burungmaster.com

Temukan Beragam Informasi
Seputar Burung Kicauan Disini

Tips Mengatasi Masalah Lovebird Telat Ngekek di Lapangan

Burung lovebird yang biasa diikutsertakan dalam lomba, tidak jarang mengalami masalah. Bagi pecinta burung profesional apalagi yang masih pemula, masalah burung telat ngekek di lapangan pasti pernah mengalaminya. Bahkan pecinta burung yang sudah ahli sekalipun pernah mengalami masalah, burungnya enggan atau telat untuk ngekek ketika lomba sehingga menggagalkan acara. Nah, untuk mencegahnya, bagaimana cara mengatasi lovebird yang telat ngekek ketika lomba, hal ini akan dibahas secara tuntas pada artikel ini. Pokoknya, jangan sampai lovebird Anda telat ngekek ketika dalam lomba.
Koloni burung Lovebird
Masalah seperti ini patut diantisipasi  yaitu dengan perlakuan yang tepat terhadap burung, baik H-1 sebelum lomba ataupun saat menjelang lomba pada hari H. Pada H-1  atau satu hari tepat sebelum lomba, lovebird tak perlu dimandikan pada pagi hari. Cukup embunkan lovebird pada pagi hari, semprot sampai agak basah lovebird tersebut kemudian baru diangin-anginkan. Setelah itu burung disimpan dalam sangkar dan diletakkan di tempat yang sejuk dan tenang supaya tidak stres.
Muncul banyak pertanyaan, apakah setelah burung dibasahi harus dikerodong. Hal tersebut tergantung pada kebiasaan yang dilakukan pemilik burung. Ada burung yang bisa dikerodong setelah dibasahi, ada pula yang tidak, lakukan saja sesuai kebiasaan. Setelah itu, letakkan pada tempat yang sejuk dan tenang. Jika Anda terpaksa berangkat pagi-pagi buta ke arena lomba, cukup bersihkan kandang, periksa pakan dan minuman cukup kemudian kerodongi dan bawa ke arena lomba. Setelah sampai di arena lomba, letakkan burung pada tempat yang tenang dan sejuk supaya ia bisa menyesuaikan diri. Setelah itu biarkan burung ngekek terlebih dahulu dan barulah kerodongnya di lepas.
Apabila kerodongnya sudah dilepas, maka gantangkan burung ditempat yang tenang supaya ia bisa menyesuaikan diri dengan suasana perlombaan. Biarkan ia ngekek sekali atau dua kali sebagai bentuk penyesuain diri. Tapi, jangan sampai berlebihan karena dapat membuat lovebird kelelahan saat lomba berlangsung. Apabila lovebird mengalami ngetik atau mompa dimana lovebird terlihat kenceng diperhatikan, semprot bagian dadanya dengan lembut sekali atau dua kali dan barulah dikerodongi.
Sumber Gambar dan Referensi 
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/6/68/Agapornis_fischeri_-Ueno_Zoo,_Japan_-three-8a-4c.jpg
http://omkicau.com/2015/11/02/mengatasi-lovebird-yang-telat-ngekek-di-lapangan/
Tips Mengatasi Masalah Lovebird Telat Ngekek di Lapangan | Burungmaster | 4.5