Tips Mengatasi Lovebird yang Jarang Ngekek dan Berubah Galak

Banyak kasus dimana burung Lovebird mengalami perubahan perilaku dan hal tersebut terjadi secara mendadak. Burung Lovebird yang biasanya kalem secara dadakan berubah menjadi galak dan bahkan malas berkicau. Hal ini tentu saja membuat pemilik burung menjadi resah, terutama jika burung tersebut biasa ikut dilombakan.

Jika Anda juga mengalami masalah ini, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara tepat untuk mengatasinya. Ada banyak faktor yang membuat perubahan perilaku tersebut terjadi. Namun faktor paling kuat adalah masalah birahi dan penanganan yang kurang tepat.

Gambar lovebird galak
Banyak kasus burung Lovebird yang mengalami perubahan perilaku secara mendadak. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda harus melakukan perawatan secara tepat.

Selain itu, penjemuran yang terlalu lama dan jarang dimandikan juga akan membuat burung stres dan mengalami perubahan perilaku. Burung Lovebird sendiri banyak digunakan sebagai master untuk burung Murai Batu dan burung Cucak Hijau. Jika perubahan perilaku tersebut terjadi tentu burung Lovebird tidak dapat dijadikan master. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah perubahan perilaku pada burung Lovebird. Di antaranya yaitu:

  1. Mandikan secara teratur : Mandikan burung secara teratur, namun harus tetap memperhatikan cuaca. Jika cuacanya panas maka sebaiknya mandikan setiap hari atau setidaknya 2 hari sekali. Namun jika cuacanya dingin, sebaiknya mandikan burung Lovebird Anda 3 hari sekali.
  2. Jemur setelah dimandikan : Setelah dimandikan, Anda dapat menjemur burung Lovebird Anda selama 30 sampai 60 menit saja. Jangan terlalu lama agar burung tidak merasa lebih stres, Anda dapat menjemurnya di sangkar harian atau sangkar lain. Setelah dijemur maka segera pindahkan burung ke tempat yang lebih teduh, jangan menjemurnya terlalu lama.
  3. Berikan milet putih : Untuk pakan sebaiknya cukup memberikannya milet putih saja sebagai pakan utama. Untuk pakan tambahan, berikan jagung dan juga kangkung. Berikan pakan tambahan tersebut sekali atau 2 kali dalam seminggu.
  4. Dikerodong di sore hari : Jika sudah sore, Anda dapat menutup kerodong sangkar burung Lovebird Anda. Tujuannya agar burung dapat istirahat, setelah itu letakkan di tempat yang teduh dan aman.
  5. Sediakan teman : Tips berikutnya yaitu menyediakan teman untuk burung Lovebird Anda agar tidak merasa stres karena sendirian. Sandingkan kedua sangkar burung di malam hari, namun jauhkan ketika pagi sampai sore hari. Jika tidak ada burung lain maka sediakan mainan untuk burung Lovebird Anda.

Anda juga dapat memandikan burung Anda di malam hari sebagai terapi untuk burung Anda. Namun sebaiknya tetap memperhatikan cuaca agar burung Lovebird Anda tidak mati. Itulah cara-cara yang dapat Anda lakukan ketika burung Lovebird Anda mengalami perubahan perilaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here