteron dilepas kembali pada aliran darah bertujuan untuk menjalankan berbagai tugas yang ditetapkan hipotalamus.

Untuk burung betina, sebagian kecil dari testosteron dihasilkan ovarium. Pada proses inilah, LH dan FSH akan mengaktifkan segala sel-sel yang disebut sebagai thecal ovarium. Di mana sel tersebut pun mampu melakukan sintesis kolesterol dalam tubuh hingga menjadi testosteron.

Hubungan Kegacoran Suara Kenari dan Suntikan Testosteron

Burung Kenari
Burung Kenari

Berdasarkan penjelasan di atas, di mana testosteron nantinya memberikan efek birahi pada burung, perkembangan fisik, energi, suasana hati dan tingkatan kicauan. Menurut riset tersebut, para peneliti memakai kandang artifisial melalui replika dari suasana alam pada musim semi.

Hal ini dikarenakan musim semi yang terjadi di AS adalah waktu di mana burung kenari mengalami perkembang biakan. Selain itu, semua performa dan perilaku suara burung kenari dicatat lewat buku recording.

Dapatkan : Suara Burung Kenari

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, menunjukkan di mana burung kenari jantan pada kelompok A, yang menerima testosteron pada daerah tertentu di otaknya, dengan begitu frekuensi pada lagunya pun meningkat. Namun kualitas lagu menunjukkan tidak mengalami perubahan.

Sementara kenari jantan pada kelompok B, dengan menerima suntikan dari testosteron pada seluruh otaknya, tak hanya mengalami terjadinya peningkatan pada frekuensi kicauan, tetapi kualitas dari kicauannya pun jauh meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *