Tips Cara Merawat Kacer Dengan Baik

Semakin hari, orang yang hobi dengan burung semakin banyak sehingga tak heran jika semakin banyak even lomba burung di berbagai daerah. Kacer merupakan salah satu jenis lovebird yang masih banyak diminati ketika perlombaan. Sampai saat ini kacer masih memiliki daya tarik luar biasa.

Untuk menghasilkan kacer yang juara, perlu perawatan yang intensif karena merawat kacer tidak boleh sembarangan. Ketika salah merawat burung kacer maka Anda tidak akan mendapatkan hasil sesuai dengan harapan. Kacer yang salah rawat tidak akan bisa berkicau dengan sempurna.

Terdapat berbagai jenis kacer, namun ada dua jenis kacer yang sangat istimewa yaitu kacer Wiro Sableng dari Madiun serta kacer Black devil yang sudah berkali-kali menjuarai kontes burung. Bisa dibilang black devil ini merupakan burung paling tahan banting dalam kontes burung.

Tidak sembarang orang bisa merawatnya, apalagi bagi pecinta burung pemula. Lantas, bagaimana cara merawat si black devil ini? Perawatan kacer dimulai dari sesi memandikan hingga memberinya makan dan membuatnya tetap dingin. Bahkan ketika musim kemarau taruhlah es batu di dalam sangkar supaya kacernya tetap dingin.

Hal pertama yang harus Anda lakukan dalam perawatan kacer adalah memandikannya setiap pagi. Setelah itu, kacer diangin-anginkan dan barulah beri makan kacer. Makanan kacer berupa 5 buah jangkrik pada pagi hari, selanjutnya angin-anginkan lagi dan kerodongi.

Jika perlu berilah ekstra food atau makanan tambahan berupa satu ekor hongkong. Ketika akan dilombakan, berilah tambahan makanan seminggu sebelum perlombaan dan barulah pada hari terakhir sebelum lomba, porsi makan kembali seperti semula. Lakukan hal tersebut setiap hari pada pagi hari. Selain itu, pisahkan kacer dengan kacer lain supaya ia merasa aman dan nyaman.

Menangani Burung Stres / Macet Bunyi : Baca DIsini

Setelah sekian banyak perawatan yang Anda lakukan pada burung kacer ini, Anda harus tahu tanda-tanda atau ciri-ciri kacer yang sehat dan siap lomba. Lihat saja bagian matanya, kacer yang vit pasti matanya bersinar, perawakannya tegap dan gagah, bulunya pun halus ketika disentuh.

Keistimewaan burung ini selain dilihat dari penampakannya, juga terlihat dari kelincahannya yang membuat semua orang tergoda. Demikian pembahasan mengenai kacer, semoga menambah wawasan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here