Tips Memilih Pakan Lovebird Umur 3 Bulan Yang perlu anda tahu

Apakah Anda bingung memilih pakan Lovebird Umur 3 Bulan?. Sama seperti manusia, lovebird yang masih berusia 3 bulan juga memerlukan jenis pakan yang berbeda dari lovebird dewasa. Burung lovebird muda yang sudah disapih akan akan lebih banyak membutuhkan asupan gizi yang tinggi agar memiliki stamina dan kesehatan yang baik. Simak terus artikel berikut ini untuk mengetahui bagaimana cara memilih pakan lovebird umur 3 bulan.

Aneka Pakan Yang Sehat

Karena usianya yang masih sangat muda, usahakan untuk memberi jenis makanan yang variatif dan menyehatkan. Usahakan agar kandungan gizinya mencukupi dan mampu untuk menggantikan peran susu dari induknya. Untuk lovebird yang masih berusia antara satu hingga tiga minggu, gunakanlah bubur susu bayi khusus burung. Campurkanlah bubuk susu bayi dengan air hangat hingga menjadi encer dan aduklah hingga merata. Sedangkan untuk yang berusia di atas empat minggu sudah mulai bisa mengkonsumsi cairan yang lebih kental lagi.

Pakan Terbaik Anakan lovebird

Pakan Terbaik Anakan lovebird (sumber : http://www.birdcrazyresort.com/gallery.html)

Kemudian untuk pakan lovebird umur 3 bulan yang paling utama adalah dengan pakan milet putih. Namun untuk memenuhi kebutuhan gizinya, lovebird akan memerlukan pakan tambahan seperti aneka sayuran hijau dan buah-buahan yang diberikan di antara waktu makannya. Pemberian pakan tambahan juga bisa berperan sebagai penambah stamina agar burung tidak mudah sakit.

Buah dan Sayuran Untuk Lovebird Muda

Memilih buah dan sayuran sebagai pakan lovebird umur 3 bulan memerlukan sedikit perhatian dari Anda. Terkadang kemampuan lovebird muda dalam mengunyah masih belum terlalu baik, oleh sbeab itu sebaiknya agar buah dipotong-potong terlebih dahulu menjadi ukuran yang kecil sebelum diberikan. Usahakan untuk membesarkan potongan buah secara bertahap agar lovebird muda terbiasa untuk menggigit buah dalam ukuran yang besar.

Salah satu buah yang bisa digunakan sebagai pakan tambahan adalah buah apel. Karena mengandung serat yang tinggi, buah apel bisa memperlancar pencernaan burung. Selain itu, buah apel juga mengandung banyak vitamin yang ampuh untuk menjaga stamina burung setiap saat. Hindari untuk menggunakan buah yang mengandung banyak biji didalamnya. Selain burung bisa tersedak, biji-biji buah yang terlalu besar terkadang bisa membuat gatal tenggorokan lovebird Anda.

Selain buah, lovebird juga memerlukan asupan gizi yang berasal dari sayuran. Jenis sayuran yang paling umum dipakai adalah wortel ataupun bayam. Kedua sayuran ini memiliki fungsi untuk meningkatkan daya tahan dan stamina lovebird muda. Lovebird muda yang rajin diberi pakan tambahan berupa sayuran biasanya mampu mengeluarkan kekek yang lebih panjang dan tidak putus-putus.

Waktu Pemberian Pakan Yang Ideal

Setelah Anda mempelajari pilihan pakan lovebird umur 3 bulan, pelajari juga waktu yang tepat untuk memberikan pakan pada lovebird muda. Makanan bisa diberikan dalam rentang waktu setiap dua jam sekali sejak pukul enam pagi hingga delapan malam. Kurangi terus frekuensi pemberian makanan hingga menjadi setiap rentang lima jam.

Salah satu patokan yang bisa digunakan dalam pemberian makanan adalah dengan melihat kondisi tembolok. Isi dan berikanlah makanan jika tembolok sudah terlihat kosong. Selain itu Anda juga harus membiasakan untuk memberi makan pada waktu yang sama setiap harinya agar terbentuk kebiasaan yang baik dari burung Anda.

Baca Juga : Tips Mengatasi Burung Lovebird yang Kegemukan

Hindari untuk memberikan asupan jamu konslet bagi lovebird yang masih berusia 3 bulan. Biasanya dengan memberikan jamu konslet ataupun racikan ngekek lainnya bisa membuat birahi dari burung lovebird terus meningkat dan cenderung tidak terkendali. Lovebird yang memiliki birahi tinggi akan susah untuk di setting dan lovebird pun tidak bisa fokus terhadap suara masteran.

Berikanlah pakan lovebird umur 3 bulan yang menyehatkan secara rutin untuk menjaga kondisi fisik dan stamina dari lovebird kesayangan Anda. Pastikan juga agar Anda cepat menyapih lovebird muda tersebut sejak dini untuk menghindari ketergantungannya kepada induk, sekaligus membentuk ikatan batin yang kuat dengan pemiliknya. Selamat mencoba!