burungmaster.com

Temukan Beragam Informasi
Seputar Burung Kicauan Disini

Trik dan Tips Sukses Beternak Kenari Yorkshire

Burung kenari Yorkshire memang termasuk burung kenari unggul sehingga tidak salah jika banyak pencinta burung yang menganggap burung kenari jenis ini sebagai rajanya burung kenari. Jenis kenari Yorkshire memang berasal dari Inggris, tepatnya dari daerah bernama Yorkshire. Jenis kenari tersebut merupakan hasil perkawinan silang antara burung kenari Norwich, Belgia, dan juga burung kenari Lanchashire sehingga tidak mengherankan jika burung kenari Yorkshire sangat dikenal karena memang berasal dari ras kenari unggulan.

Kenari yang sedang mengengrami telur

Beternak kenari Yorkshire memang gampang-gampang susah, apalagi jika bibitnya diambil langsung dari Eropa karena adanya perbedaan suhu yang rawan membuat bibit burung mati. Burung yang berasal dari Yorkshire tersebut memang memiliki nilai jual yang sangat mahal maka tidak mengherankan jika banyak pencinta burung yang berusaha mengembangbiakkan hewan bersayap yang satu ini. Sebelum memulai usaha penangkaran, tentu Anda harus memiliki calon bibit jantan dan betina yang harus memiliki gen yang bagus yang bisa dilihat dari postur tubuhnya yang berisi dan mirip seperti wortel, calon indukan tersebut juga tidak terlalu gemuk atau terlalu kurus.

ciri kenari siap ternak
gambar indukan betina yang sudah siap breeding / di ternak
sumber gambar : omkicau.com

Setelah Anda menemukan calon indukan yang dirasa berkualitas masukkan calon induk jantan dan calon induk betina di sangkar yang berbeda namun diletakkan dalam posisi yang saling berdekatan. Salah satu tips penting dalam proses perjodohan ini adalah dengan menyediakan banyak indukan betina dari burung kenari Yorkshire. Lalu bagaimana jika anggarannya terbatas? Jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, belilah satu burung kenari Yorkshire betina dewasa yang memiliki hobi berbunyi dan memiliki bunyi yang nyaring pula.

Pakan Untuk Burung Kenari

Setelah dirasa ada ketertarikan dari induk jantan dan induk betina, Anda bisa memasukkan keduanya dalam sangkar yang sama. Tips penting lainnya adalah untuk selalu memberikan makanan atau pakan dengan kandungan nutrisi yang tinggi. Kadang kala proses perjodohan yang lama akan membuat indukan burung kenari Yorkshire stres dan proses perjodohannya akan gagal. Kegagalan ini dapat diminimalisir dengan pemberian pakan bernutrisi tinggi yang bisa diperoleh dengan mudah di berbagai toko pakan hewan.

Unduh suara burung kenari : disini

Selain memperhatikan jenis pakan yang diberikan pada indukan kenari Yorkshire yang sedang dijodohkan tersebut, Anda juga harus memperhatikan bagaimana kadang yang digunakan selama perjodohan berlangsung. Usahakan untuk menyediakan kandang yang senyaman mungkin dan lokasinya jauh dari gangguan seperti di pinggir jalan. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandang baik dari kotoran ataupun sisa makanan.

Tips terakhir adalah untuk mencukur bulu di sekitar daerah kloaka, hal ini dilakukan untuk memperlancar proses perkawinan karena sebagian burung kenari memiliki bulu yang panjang dan lebar terutama di daerah kloaka. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencukur sedikit bulu di sekitar daerah tersebut.

Trik dan Tips Sukses Beternak Kenari Yorkshire | Burungmaster | 4.5