Tips Memilih dan merawat Burung Trucuk Lengkap

Burungmaster.com – Salah satu jenis burung kicau yang cukup diminati khususnya bagi para kicau mania adalah burung trucuk. Burung ini banyak diburu sebab memiliki harga jual yang sangat terjangkau namun di balik harga jualnya yang murah tersebut siapa sangka bahwa burung ini memiliki jenis kicauan yang lumayan sangat bagus. suara kicauan burung trucuk memang bisa dikatakan hampir mirip dengan suara burung cucak rowo .

Terlebih apabila burung ini mengepakkan sayapnya sambil berkicau maka hal tersebut juga akan membuat bangga para pemiliknya. Burung yang memiliki nama lati pyconotus goiavier ini sudah terbiasa hidup dalam liar dan juga hampir sama dengan jenis burung lainnya yaitu seperti burung kutilang. Burung ini sendiri juga disebut sebagai manuk jogjog oleh orang sunda sebab memilii suara ropel yang apabila di dengarkan menyerupai suara dari burung cucakrowo.

Hal tersebutlah yang membuat burung ini memiliki daya tarik tersendiri. Bagi anda yang ingin memelihara burung terucuk anda bisa memulai membaca dibawah ini.

Memilih Bakalan Trucuk Terbaik

Burung Trucuk Ombyokan

Burung Trucuk Ombyokan

Pada umumnya burung trucuk bakalan di jual dalam kandang ombyokan. Anda harus jeli dalam memilih burung trucuk. Hal terpening adalah memilih burung trucuk yang sehat dan tidak cacat. Burung trucuk yang sehat dan tidak cacat pada umumnya memiliki umur yang lebih panjang dan peluang untuk menjadi burung gacor akan semakin tinggi. setelah itu ada beberapa poin penting lain dalam memilih burung Trucuk di antaranya :
  1. Pilih burung Trucuk yang memiliiki jenis kelaimin jantan salah satu cirinya sering mengangkat jambul yang dimilikinya.
  2. Pilih burung trucuk yang terleihat lebih tenang
  3. Amati trucuk dalam kandang ombyokan dan kemudian pilih yang sekiranya sering mengeluarkan suara syukur bisa menemukan trucuk yang mengeluarkan suara ropelnya.

Menjinakkan Burung Trucuk

Hal pertama yang harus dilakukan ketika anda memilih untuk merawat burung trucuk ini yaitu melakukan penjinakan terlebih dahulu. Yang terpenting adalah agar burung trucuk bakalan tersebut hidup terlebih dahulu maka dari itu anda harus menyediakan pakan yang sesuai seperti pisang dan jangkrik kemudian jika burung sudah hidup dalam waktu lebih dari 2 minggu. Langkah pertama yang dilakukan yaitu menggunakan terapi mandi. Terapi ini dapat dilakukan dengan menggunakan semprot spray setiap pagi, siang dan juga sore hingga burung basah kuyup. Kemudian sangkar burung dapat di letakkan pada posisi yang lebih tinggi dan juga sepi atau terhindar dari adanya keramaian. Hal tersebut dikarenakan untuk mencegah terjadinya stres pada burung dan tentu saja hal tersebut dapat mencegah terjadinya penjinakan.

Burung Trucuk

Burung Trucuk

Kemudian cara untuk menjinakkan burung trucuk berikutnya yaitu gantungkan sangkar burung pada tempat yang kondisinya lebih ramai atau di pinggir jalan yang sudah sering di lalui oleh kendaraan atau orang yang berlalu lalang.

Hal ini dapat dilakukan apabila burung sudah terbiasa dan untuk lebih membiasakan agar burung tersebut sudah beradaptasi dengan lingkungannya. Kemudian cara terakhir untuk menjinakkannya yaitu menggunakan cara yang lebih ekstrem atau mungkin bisa di katakan sebagai cara yang kejam. Disini anda dapat menggunakan cara ini sebagai solusi terakhir.

Anda dapat membiarkan burung untuk tidak memberikannya makanan selama seharian dan kemudian pada sore hari anda pun dapat memberikan makanan berupa jangkrik. Pakan jangkrik ini dapat diberikan dengan menggunakan telapak tangan dan apabila burung masih belum mau makan maka anda dapat menggunakan lidi untuk mengarahkan jangkrik tersebut sehingga jauh dari jangkauan telapak tangan anda.

Merawat Burung Trucuk

Jika proses penjinakkan telah berhasil maka hal selanjutnya yang harus di lakukan adalah melakukan perawatan. Merawat burung trucuk tentu saja sangat mudah untuk dilakukan. Pertama anda dapat memandikan burung secara rutin yaitu setiap pagi hari dengan menggunakan spray atau dapat juga dengan menggunakan wadah mandinya. Kemudian setelah itu burung trucuk ini dapat di jemur dalam waktu 1 hingga 2 jam lamanya dan setelah dijemur maka burung dapat di angin anginkan di teras.
Kemudian burung trucuk ini dapat diberikan dengan jenis pakan berupa voer yang sangat berkualitas dan dapat juga diberi tambahan pakan berupa ef atau ekstra fooding seperti jangkrik.

Jangkrik diberikan setiap pagi dengan takaran 2 – 3 ekor dan begitu juga diberikan dengan takaran yang sama pada sore hari. Kemudian juga dapat di beri tambahan makanan seperti ulat hongkong secukupnya yaitu 2 – 3 hari dalam semingga. Dan untuk jenis pakan ekstra lainnya yang juga dapat diberikan adalah kroto. Kemudian hal terpenting yang harus di perhatikan yaitu anda dapat membuat suasa rumah yang sangat nyaman dan aman bagi burung trucuk tersebut.

Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari burung trucuk. Kini bagi anda yang ingin memelihara burung kicau yang satu ini maka anda pun harus melakukan penjinakan terlebih dahulu dan apabila burung memang sudah jinak maka anda dapat langsung menerapkan beberapa jenis perawatan yang memang sangat di butuhkan oleh jenis burung kicau ini.

Dengan begitu maka anda pun akan memiliki burung trucuk yang sangat fit, bugar dan tentu saja dapat berkicau sepanjang hari.

%d blogger menyukai ini: