Tips Mengenali Murai Batu Pancingan

Murai Batu pancingan – Banyak yang mengatakan, jika barang bagus pasti banyak tiruannya. Hal serupa nampaknya juga terjadi pada murai batu. Burung satu ini memang sangat populer dan digemari masyarakat, oleh karena itu banyak sekali beredar murai batu pancingan. Jika Anda hendak membeli murai batu di pasar burung, jangan sampai tertipu dengan murai batu pancingan, meski ditawarkan dengan harga murah. Anda perlu mengenal ciri-ciri mana murai batu berkualitas baik dan mana murai batu pancingan.

Adapun ciri dari murai batu pancingan biasanya nampak seperti terlihat kedinginan, mata sayu dan tidak nafsu makan dan murai kelihatan sakit. Sebelum Anda memutuskan membeli murai batu, perhatikanlah terlebih dulu apakah burung tersebut lincah dengan sorot mata tajam atau tidak.

Jika burungnya sayu, biasanya itu adalah burung pancingan. Setelah memperhatikan kelincahannya, cobalah beri jangkrik. Murai batu yang bagus akan memiliki nafsu makan cenderung rakus. Selain itu, mintalah izin agar diperbolehkan memegang burung tersebut kepada penjual. Peganglah dadanya, burung yang tidak pancingan akan memiliki bobot dan tidak kurus.

Ilustrasi Murai Mati
Murai batu pancingan memiliki ciri-ciri yang mudah untuk dikenali, seperti tidak gesit, tidak nafsu makan, bermata sayu hingga bertubuh kurus.
sumber gambar : kicau193.blogspot.com

Selain gemuk, burung juga harus memiliki kaki bertemperatur hangat, tidak ada kotoran di dubur, juga memiliki lendir yang bersih jika kita membuka mulutnya. Jika beberapa hal tersebut tidak terpenuhi, ada kemungkinan murai batu tersebut pancingan. Setelah kita memegang dan mencermati kondisi fisik burung, letakkanlah burung tersebut kembali ke sangkarnya. Coba perhatikan setelah kita pegang, bila burung tersebut membenahi ekor dan bulu-bulunya maka murai batu tersebut memiliki kualitas bagus. Sedangkan bila sebaliknya, burung tersebut ada kemungkinan adalah pancingan.

murai batu mati

Mengetahui ciri-ciri murai batu pancingan sangat penting untuk diketahui. Biasanya, jika burung tersebut pancingan, pedagang tidak mengizinkan calon pembeli untuk memegang atau memberi makan burung tersebut. Sebab, calon pembeli akan segera sadar jika burung tersebut tidak baik kualitasnya. Disamping itu, agar kita tidak kecewa setelah membeli burung, jangan sampai termakan dengan promosi pedagang.

Banyak calon pembeli yang sebenarnya telah mengetahui ciri-ciri murai batu pancingan, tapi dalam praktiknya termakan omongan pedagang. Untuk itu, kenalilah ciri-ciri murai batu dengan baik, murai batu dengan kualitas prima biasanya tidak dibandrol dengan harga murah. Jangan sampai Anda terbujuk hanya karena ditawari murai batu dengan harga dibawah standar yang berlaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here