Tips Racikan Pakan Lovebird Agar Bisa Konslet Ngekek Panjang

Memilih pakan lovebird agar bisa konslet memang susah- susah gampang. Seperti yang kita ketahui memelihara lovebird memang menjadi salah satu hobi yang menarik bagi para pecinta burung kontes. Lovebird menjadi sangat diminati karena memiliki kekek yang khas dan unik. Tidak hanya itu saja, lovebird juga merupakan salah satu burung dengan bulu yang baik dan cukup mudah untuk menjaga agar kondisi dari bulunya tetap terlihat indah. Cara untuk membuat lovebird menjadi konslet juga terbilang cukup mudah. Ikuti tips menarik ini untuk mendapatkan racikan pakan lovebird konslet dengan mudah!

Tips Agar Lovebird Bisa Konslet

Burung Lovebird Konslet

Burung Lovebird Konslet (sumber : google.com)

Sebelum membahas racikan pakan lovebird konslet, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara awal yang bisa Anda coba agar lovebird bisa menjadi konslet. Salah satu cara yang paling umum dilakukan oleh para pecinta burung adalah dengan memasangkan lovebird jantan Anda dengan seekor lovebird betina. Dengan memasangkan lovebird Anda, proses pemberian pakan dan efek yang akan dikeluarkannya bisa semakin kuat dan baik.

Kunci Racikan Pakan yang Baik

Salah satu racikan pakan yang baik dan mampu untuk membuat lovebird menjadi konslet adalah dengan menggunakan bawang putih tunggal. Kandungan yang terdapat pada bawang putih tunggal mampu untuk memberikan asupan gizi yang baik bagi burung lovebird. Di dalam bawang putih tunggal terdapat banyak kandungan minyak atsiri, allicin, kalsium, vitamin A, B1, C dan lainnya. Kandungan yang terdapat di bawang putih tunggal tersebut sangat ampuh dalam menyembuhkan flu, menjaga stamina, dan menghindari tubuh dari penyakit.

Baca Juga : Tips Merawat Lovebird Berdasaran Perawatan Lovebird Juara

Cara Membuat Racikan Pakan

Untuk membuat racikan pakan yang baik dari bawang putih tunggal, Anda bisa mengikuti cara di bawah ini:

  1. Pertama mulailah memarut beberapa siung bawang putih terlebih dahulu hingga halus.
  2. Campurlah hasil parutan bawang putih dengan rendaman air hangat secukupnya.
  3. Saringlah sisa bawang putih hasil parutan hingga bersih, gunakanlah air bawang putih untuk merendam pakan milet.
  4. Simpanlah milet yang direndam dalam air bawang putih selama beberapa jam agar khasiatnya bisa meresap dengan baik.
  5. Setelah Anda merasa milet sudah cukup direndam, maka Anda bisa menjemurnya hingga kering.
  6. Milet siap untuk digunakan.

Waktu Untuk Memberikan Pakan

Setelah racikan pakan lovebird konslet sudah siap, perhatikanlah waktu yang tepat untuk memberikan pakan tersebut pada burung Anda. Pertama-tama, Anda bisa memandikan terlebih dahulu lovebird Anda pada sore hari sekitar pukul enam. Anda tidak perlu bingung dan repot untuk menjemur lovebird, karena lovebird Anda akan kering dengan sendirinya.

Baca Juga : Download Suara Lovebird Betina Ngekek Panjang

Setelah lovebird Anda sudah cukup kering, barulah Anda bisa mulai untuk memberikan pakan milet yang sudah disiapkan sebelumnya. Untuk persiapan lomba, selingilah pakan milet dengan jagung muda hingga hari H lomba sudah tiba. Untuk menghasilkan suara yang jernih, berikanlah campuran ebod strong. Pastikan agar Anda memberikan campuran ebod yang herbal untuk menghindari efek samping yang buruk pada lovebird Anda.

Penting

Setelah beberapa waktu Anda memberikan kombinasi pakan milet dengan ebod herbal, perhatikan kondisi lovebird. Hentikanlah penggunaan pakan tersebut apabila lovebird Anda memperlihatkan gejala yang aneh seperti terdiam dan tampak lemas. Jika menunjukkan hasil yang positif, tambahlah pakan millet bawang putih secara bertahap hingga Anda merasa kekek yang dihasilkannya cukup lama dan menarik.

Baca Juga : Tips Memilih dan merawat Burung Trucuk Lengkap

Selain mengikuti tips pakan lovebird konslet yang baik, sudah sewajarnya apabila Anda membangun hubungan yang baik dengan lovebird Anda. Rawat dan sayangi lovebird Anda dengan sepenuh hati, maka burung tersebut juga akan mengeluarkan ngekek yang optimal.  Selamat mencoba