Tips Menjinakkan Kacer Giras Dengan Mudah

0

Tak sedikit para kicau mania yang percaya jika burung kacer dengan keadaan setengah jinak bisa tampil secara maksimal saat dilombakan, serta dapat mengurangi potensi burung mbagong. Akan tetapi, bila burung tersebut terlalu giras, pastinya mengurangi penampilan burung saat lomba. Di mana bulu-bulu pada burung pun menjadi sering rusak akibat menabrak jeruji karena ketakutan.

Umumnya kacer yang giras sendiri terdapat pada kondisi burung bakalan atau burung hasil dari tangkapan hutan dengan begitu masih belum beradaptasi sepenuhnya.

Umumnya kacer terlalu giras justru menyulitkan perawatan yang dilakukan. Terutama ketika mengganti air minum atau pakan burung, maka burung akan begitu ketakutan. Sehingga rasa takutnya tersebut dapat melukai burung tersebut jika terlalu berlebihan. Tak hanya sulit dirawat, burung kacer terlalu giras pun akan jarang berbunyi, hal ini terkecuali jika burung disimpan di area yang sepi.

Anda tak perlu khawatir jika burung kacer kesayangan Anda terlalu giras, sebab terdapat beberapa alternatif untuk mengatasi hal tersebut. Di mana dengan menjadikan kacer yang giras tadi menjadi lebih jinak atau dengan kata lain jinak-lalat. Ada beberapa trik untuk menjinakkan kacer yang sangat giras berikut ini:

Full Krodong Untuk Menenangkan Kacer

Full Krodong
Full Krodong

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menjinakkan kacer yang teramat giras, yakni terlebih dulu membuat burung kacer lebih tenang. Anda bisa mencoba melakukan full kerodong untuk burung kacer yang baru saja dibeli.
Kemudian, burung kacer digantang di area yang tenang hingga keesokan hari, namun tetap perhatikan air minum dan pakan burung yang Anda berikan.

Di keesokan harinya, Anda bisa membuka kerodong burung dengan begitu hati-hati. Pastikan pintu sangkar tak ikut terangkat sebab dapat membuat kacer kesayangan Anda terlepas.

Biarkan Burung Lapar Sementara

Membiarkan burung lapar
Membiarkan burung lapar

Selanjutnya, kacer pun bisa menjalani proses terapi lapar. Akan tetapi demi keamanannya, sebaiknya lakukan terapi lapar pada kacer yang telah mengonsumsi voer. Sehingga tak dianjurkan untuk burung kacer yang masih belum terbiasa untuk makan voer, sebab bisa menyebabkan burung lebih mudah sakit.

Anda bisa mencabut bagian tempat minum dan tempat makan. Kemudian biarkan sangkar kacer terletak di bawa hingga beberapa menit bertujuan agar membiasakan kacer dengan aktivitas manusia. Namun Anda harus tetap mengawasinya, sebab risikonya bisa saja digondol maling, atau diserang anjing dan kucing.

Memandikan Burung Kacer

Memandikan burung kacer
Memandikan burung kacer

Tahap pemandian kacer sebaiknya dilakukan dengan disemprot, sebab burung masih belum terbiasa untuk mandi di karamba. Anda bisa menyemprotkan air pada kacer sampai basah kuyup, dan sebelum burung kacer siap untuk dilatih agar bisa mandi di karamba mandi. Tahap penyemprotan sampai basah kuyup ini termasuk tahapan terpenting untuk menjinakkan kacer Anda.

Angin-anginkan kacer hingga beberapa menit supaya bulu-bulu pada kacer kering. Pastikan posisi kandang masih dibawah serta terkena paparan sinar matahari.

Pemberian Pakan Secara Langsung

Memberikan pakan secara langsung pada burung
Memberikan pakan secara langsung pada burung

Selanjutnya tahap pemberian pakan dengan memberikan jangkrik menggunakan tangan. Saat burung kacer terlihat masih ketakutan, dapat dilakukan memakai lidi.

Kemudian gantang sangkar burung di area yang teduh. Pastikan pula untuk memasukkan tempat air minum dan pakannya. Kemudian diamkan hingga beberapa waktu supaya burung lebih tenang.

Tempatkan di Lokasi yang Agak Ramai

Menempatkan burung
Menempatkan burung

Kerodong sangkar burung dengan memakai kerodong tipis, kemudian gantang di area yang sedikit ramai, seperti dekat warung, pinggir jalan atau bisa juga dengan menitipkannya pada teman Anda agar burung terbiasa dengan kondisi yang ramai.

Gantang burung di area berkumpulnya keluarga di sore hingga menjelang malam. Anda bisa menggantang sangkarnya di tempat tersebut, namun pastikan sangkar burung aman dari gangguan.

Mandikan burung di malam hari lewat penyemprotan sampai basah kuyup. Lalu, anginkan sebentar saja sembari diberi pakan 2-3 ekor pakan jangkrik memakai lidi atau tangan.

Keluarkan burung di keesokan hari lalu embunkan. Di saat ini Anda dapat memberinya pakan kroto dan jangkrik 1 sdt, lalu diamkan hingga beberapa menit supaya kacer pun mau berbunyi.

Lakukan Secara rutin

Anda bisa melakukan tahapan-tahapan perawatan kacer tersebut dengan rutin di tiap hari agar kacer lebih jinak. Jika dilakukan secara rutin tentunya kacer kesayangan pun lebih jinak-lalat dengan waktu 2 minggu. Bila burung kacer Anda tetap giras, Anda bisa meningkatkan frekuensi mandi burung. Jika awalnya mandi sekali 1 hari, dapat ditambah 2-3 kali dalam sehari lewat proses penyemprotan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here