burungmaster.com

Temukan Beragam Informasi
Seputar Burung Kicauan Disini

Tips Merawat Kacer Jawara pada Musim Hujan

Kacer merupakan salah satu burung idola dalam perlombaan burung. Hal tersebut terbukti dengan masih tingginya minat pecinta burung terhadap kacer. Bahkan kacer merupakan burung yang seringkali dan paling diperhitungkan dalam lomba. Namun jika ingin mendapatkan kacer yang gacor harus tahu bagaimana cara merawat kacer yang baik. Perlakuan yang tepat terhadap burung akan menghasilkan burung yang gacor dan siap lomba yang tentunya berpotensi juara. Namun masalahnya, saat ini sedang musim hujan. Hujan datang pagi dan sore setiap harinya, hal tersebut membuat perawatan kacer harus lebih ekstra.

Tips Merawat Kacer Jawara pada Musim Hujan
Hujan yang datang silih berganti setiap harinya akan mempengaruhi performa kacer, terlebih jika akan diikutkan lomba. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai cara merawat kacer ketika musim hujan. Sebetulnya tidak ada perbedaan berarti terkait perawatan kacer. Pola makan yang sama setiap pagi dan sore dengan lima ekor jangkrik, penambahan makanan atau ekstra food berupa ulat Hongkong atau yang lainnya. Selain itu, perawatan kebersihan yaitu mandi. Kacer dimandikan pada pagi hari, sebaiknya jemur terlebih dahulu kacer selama 2-3 jam sebelum mandi untuk menghangatkan tubuh.

Menjinakkan Burung Kicauan

Anda juga bisa memberi kroto sebagai ekstra food. Hanya saja, berhati-hatilah karena setiap kacer punya karakter tersendiri. Ada kacer yang perlu diberi makanan ekstra dari biasanya ketika menjelang lomba, ada pula yang seharusnya dikurangi. Sebaiknya Anda pahami kacer milik Anda. Sebagai pemerhati burung, tentu bukan hal sulit memahami karakter burung sendiri. Kecuali mungkin Anda adalah seorang pemula. Setelah dimandikan, kacer dinagin-anginkan supaya kering, masukkan kacer kembali dalam kandang umbaran atau kandang asli. Jika dirasa matahari pelit menyinari alias mendung sebaiknya masukkan kacer dalam kandang umbaran supaya bebas bergerak.
Lalu, apa yang membedakan perawatan kacer ketika musim hujan dengan musim biasa. Kunci utama pada perawatan kacer ketika musim hujan adalah dikerodong. Kacer harus sering dikerodong supaya terhindar dari pengaruh cuaca buruk yang bisa mengganggu performanya. Kerodong ini berguna untuk menghangatkan tubuh burung. Intinya perbedaan perlakuan saat musim hujan adalah sering dikerodongi.
sumber gambar dan referensi :
http://omkicau.com/2015/12/20/tips-om-aseng-merawat-kacer-jawara-pada-musim-hujan/
https://pixabay.com/static/uploads/photo/2015/08/27/14/18/rain-910553_960_720.jpg
Tips Merawat Kacer Jawara pada Musim Hujan | Burungmaster | 4.5