burungmaster.com

Tips Agar Burung Lebih Rajin Berkicau

Ketika Anda ingin memelihara burung tentunya memilih burung yang patuh dan juga sudah dewasa agar mudah dilakukan perawatan. Namun tidak sedikit juga yang memilih memelihara burung bakalan. Memang untuk harga sendiri burung bakalan dan juga burung dewasa memiliki harga yang tidak jauh berbeda. Namun ketika merawatnya memang menjadikan sebagai sebuah tantangan dalam merawat burung bakalan. Tahap membuat burung bakalan menjadi burung berkualitas ini memang sedikit melelahkan oleh sebab itu tidak semua orang dapat merawatnya dengan benar.
Ketika merawat burung bakalan ini memang diperlukan adanya kesabaran dan juga ketelatenan dalam merawatnya. Terlebih untuk burung bakalan yang memang cukup sulit diatur. Namun sebelum membuat bagaimana burung bakalan rajin berbunyi, Anda perlu membedakan terlebih dahulu bagaimana cara membedakan burung bakalan yang baru saja ditangkap dan juga burung bakalan yang sudah lama disimpan. Dengan begitu ketika Anda membelinya akan lebih mudah melakukan perawatannya.
Burung Berkicau
Jika Anda membeli burung bakalan di pasar burung biasanya ada beberapa burung yang di kandangkan secara terpisah dan ada juga yang di kandangkan bersamaan. Untuk burung bakalan yang sudah lama dipisah biasanya akan ditempatkan secara terpisah di dalam kandang. Berbeda dengan burung bakalan yang baru saja di dapatkan dari pengepul atau merupakan hasil tangkapan hutan yang akan dimasukkan ke dalam kandang yang sama.
Bentuk kotoran dan juga pakan yang dikonsumsi tentunya akan berbeda. Jika burung bakalan yang sudah lama disimpan dan sudah terlatih makan voer tentunya akan memiliki kotoran yang lebih padat dibandingkan dengan burung bakalan yang baru saja ditangkap. Dengan membedakan burung bakalan yang sudah lama dilatih dan juga burung bakalan yang baru saja ditangkap ini Anda dapat memilih mana burung bakalan yang sesuai dengan kriteria Anda. Jika Anda tidak ingin repot, maka Anda dapat memilih burung bakalan yang sudah lama dilatih.

Apabila Burung yang anda miliki adalah burung kacer saya sarankan untuk memperdengarkan suara burung kacer lain yang bisa di download di bawah ini :

Suara Burung Kacer

Namun jika Anda ingin mendapatkan tantangan dalam merawat burung bakalan yang baru saja ditangkap itu juga akan menambah rasa ingin tahu Anda tentang cara merawatnya. Berbeda dengan burung bakalan yang sudah lama di rawat, untuk burung bakalan baru memang akan membuat merawatnya dimulai dari tahap awal. Sehingga memang memerlukan kesabaran dan juga keuletan ekstra dalam melakukan perawatannya hingga dapat rajin berbunyi.
Sebelum voer di ambil sebaiknya burung di beri EF seperti Jangkrk atau EF lain, Dengan  mengambil pakan voer sebelum tidur  / pada sore menjelang malam tentunya akan membuat burung bakalan mencerna makanan dari protein hewani yang akan membantu membentuk karakter dan juga mental seperti ketika berada di alam liar. Mencabut voer sebelum tidur juga merupakan salah satu cara penjinakan burung yang efektif dan akan membuat burung menjadi aktif sehingga terhindar dari kegemukan karena malas beraktivitas dan berkicau. Sebaiknya mencabut voer dilakukan pada waktu jam 6 sore hingga jam 7 malam. Baru dibiarkan semalam tanpa penerangan dan baru berikan voer keesokan harinya.
sumber gambar dan referensi :
http://majalahkicau.com/wp-content/uploads/2015/02/Aneka-Burung-576×392.jpg
http://omkicau.com/2014/09/28/cabut-voer-sebelum-tidur-agar-burung-bakalan-rajin-bunyi/
Tips Agar Burung Lebih Rajin Berkicau | Burungmaster | 4.5