Tips Sukses Menjodohkan Burung Kacer

Menjodohkan Burung Kacer– Seperti yang kita tahu, banyak kicau mania kacer di Indonesia yang sukses dengan beternak kacer. Meskipun begitu, proses sukses beternak burung kacer bukanlah hal yang mudah dan instan. Apalagi bagi peternak pemula. Sebagian peternak burung kacer pemula sering menemui masalah, terlebih ketika melakukan perjodohan calon induk jantan dengan betina.

Sering kali para pemula tergesa-gesa ketika memasukkan kedua calon induk baik burung kacer jantan maupun betina ke dalam kandangnya. Sehingga yang didapatkan bukan perjodohan namun perkelahian. Perkelahian akan membahayakan kedua burung kacer. Untuk itu, berikut ini tips menjodohkan burung kacer yang jitu.

Sepasang burung kacer
Sepasang burung kacer

Menjodohkan burung kacer dapat dilakukan dengan memisahkan calon induk jantan serta betina terlebih dahulu, pemisahan ini dilakukan beberapa hari. Setelah itu, Anda baru boleh memulai proses perjodohan supaya setiap burung, baik jantan dan betina dapat menerima calon pasangannya.

Pada dasarnya ketika beternak burung kacer, kandang yang digunakan untuk perjodohan tidak harus kandang yang sifatnya permanen serta tidak harus kandang dengan ukuran yang besar. Namun Anda dapat menggunakan kandang yang bahannya dari kawat kassa. Kemudian masukkan kotak sarang yang berbentuk persegi dengan pintu masuk yang cukup lebar.

Kandang ternak kacer
Kandang ternak kacer sumber : Sahabatnesia.com

Di dalam perjodohan tersebut Anda harus membuat kedua burung merasa nyaman, tidak berkelahi dan menimbulkan stres pada salah satu atau kedua burung. Pertama-tama, masukkanlah burung kacer betina terlebih dahulu ke dalam kandang ternak. Sebelumnya, pilihlah burung kacer betina yang sudah berumur atau bukan anakan.

Simpan di tempat terpisah burung kacer jantan, usahakan jaraknya cukup jauh sehingga mereka tidak bisa melihat. Burung kacer betina yang terpancing birahi akan selalu merasa gelisah setiap mendengar kicauan burung kacer jantan dari jauh. Burung kacer betina akan membalas kicauan burung kacer jantan sehingga bersahut-sahutan.

Budidaya burung kacer
Budidaya burung kacer

Selanjutnya, sangkar burung kacer jantan digantung berdekatan dengan kandang burung kacer betina. Tempelkanlah selama beberapa hari hingga muncul tanda bahwa kacer betina memunguti bahan sarang dan merapikan sarangnya. Apabila sudah terlihat begitu, masukkanlah kacer jantan ke kandang kacer betina. Usahakanlah ketika pemindahan ini di waktu sore hari, menjelang maghrib karena kedua burung tersebut sedang dalam kondisi siap untuk beristirahat.

Sebaiknya dalam melakukan perjodohan burung kacer jantan dan betina, pemilik mengamati terus perkembangan burung kacer selama beberapa hari ke depan. Apabila burung sudah berjodoh dan dalam kondisi birahi maka kedua burung tersebut akan kawin dan proses selanjutnya pun berjalan lebih mudah.

Perlu Anda ingat, tidak selamanya burung akur, terkadang salah satu burung kacer agresif dan menyerang pasangannya. Oleh karena itu amatilah perkembangan perjodohan burung kacer tersebut. Demikian penjelasan mengenai tips sukses menjodohkan burung kacer yang bisa Anda coba di rumah, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here