Tips Singkat Untuk Mengkonsletkan Lovebird agar Ngekek Panjang

Tips mengkonsletkan lovebird – Hobi yang menyenangkan dan bisa Anda geluti adalah memelihara burung. Meskipun ada beberapa yang mengatakan bahwa memelihara burung itu susah, tapi nyatanya tidaklah demikian. Sudah banyak orang yang terbukti sukes dari dunia hobi ini. Jika Anda memeliharanya secara baik dan benar, maka hal tersebut tidak akan susah. Salah satu burung yang bisa Anda pelihara yaitu jenis lovebird. Selain perawatannya yang cukup mudah lovebird juga terkenal sebagai salah satu jenis burung yang cukup berisik.

Ada banyak cara untuk membuat suara ngekek lovebird Anda baik dan lama, salah satu caranya adalah mengkonsletkan lovebird. Lovebird konslet sendiri dalam dunia kicaumanai memiliki maksud lovebird ngekek dengan durasi yang lama (bisa lebih dari satu menit) ketika sedang tidur. Lovebird yang konsletkan akan mampu untuk menjadi juara dari berbagai kontes lovebird dikarenakan durasi ngekek yang lumayan panjang. Dan Berikut tips mengkonsletkan lovebird dengan benar.

Apakah Semua Lovebird Bisa Dikonsletkan?

Lovebird Ngekek panjang

Lovebird Ngekek panjang (sumber : budidayalovebird.com)

Semua lovebird bisa dikonsletkan dengan syarat Anda melakukannya secara baik dan benar. Apabila Anda melakukannya secara benar, tentu akan menentukan hasil pada lovebird Anda. berdasarkan hasil survey lovebird yang bisa konslet pada umumnya merupakan burung lovebird yang sudah memiliki pasangan.

Yang jadi masalah adalah konslet lovebird itu tidak bisa / susah di prediksi bisa jadi hari ini konslet hari berikutnya lovebird tidak konslet dan itu sangat mungkin terjadi. Jika lovebird konslet ketika di ikut sertakan dalam lomba tentu saja hal ini akan menjadi kabar baik bagi owenrnya. Akan ketika lovebird konslet ketika sedang di rumah mungkin itu bisa menjadi hiburan bagi ownernya.

Tips Mengkonsletkan Lovebird

Bagi Anda yang senang memelihara lovebird, ada beberapa tips mengkonsletkan lovebird yang bisa Anda coba. Akan tetapi perlu di ingat cara ini tidak bisa menjamin jika burung lovebird anda bisa konslet. Perlu anda ketahui Lovebird merupakan burung yang senang apabila dipasangkan dengan lawan jenisnya.

Jika Anda sudah memiliki sepasang lovebird, maka Anda bisa terus menaruh lovebird di dalam gelodok untuk beberapa waktu. Dengan menempatkan sepasang burung dalam beberapa waktu, maka mereka bisa menjadi teman dekat dan membuat lovebird jantan akan menjadi konslet dan ribut ketika mereka dipisahkan. Latihlah dan coba pisahkan lovebird jantan dari betina untuk mengetahui efeknya. Apabila kekek jantan dirasakan kurang, maka kedua burung tersebut masih belum terlalu akrab dan dekat, maka taruhlah kembali kedua burung tersebut ke dalam gelodok.

Setelah lovebird jantan mulai berkekek dengan keras dan lama merupakan sebuah tanda bahwa burung Anda sudah siap untuk mengikuti lomba. Pisahkanlah kedua burung beberapa saat sebelum Anda akan mengikuti lomba agar lovebird jantan bisa mengeluarkan kekek yang keras.

Baca Juga : 3 Jenis Warna Burung Lovebird Dengan Harga Fantastis

Kemudian perhatikanlah pakan dari burung lovebird Anda. Anda bisa mencoba Racikan pakan lovebird, yaitu dengan memberikan kombinasi 1:10 antara jamu konslet H-3 dengan makanan milet putih (1 sendok teh jamu konslet H-3 dan 10 sendok teh milet putih). Setelah kedua makanan dicampurkan, aduklah hingga merata. Pantaulah perkembangan lovebird Anda dengan sabar hingga bisa menemukan titik yang tepat, yaitu pada saat lovebird Anda mulai rajin berkekek. Jika Anda telah menemukan titik yang tepat, kembalikanlah pakan burung Anda menjadi pakan milet putih biasa.

Sesuaikan juga kondisi dan kebiasaan burung Anda sebelum mengikuti lomba. Lovebird yang biasa berkekek pada kondisi lingkungan yang sepi, belum tentu akan bisa berkekek secara keras pada kondisi lingkungan yang ramai. Perhatikan juga berbagai hal secara detail, seperti kebersihan peralatan makan dan kondisi dari kandang. Lovebird yang tinggal di tempat yang kotor, tidak akan mampu tampil lebih gemilang dibandingkan dengan lovebird yang memiliki tempat tinggal baik dan terjaga. Jalinlah hubungan yang baik antara Anda dengan lovebird.

Burung ini sangat peka dengan perasaan Anda. Jika Anda tidak menunjukkan afeksi yang baik bagi burung Anda, maka lovebird Anda tidak akan menujukkan performa yang baik saat akan dikonteskan. Semoga tips mengkonsletkan lovebird di atas dapat menginspirasi Anda.

%d blogger menyukai ini: