burungmaster.com

Temukan Beragam Informasi
Seputar Burung Kicauan Disini

Tips Mengatasi Burung Lovebird yang Kegemukan

Pada umumnya masalah yang sering dialami oleh burung peliharaan yakni obesitas atau burung yang kegemukan. Sebenarnya masalah obesitas dapat terjadi pada jenis burung peliharaan apapun, tidak terkecuali burung lovebird. Bahkan jika burung lovebird terkena obesitas, tentu akan mengganggu penampilannya.

Terlebihlagi, jikaburunglovebirdmerupakanburunglombasehinggaburunglovebirdmenjadipasifberbunyi dan tidakngeruji. Olehkarenaitu, jika Anda menemukanburungpeliharaandengantanda-tandapenampilannyalebihgemuk dan malas-malasan. Waspadalahsebabbisasajaburung Lovebird mengalami masalah obesitas. Jika lovebird mengalami obesitas, Anda dapat melakukan beberapa cara.

Lovebird Kegemukan

Lovebird Kegemukan

Manfaat Jagung Muda Untuk Burung Lovebird

Burung lovebird yang obesitas akan mengganggu penampilannya, sehingga tidak enak dilihat karena burung akan terlihat seperti burung yang sakit. Biasanya burung obesitas tetap mempunyai nafsu makan yang besar namun kondisi kegemukan itulah yang menyebabkan burung menjadi kurang aktif dan malas bunyi. Ada beberapa faktor yang memicu burung lovebird obesitas, seperti terlalu banyak makan. Apalagi jika pakan yang diberi tidak mempunyai kandungan nutrisi seimbang. Di mana, asupan kalorinya banyak seperti lemak yang terdapat pada kuaci dan biji-bijian. Burung lovebird yang kurang bergerak, biasanya terjadi karena burung sering di dalam sangkar harian.

Jika burung lovebird Anda mengalami obesitas, maka harus segera ditangani. Jika tidak ditangani ditakutkan akan menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan pada burung lovebird tersebut. Gangguan yang sering dialami oleh burung lovebird yang obesitas antara lain gangguan pada pernafasan. Gangguan pernafasan burung lovebird akan membuat burung lovebird menjadi kurang aktif bergerak, malas untuk berkicau dan bahkan suara ngekeknya lebih pendek. Gangguan lainnya seperti gangguan pada reproduksi, sehingga birahinya kurang karena malas untuk bergerak dan gangguan kesehatan lainnya yang membahayakan burung lovebird.

Untuk mengatasi lovebird yang kegemukan, Anda dapat mengatur ulang pemberian pakan burung lovebird serta beberapa treatment antara lain:

  1. Berikan burung lovebird pakan dengan sayuran rendah gula serta karbohidrat.
  2. Gantilah sangkar burung lover bird yang lebih luas sehingga burung lovebird bebas bergerak.
  3. Kurangi pakan biji-bijian dan hanya diberikan pakan pelet atau voer khusus untuk burung lovebird.
  4. Dianjurkan sering melatih burung lovebird di luar sangkar. Hal ini boleh dilakukan asalkan burung lovebird sudah jinak total.
  5. Selanjutnya burung lovebird harus sering dimandikan dan dijemur.

Itulahulasanmengenaicaramengatasiburunglovebird yang obesitas. Setiapburungtidakselalu sama dalampenangananobesitasnya. Hal inidikarenakansetiapjenisburungmemilikikarakter dan kebiasaannyaberbeda, sehinggamemungkinkanpenangananobesitas yang berbeda. Denganbegitu, sebaiknya Anda jugabertanyakepadaahliburungatauahlipeternakburungmasing-masing. Selainmenambahpengetahuan, Anda pun mendapatkan partner bisnis.

sumber gambar dan refernsi :

http://fatchance.tumblr.com/post/116424379824/peach-faced-lovebird-agapornis-roseicollis-at

Cara mengatasi kegemukan pada burung lovebird

Tips Mengatasi Burung Lovebird yang Kegemukan | Burungmaster | 4.5