Tips Agar Burung Baru Tidak Stres

Ketika Anda baru saja membeli burung kicauan tentunya mengharapkan agar burung kicauan tersebut dapat langsung berbunyi dengan rajin sehingga tidak merugikan Anda ketika membelinya. Namun, Anda tidak dapat memaksa burung kicauan Anda untuk dapat langsung berkicau ketika membawanya pulang. Karena burung kicauan juga salah satu makhluk hidup yang memerlukan waktu untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya. Oleh sebab itu, ketika burung kicauan ini sedang dalam tahap proses adaptasi lingkungan baru, sebaiknya menghindari membuat burung menjadi stres.
Burung Baru pada umumnya rawan stres
Burung kicauan yang baru tiba di rumah langsung dimandikan tentunya akan membuat burung tersebut menjadi cepat stres. Oleh sebab itu, memang diperlukan adanya adaptasi antara burung kicauan dengan lokasi lingkungannya. Terlebih lagi untuk burung kicauan dewasa yang sebelumnya pernah dirawat oleh orang lain. Tentunya akan membutuhkan proses adaptasi yang cukup memakan waktu. Sebaiknya memandikan burung kicauan dilakukan setelah beberapa hari beradaptasi di lingkungan yang baru untuk menghindari stres. Biasanya jika sudah stres akan membuat burung kicauan menjadi mogok makan dan sakit setelah dimandikan.
Burung Kacer yang sedang berkicau di alam liar
Ketika Anda membawa burung kicauan baru ke rumah, sebaiknya tidak mengadu burung kicauan tersebut dengan burung sejenis. Karena ketika di bawa ke lingkungan yang baru, burung kicauan membutuhkan ruangan dan juga suasana yang tenang. Di mana hal inilah yang akan membantu burung kicauan untuk dapat mengenali lingkungan tempat tinggalnya yang baru. Jika Anda tergoda untuk mengadu burung kicauan yang baru saja tiba dengan burung lain tentunya akan membuat burung kicauan tersebut menjadi stres. Karena proses mengadu ini memang akan memaksa burung kicauan untuk berbunyi dan juga akan membuatnya cepat stres.
Jika sudah stres, burung kicauan malah akan macet berbunyi dan akan membutuhkan waktu yang jauh lebih lama dalam proses pemulihannya. Selain mengadu dengan burung yang lain, sebaiknya Anda juga jangan meletakkan cermin di depan burung hanya untuk merangsang berbunyi. Karena hal tersebut juga akan membuat burung menjadi stres. Selain mengadu dengan burung lain, Anda juga sebaiknya tidak meletakkan sangkar burung kicauan bersandingan dengan sangkar burung lainnya yang memiliki suara yang keras.

jika burung baru anda bisa memperdengarkan suara gemricik air di bawah ini :

Atau anda bisa mencoba metode saya yang biasanya saya gunakan walapun kadang hasilnya kurang memuaskan :

Karena dengan suara kicauan burung lain yang kencang tentu saja akan membuat burung kicauan yang baru Anda miliki akan stres karena belum dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan yang baru. Sebaiknya ketika memiliki burung kicau yang baru dibeli, diletakkan di lokasi terpisah dengan suasana yang tenang dan nyaman. Anda juga disarankan untuk tidak mengganti voer secara langsung.  Hal ini disebabkan karena biasanya burung kicauan sudah cukup nyaman dengan voer yang mereka makan sebelumnya.
Ketika Anda mengganti voer juga sebaiknya dilakukan dengan cara bertahap. Dengan begitu akan membuat burung kicauan yang baru saja Anda beli tidak mengalami stres yang berlebihan. Karena jika sudah mogok makan karena penggantian voer secara tiba-tiba tentu saja akan semakin sulit di dalam melakukan perawatannya. Beberapa hal tersebut merupakan hal-hal yang sebaiknya Anda hindari ketika baru saja membeli burung kicauan. Karena burung kicauan sendiri memerlukan proses adaptasi yang terbilang cukup lama sehingga dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam perawatannya.
sumber gambara dan referensi :
https://pixabay.com/en/animals-birds-parakeets-market-215781/
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d3/Oriental_Magpie-Robin_Thailand.jpg
http://omkicau.com/2014/05/28/jangan-lakukan-4-hal-ini-pada-burung-yang-baru-dibeli/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *