Tips Memilih Burung Murai Batu Bakalan Terbaik

Cara Memilih Murai BakalanPerlu di ketahui murai batu adalah salah satu burung yang digandrungi oleh pecinta burung kicau. Hal ini karena kicauan burung murai batu merdu dan penampilan menarik ketika tarung dengan burung lainnya. Biasanya burung murai batu bakalan ditangkap dari hutan, mereka hidup liar di hutan. Memang harga burung murai batu bakalan relatif lebih murah jika dibandingkan dengan burung murai anakan dari hasil peternakan.

Pasalnya, burung murai batu hasil peternakan dirawat baik, diberi pakan voer dan dilatih agar tidak giras. Meskipun begitu, Anda harus berhati-hati membeli burung murai batu agar mendapat kualitas terbaik. Berikut ini terdapat tips memilih burung murai batu bakalan yang berkualitas baik:

Amati bagian mata Burung Murai Batu

Mata Burung Murai Batu
gambar mata murai batu juara

Mata merupakan indera yang paling penting diperhatikan sebelum Anda membeli burung murai batu. Pasalnya jika burung tidak bisa melihat, Anda akan kesusahan dalam merawat burung murai batu, apalagi ketika memberi pakan. Oleh sebab itu hindari memilih burung murai batu dengan tanda-tanda adanya katarak.

Meskipun burung tersebut indah dan aktif, sebaiknya memilih burung yang lain. Katarak sendiri merupakan penyakit mata menyerupai selaput dengan warna putih di bagian bola mata.

Amati Bagian Kaki Burung Murai Batu

Kaki Murai batu
Gambar kaki murai yang sudah berumur

Bagi Anda yang ingin membeli burung murai batu, amatilah kakinya dan pilihlah burung dengan kaki yang warnanya hitam. Warna hitam pada burung murai batu diyakini berkaitan dengan mental burung murai batu saat bertanding. Selain itu, harga burung murai batu yang mempunyai kaki warna hitam lumayan mahal.

elanjutnya, Anda juga harus memperhatikan kuku kaki atau kelingking. Apabila warna kedua kuku tersebut tidak sama, diyakini bahwa mental burung murai batu bakalan tidak akan stabil apalagi jika bertanding. Sebaiknya Anda mengajak orang yang berpengalaman ketika membeli burung.

Amati Bagian Ekor Burung Murai Batu

Ekor Murai Batu
Gambar ekor murai ideal untuk lomba

Ciri-ciri burung murai batu bakalan bagus yaitu ekornya rapat dan tidak terlalu tebal. Ekor burung murai batu yang rapat dan tidak terlalu tebal lebih enak dipandang dan tampilan burung pun semakin cantik. Apalagi ketika berbunyi burung murai batu akan menggerakkan ekornya.

Baca juga : Ciri Murai Medan yang perlu anda tahu

Sebaiknya hindari memilih burung murai batu dengan ekor bercabang. Burung murai batu dengan ekor bercabang menandakan kesehatan burung kurang stabil. Hindari juga burung murai batu yang tidak mempunyai ekor karena Anda tidak akan tahu bahwa burung tersebut mempunyai bentuk ekor yang bagus atau sebaliknya.

Amati tingkah laku Burung Murai Batu

 Burung murai dari hasil tangkapan alam apabila dipegang menjerit kencang dan berusaha mematuk tangan pemegang maka burung murai batu mempunyai mental berani. Ciri burung murai batu seperti itu akan menghasilkan mental petarung cukup bagus dan tangguh untuk lomba burung.

Download Suara Burung Murai Disini

Nah, itulah beberapa tips memilih burung murai batu bakalan kualitas terbaik, ikuti tips di atas atau jika tidak Anda bisa mendapatkan kualitas burung yang jelek. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda para pemilik murai bakalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here